YOU Amino Low pH Cleansing Mousse : Facial Wash untuk Kulit Berminyak

Tuesday, September 27, 2022

Berapa pH ideal buat produk skincare facial wash yang kita pakai? Nah! Sebelum menjawab pertanyaan itu, kayaknya ada satu pertanyaan yang lebih penting buat dijawab terlebih dulu yaitu "apakah kalian peduli dengan pH di produk facial wash yang kalian pakai? 

Jawaban saya buat pertanyaan kedua adalah enggak. Awalnya, enggak peduli. Selama produk facial wash yang dipakai nggak bikin kulit jadi kering, ketarik dan gatal iritasi, saya anggap facial wash itu bagus dan cocok di kulit saya. Padahal, dengan memperhatikan pH yang ada di produk facial wash yang dipakai justru bisa membantu kita terhindar dari masalah tadi. 

Apalagi buat pemilik kulit rewel yang sensitif dan mudah berjerawat. Tahu pH produk skincare yang dipakai, bisa membantu kulit terhindar dari yang namanya "breakout" atau "nggak cocok". 

Kembali ke pertanyaan pertama, berapa sih pH ideal buat produk skincare facial wash? Tentunya tergantung dari kondisi kulit masing-masing dan repotnya juga dipengaruhi sama air yang digunakan buat mencuci wajah. Nah, kadar pH normal kulit kita sendiri ada di sekitar 4.5-6.5. Kaitannya sama facial wash, penggunaan facial wash yang memiliki pH rendah yang cenderung sama dengan pH kulit, membantu menjaga skin barrier dari kerusakan. 

Recap story selama beberapa bulan nggak cerita tentang review produk di blog ini, saya emang lagi banyak coba produk-produk baru yang seru. Ada yang gagal dan ada juga yang sukses jadi partner baru menjaga skin barrier saya. Dari perjalanan coba-coba produk seru tadi, sekitar dua minggu lalu kulit saya memang jadi agak rewel. Beruntus di area kening dan bekas jerawat sedikit agak bandel. Nggak mau ambil banyak resiko, saya akhirnya kembali ke produk-produk andalan yang emang historynya udah cocok sama kulit saya dari jaman baheulak. Nanti saya ceritain produknya apa aja. 

Supaya alurnya cerita tulisan ini tetap sesuai jalur, salah satu produk yang membantu mengembalikan kondisi kulit saya jadi membaik adalah facial wash dengan pH rendah. Namanya YOU Amino Low pH Cleansing Mousse.



Sepertinya udah jadi favorit banyak umat kalau produk sabun apa aja, termasuk facial wash, dikemas dengan packaging aplikator pump. Kemasan pump ini sangat memudahkan ketika mau mengambil dan mengontrol jumlah produk yang mau dikeluarkan. 

Kalau biasanya busa banyak itu identik dengan sabun wajah yang bikin kering dan ketarik, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini juga punya banyak busa tapi nggak bikin ketarik ataupun kering di wajah. Konsep dari facial wash ini adalah mousse facial wash. Foamy dan lembut banget ketika diaplikasikan ke kulit. 

Klaim YOU Amino Low pH Cleansing Mousse



Facial Wash dengan tekstur mousse yang memiliki pH rendah, diperkaya dengan Japanese Amino Acid Complex, 5x Ceramides, dan Centella Asiatica Korea untuk membersihkan kulit dengan lembut, menyegarkan dan melembapkan kulit. 

Ingredient YOU Amino Low pH Cleansing Mousse



About the product YOU Amino Low pH Cleansing Mousse

Seperti namanya, produk ini emang mengandung Amino. Amino adalah bahan dasar pembentukan protein seperti ellastin, collagen, fibronektin, dan lain-lain. Protein inilah yang mempengaruhi tampilan kulit sehingga muncul tanda penuaan. Seperti kulit yang jadi kering dan keriput karena produksi collagen dan elastin yang menurun. 

Asam Amino ini sebenernya adalah senyawa yang juga diproduksi secara alami di kulit. Tapi faktor usia, lingkungan, dan kondisi kulit, mempengaruhi produksi alami dari si Asam Amino ini. Mirip dengan HA, atau Hyaluronic Acid, Asam Amino juga berperan dalam menjaga kelambapan kulit. Asam Amino ini merupakan penyusun dari natural moisturizing factors (NMF) pada kulit kita.

Nah, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse diformulasikan dengan 28% Asam Amino yang kompleks, jadi mampu menjaga kelembapan kulit sekaligus meminimalisir iritasi. Meskipun Asam Aminonya terdapat di produk wash off, atau produk yang hanya menempel pada kulit kurang dari 1 menit. 

pH Asam Amino pada facial wash ini juga hampir mendekati pH normal kulit, yaitu ada di kadar 5.5, sehingga facial wash ini nggak menyebabkan kulit jadi terasa kering ataupun gatal setelah dibilas. 

Selain Amino, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini juga mengandung 5x Ceramide. Ceramide ini juga punya peran penting dalam menjaga kelembapan kulit. Saat ini Ceramide ini emang lagi hits banget jadi key ingredient di produk-produk yang klaimnya moisturizing. Ceramide bekerja dengan menahan air yang ada di kulit, mencegahnya menguap, sehingga kondisi kulit tetap terjaga kelembapannya. Kandungan Ceramide ini juga bisa jadi reference buat kamu yang lagi proses mengembalikan kesehatan skin barrier. 

Mirip dengan Centella Asiatica, ingredient yang cukup sering banget saya bahas benefitnya dan cara kerjanya di kulit. Bisa dibilang ini juga salah satu ingredient favorit saya setelah Niacinamide sama Retinol. 

YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini mengandung Korean Centella Asiatica. Meskipun saya masih belum tau bedanya Cica Korea dan Cica dari negara lain, mengutip dari artikel lama saya, secara umum benefit Cica adalah 

Centella Asiatica atau Pegagan ini adalah tanaman yang hidup di daerah tropis, yang juga punya nama lain Gotu Kola atau Tiger Grass. Tanaman ini udah lama jadi bahan obat-obatan tradisional untuk bermacam-macam masalah penyakit kulit. Extract Cica, berupa Centelloid, Asiaticoside, Madecasosside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, biasa digunakan dalam produk kosmetik untuk perawatan kulit. Manfaatnya untuk kulit seperti mengurangi peradangan, efek menenangkan kulit, mampu melembapkan kulit, anti-aging, dan membantu mempercepat penyembuhan luka.  



Review YOU Amino Low pH Cleansing Mousse

Disclaimer : Kondisi kulit saya kombinasi berminyak. Ada jerawat-jerawat kecil, komedo, dan bekas jerawat di awal penggunaan produk. 

Experience mencuci wajah dengan foam berlimpah emang udah jadi favorit saya. YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini punya foam yang cukup banyak cuma dalam 1-2 pump aja. Dalam kondisi tangan basah, tanpa perlu ditambah air, facial wash ini mampu membersihkan wajah dan mengangkat minyak berlebih di wajah saya. 

Tapi saya tetep merekomendasikan untuk melakukan double cleansing menggunakan micellar water, cleansing balm, atau first cleanser lain untuk membersihkan makeup terlebih dulu. Baru deh, second cleansernya pakai si YOU Amino Low pH Cleansing Mousse. Kalau saya biasanya, cukup bersihkan wajah pakai wet tissue sebagai first cleanser dan lanjut pakai si YOU Amino Low pH Cleansing Mousse sebagai second cleanser. 

Setelah dibilas, wajah saya sama sekali nggak terasa kering ataupun ketarik. Kulit saya lumayan sensitif sama yang namanya facial wash. Beberapa facial wash yang gagal bersahabat sama kulit saya biasanya akan bikin gatal-gatal merah di area jawline. Nah, YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini sama sekali nggak memunculkan tanda-tanda efek negatif ke kulit setelah produknya dibilas. Kombinasi serum yang lagi saya pakai dan facial wash ini bisa membuat jerawat saya jadi membaik dan komedo nggak serame dulu. After wash off, kulit saya terasa lembap, kenyal, dan terasa bersih tanpa menimbulkan produksi sebum berlebih. 

Sejauh ini saya masih merasa puas dan cocok sama facial wash dari YOU ini. Oh, iya! Harga dari YOU Amino Low pH Cleansing Mousse ini adalah Rp 115.000. Bisa dibeli di mana aja, terserah kalian sukanya beli di ecommerce mana aja, haha. 

Nah! Itu tadi sekelumit cerita dari saya dan produk seru yang lagi saya suka. Semoga bisa jadi reference buat yang punya jenis kulit sama atau mirip. Terimakasih sudah membaca sampai selesai~

You Might Also Like

1 komentar

  1. Teksturnya kayak lembut banget gitu yang, keluar dari kemasannya langsung dalam bentuk busa. Udah kebayang sih gimana pas nyentuh kulit wajah. Enak banget pasti dipakenya :))

    ReplyDelete

Labels