Kenalan sama Biore UV Aqua Rich Watery Essence + First Impression

Wednesday, April 10, 2019

Assalamualaikum,

Seorang teman yang pandai soal skincare pernah bilang ke saya, anti aging terbaik adalah sunscreen. Maka dari itu, saya masih terus mencari dan mencoba produk sunscreen yang oily skin-friendly. Selain supaya terasa nyaman di kulit, saya juga jadi lebih senang buat pakai produknya setiap hari. Kali ini saya juga akan cerita salah satu produk sunscreen, yang kata temen-temen saya yang udah pernah mencoba, produk ini cocok juga buat yang punya kulit kombinasi dan berminyak. Produknya adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence dengan SPF 50+ PA++++. Wah kesannya wow banget ya, SPF-nya tinggi dan PA-nya juga banyak plusnya. Sebenernya saya juga masih awam-awam banget kalau soal label SPF dan PA di produk sunscreen ini. Tapi sedikit banyak, ada beberapa hal dasar yang udah saya pahami dan saya juga akan share di blogpost kali ini.


Sebagai catatan, blogpost kali ini bukan review yang panjang seputar Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Tapi lebih ke “kenalan” sama produk perlindungan kulit dari bahaya radiasi sinar UV milik Biore ini. Berhubung saya cuma pakai produk testernya aja, maka dari itu saya juga cuma akan cerita first impression saya ketika mencoba Biore UV Aqua Rich Watery Essence selama 3 hari pemakaian. Nanti kalau saya udah beli full size-nya, dan merasa ada pengalaman seru yang menarik buat dibagikan ke temen-temen, pasti bakalan saya bikin blogpost khusus lagi untuk review-nya. Soalnya beneran deh, kalau main sama Hanifa, dia selalu mention dua produk Biore kesukaannya yaitu si Biore UV Aqua Rich dan cleansing oil-nya Biore juga.


Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA ++++

Harga Rp 115.000 (Full Size)

Kalau biasanya di subjudul pertama saya bahas kemasan, kali ini kayaknya nggak ada deh yang bahas kemasan. Soalnya, yang saya punya ini adalah versi tester-nya. Saya juga kurang tau apakah tester-nya ini dijual atau nggak, padahal udah ada tulisan not for sale, ya brati nggak dijual dong. Kemasan tester ini praktis banget buat dibawa travelling atau dibawa ke pouch makeup kalau mau re-apply sunscreen. Isinya yang cuma 50g, rasa-rasanya nggak akan menuh-menuhin pouch makeup.


Tekstur Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Sunscreen yang paling saya suka adalah sunscreen yang cepat meresap ke kulit, jadi saya nggak perlu nunggu lama-lama buat mengaplikasikan produk makeup selanjutnya. Nah tesktur Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini menurut saya cukup encer seperti lotion, tapi nggak se-encer air seperti namanya “watery”.


Tetapi memang ketika diaplikasikan ke wajah, menurut saya rasanya cukup ringan dan cepat meresap tanpa meninggalkan white cast. Ketika sudah meresap, kulit terasa halus seperti velvet finish dan tidak meninggalkan rasa lengket yang kurang nyaman.

Beberapa detik setelah produknya diaplikasikan, wajah saya agak terasa dingin. Setelah saya baca ingredient-nya, produk ini memang mengandung alcohol tepat diurutan kedua list ingredient. Aromanya juga cukup wangi segar seperti campuran wangi bunga dan buah. Saya juga menemukan ada kandungan fragrance di list ingredient Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini. Untuk teman-teman yang mungkin punya alergi dengan kandungan seperti alkohol dan parfum, mungkin harus lebih hati-hati.

Sejauh saya pakai sunscreen ini, saya sih nggak menemukan tanda-tanda breakout di wajah saya. Ketika dipakai seharian, hmm produksi sebum di wajah memang nggak meningkat drastis. Tapi tetap terasa berminyak di area TZone, dan buat saya yang kulitnya kombinasi berminyak, itu adalah hal yang normal. Berarti memang Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini menurut saya cocok buat yang punya kulit kombinasi berminyak, meskipun nggak bikin wajah matte seharian. Yhaiyalah, ini kan susncreen bukan makeup primer matte HEHE.


Seperti yang saya bilang tadi, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini punya label SPF 50+ dan PA++++. Tapi, sebenernya temen-temen udah paham belum sih maksud dari label semacam itu? Saya akan share beberapa informasi yang saya tahu seputar label-label semacam itu, yang biasanya ada di produk makeup dan juga skincare untuk day time.

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Sederhananya, SPF adalah rasio waktu untuk kulit kita terbakar sinar UV ketika sedang tidak menggunakan sunscreen. Contohnya saya menggunakan produk ber-SPF 50 ke kulit saya, artinya kulit saya butuh waktu 50 kali lebih lama dari waktu kulit saya ketika tidak menggunakan SPF hingga terbakar sinar UV. Misalnya kulit saya akan terbakar sinar UV setelah 10 menit ketika tanpa menggunakan sunscreen, berati ketika saya menggunakan SPF 50 maka saya akan mendapatkan waktu 500 menit hingga kulit saya terbakar sinar UV. Sederhananya seperti itu, CMIIW.

Kalau udah ada SPF, kenapa masih ada PA?
Karena setau saya, radiasi sinar UV ini ada 3 lapisan panjang gelombang. Ada UV A, UV B, dan UV C. Yang biasa kita dengar kan UV A dan UV B, karena setau saya kita sudah terlindungi dari UV C berkat lapisan ozone. Nah SPF ini melindungi kulit kita dari efek radasi UVB. Sedangkan untuk perlindungan dari efek radiasi UVA, kita juga perlu menggunakan PA. PA sendiri juga merupakan level indikator perlindungan untuk kulit dari efek negatif sinar UV. Sederhananya sih gitu kalau sepaham saya yak.

Kebetulan si Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini kan brand asal Jepang, dan sudah menggunakan PA ++++. PA ++++ adalah rating tertinggi untuk grade perlindungan dari UVA. Ketika saya baca-baca soal topik perlindungan kulit ini, saya jadi makin tertarik lagi buat belajar lebih soal sun protection product. Soalnya ada bermacam-macam jenis perlindungan dan standar yang digunakan juga beda-beda di setiap negara di dunia. Bahkan sekarang ada juga tuh Broad Spectrum.


Berdasarkan klaim-nya Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini :

Block Strong UV Ray
  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mencegah timbulnya bintik hitam atau noda hitam akibat sun burn.
  • Memberi perlindungan terhadap efek negatif UVA yang mengurangi elastisitas kulit.

High Durability
  • Tidak mudah terhapus ketika berkeringan atau terkena air
  • Dilengkapi dengan bahan aktif pelindung sinar UV yang melapisi permukaan kulit secara lebih baik

Water Hydrate Essence
  • Diformulasikan dengan water capsule
  • Nyaman di kulit dengan aplikasi secara merata
  • Mengandung beauty essence (hyaluronic acid, royal jelly extract dan citrus mix) yang memberikan kelembaban kulit.

Berdasarkan klaim di atas dan labelnya, bisa dibilang kita bisa mendapatkan perlindungan dari efek negatif radiasi UVA dan UVB. Sederhananya, efek negatif dari radiasi UVB itu yang membuat kulit jadi terbakar, perubahan warna kulit yang jadi lebih tan, redness, dan noda hitam. Sedangkan UVA efek negatifnya jauh lebih dalam lagi ke lapisan kulit. Bisa menyebabkan kanker kulit, menurunkan elastisitas kulit dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Waow.

Cara menggunakan Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Saya biasanya menggunakan Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini setelah semua skincare pagi saya menyerap sempurna. Pokoknya, sunscreen ini urutannya ada di akhir rangkaian skincare. Biasanya kalau sedang nggak rajin, pagi hari saya cuma pakai skincare cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Setelah itu baru deh lanjut ke makeup.

Tahu nggak teman-teman, kalau menggunakan sunscreen itu

banyaknya seberapa? Belakangan ini saya juga baru tahu, kalau gampangnya jumlah sunscreen yang harus dipakai itu sekitar 1/4 sendok teh untuk pengaplikasian di wajah. Kalau dari teorinya sih, katanya 2mg/cm2 area kulit. Waow. Satu tube tester Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini bisa cepat habis yak. Makanya saya bilang kalau versi tube kecil-nya ini lebih cocok untuk travelling dalam waktu singkat atau dibawa ke makeup pouch.

Nah itu tadi cerita kenalan saya saya Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini. Seperti yang saya udah bilang, kalau ini adalah blogpost kenalan dan first impression. Jadi selama pemakaian beberapa hari ini, saya sih merasa cocok dengan produk ini. Apalagi dia mudah meresap dan punya SPF PA yang tinggi. Kemudian akan muncul pertanyaa, apakah SPF PA tinggi itu beneran bisa melindungi kulit? Wah seru nih kayaknya kalau dibikin blogpost khusus sendiri bahas sunscreen sekaligus kita belajar bersama.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai. Semoga tulisan saya kali ini bisa memberi referensi buat temen-temen yang mau mencoba Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Semoga selalu bahagia dan diberkahi

Dadah.

You Might Also Like

19 komentar

  1. Wah dulu aku pake ini tapi cepet berminyak dan finishnya bikin muka kayak belum mandi setahun hahaha :") Padahal ya aku seneng-seneng aja sih soalnya dia ga bikin bruntusan dan cocok di kulitku. Akhirnya aku beralih ke L'Oreal yang biru dan I can say that it's a better version of this Biore one.

    ReplyDelete
  2. Dari namanya udah kebayang deh ini menghidrasi banget ya cocok banget kayaknya kalau mau bikin glossy make up look dengan ini ya beb

    ReplyDelete
  3. udah lama pengen cobain ini tapi belum kesampean juga :( tiap nabung mau beli kepake ama yg lain hahahaa :) kapan2 eksekusi ah cuss

    ReplyDelete
  4. Aku hampir ga pernah pake sunscreen. Pantas kulit wajahku ga oke ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan, Mbak Farida. Sunscreen itu melindungi kulit kita dari sinar matahari. Sinar matahari itu yang membuat kulit kita jadi kusam, kasar, dan kering, dan bahkan bisa kena kanker kulit. Makanya bagus banget kalau kita pakai sunscreen tiap hari, supaya kulit kita oke. Kalau nggak sempat pakai sunscreen, pakai bedak yang mengandung sunscreen pun tak apa.

      Delete
  5. bagus banget uv biore ini, aku juga pake ka. walaupun kadang suka lupa

    ReplyDelete
  6. aku jg masih cari cari sunscreen yg cocokbuat aku nih , tertarik bgt pngn coba ini krna PA nya yg tinggi bgt , apa lg bnyk review bgus dr sunscreen biore ini .

    ReplyDelete
  7. Iya lumayan banyak make nya semuka, makanya aku juga beli yang full size bebh karena sunscreens cepet abis hihi.. suka banget sama texture nya yang mudah menyerap

    ReplyDelete
  8. Aku pakai biore UV Aqua Rich ini mba. Dan aku cocok karena mudah meresap di kulit dan bikin kulit makin kering tapi bisa juga melindungi kulit dari sinar matahari :)

    ReplyDelete
  9. Kulitku oily dan banyak org2 yg blg ini bagus untuk yg oily skin. Tp sampai sekarang belum coba juga nih, masuk wish list dulu aja kali ya hehe

    ReplyDelete
  10. Kemarin pas belanja, aku nemu Biore UV Aqua Rich ini...mau beli ragu-ragu karena harganya dibanderol lebih mahal daripada yang sahabat biuty bloher bilang.
    Hiiks~
    Beli SS aja masih mikir, hahahah...

    ReplyDelete
  11. Aku juga punya nih yang versi tube kecil ini, emang cocoknya buat dibawa travelling. Yang aku suka tuh wanginya kaya ada wangi2 jeruk gituu.

    ReplyDelete
  12. Produk sunscreen dari Biore ini menjadi favorit banget karena formulanya yang ringan dan tidak lengket di kulit

    ReplyDelete
  13. Aku udah cobain juga ni biore uv sunscreen. Enak banget teksturnya ga lengket dan ga bikin white cast. Finishnya pun matte jadi ga bikin kulit keliatan berminyak sama sekali.

    ReplyDelete
  14. aku juga pake ini dan seneng banget sama texturenya udah gitu dia ga white cast llagi dah

    ReplyDelete
  15. si kecil cabe rawit banget emang produk ini ya beb, aku juga sekarang lagi pake produk ini nih buat sehari hari hehe

    ReplyDelete
  16. flatlaynya bagus banget beb! oh ya aku juga pake sunscreen biore tapi yang peony, enak banget ringaaan terus cepet nyerep d kulit

    ReplyDelete
  17. ini salah satu sunscreen yang enak banget sih di muka, nyerepnya cepet dan agak semi matte gitu. Jadi enggak berasa pake sunscreen wkw

    ReplyDelete
  18. Mau nanya dong kak, semisal kita abis olahraga/kerja berkeringat dalam 4-5jam. Abis itu pake sunscreen lagi atau gak perlu?

    ReplyDelete

Labels