Belajar Batik di Sogan Batik

12:56 PM

Assalamualaikum

Masih inget cerita seputar keseruan gathering Beautisquad bulan Maret lalu kan? Kalau sudah lupa-lupa ingat coba dibaca dulu ceritas saya sebelumnya soal keseruan gathering Beautiesquad goes to Jogja kemaren. Nah, kali ini saya mau kasih lanjutan ceritanya nih. Setelah kemaren cerita tentang gimana keseruan gatheringnya, trus acara dinner syahdu di Secret Garden Jogja, sekarang saya mau lanjutin ceritanya. Kali ini saya mau cerita soal gimana keseruannya ngebatik bareng di Sogan Batik Jogja.

belajar batik di Sogan batik

Sogan Batik ini lokasinya ada di Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Kalo dari rumah saya tuh ke utara sekitar 15 sampe 30 menit lah. Kalau dari Kota, bisa jadi butuh waktu satu jam menuju ke lokasi Sogan Batik. Meskipun lokasinya yang lumayan njelimet, tapi tempatnya sangat asri dan nyaman buat ngebatik. Ngebatik kan butuh konsentrasi tinggi tuh menurut saya, jadi lokasinya yang di desa dengan nuansa rerumputan hijau tuh pas banget. 


belajar batik di Sogan batik

belajar batik di Sogan batik

Sesampainya di Sogan Batik, saya dan temen-temen Beautiesquad lainnya udah disediakan bangku-bangku khusus buat workshop mencoba bikin batik pakai lilin malam. Biar nggak kelamaan, sama ibu pembimbing disana udah disiapin pola sederhana yang nantinya kita kasih lilin malam. Menurut ibu pembatik di sana, pola yang diberikan tuh sederhana aja. Tapi menurut saya yang tangannya tuh geradakan gabisa diem, pola yang dikasih tuh lumayan rumit ahahah. Hasilnya, banyak tetesan lilin malam yang beletat-beletot keluar dari jalurnya.

belajar batik di Sogan batik
Kak Virly, Rani, dan Eike yang lagi konsentrasi puenuh

Si Ibu pembatik Sogan tuh ramah-ramah semua. Telaten banget ngajarin kita semua yang masih amatir banget ngebatiknya. Saya sih menikmati aja tiap garis peletat peletot yang saya bikin ahahhah. Karena ternyata setelah diberi warna, hasil yang berantakan tadi malah jadi terlihat lebih “nyeni” menurut saya.

belajar batik di Sogan batik
yaa-yaa-yaa

Semua hasil batik yang udah kami bikin langsung diproses dibelakang layar. Kita semua diajak ke dapur batik Sogan. Di sana udah ada bapak-bapak yang punya tugas “memasak” hasil desain batik yang sudah diberi malam. Semua batik dicelup ke kompor-kompor panas yang isinya tuh semacam pewarna batik. Saya sendiri pilih warna merah buat hasil batik karya saya. Sebenernya, butuh waktu satu hari sampe batik siap buat dibawa pulang. Karena masih ada satu proses yang harus dilakuin, yaitu proses pengeringan. Tapi berhubung temen-temen blogger Beautiesquad ini waktunya terbatas, jadi ya hasil batiknya langsung dibawa pulang tanpa proses pengeringan. Soalnya memang tinggal pengeringan aja, warnanya udah jadi dan udah nempel.

belajar batik di Sogan batik
hasil batiknya setelah diwarnai

Setelah tur dibagian daput Sogan Batik, kita lanjut ke area pemotongan pola yang lokasinya ternyata sebelahan sama tempat kita ngebatik tadi. Di sana udah banyak pola karton yang tinggal ditempel dan digunting sesuai dengan pesanan. Selanjutnya setelah pola dipotong, masuk ke area penjahitan. Setelah batik dirubah menjadi pakaian atau bakal kain, semua batik tadi masuk ke bagian galeri.

Di galeri Sogan Batik ini ada banyak banget hail karya ibu pembatik Sogan ini. Ada desain batik klasik dan ada juga desain batik hanacaraka. Temen-temen yang pengen borong batik khas Sogan, bisa langsung berbelanja di galeri tadi. Tapi kalau temen-temen nggak bisa mampir ke galerinya, bisa langsung ke instagram Sogan batik buat beli produk Sogan Batik. Ada banyak banget produk Sogan batik. Mulai dari bakal kain, kemeja, tunik, sampe dress yang keren banget desainnya.


Setelah beres tur ke semua area proses pembuatan Sogan batik, kita langsung lehaleha ngajogrok dilantai sambil ngadep kipas angin. Ahahaha, acara ngebatik ini seru banget sampe kerasa juga capeknya. Tiba-tiba, kita yang lagi duduk-duduk sambil angin-anginan tuh malah dikasih snack sama ibu pembatik Sogan. Baik banget dah!. Udah workshopnya gratis, eh masih dikasih snack pula. Wajib banget deh kesini kalo pas lagi liburan ke Jogja. 

belajar batik di Sogan batik
Fuji, Depik, Eike, Ai

Saya sih merekomendasikan banget tempat Sogan Batik ini buat jadi salah satu destinasi wisata di Jogja. Selain liburan, kita juga bisa ngelakuin aktifitas yang seru dan bisa belajar ngebatik.

Nah itu tadu cerita saya soal keseruan ngebatik di Sogan Batik. Semoga cerita saya kali ini bisa jadi referensi buat temen-temen yang butuh referensi tempat liburan di Jogja. Terimakasih udah baca sampe selesai, semoga selalu bahagia.

Dadaaah.

You Might Also Like

0 komentar

Labels