4 Tips Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah

Monday, December 21, 2020

Tips Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah
 
Gaya rambut merupakan salah satu penunjang penampilan baik bagi pria maupun wanita. Sama seperti saat menggunakan baju yang harus sesuai. Gaya rambut juga harus sesuai, khususnya dengan bentuk wajah. Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan gaya rambut juga tidak bisa disamaratakan.
 
Misalkan saja gaya rambut untuk orang yang memiliki wajah lonjong tentu saja berbeda dengan orang yang memiliki wajah bulat. Bentuk wajah sendiri sangat banyak, ada orang yang memiliki wajah bulat, persegi, diamond, lonjong, dan sebagainya. Setiap bentuk wajah memiliki penyesuaian yang berbeda terhadap gaya rambut.
 
Saya adalah penganut keyakinkan "asal suka modelnya dan merasa cantik, ya percaya diri aja". Meskipun begitu, tidak jarang saya merasa kebingungan ketika seorang teman menanyakan gaya rambut seperti apa yang membuat mereka tampil semakin cantik. Biasanya saya akan meminta mereka melihat model di internet yang mereka sukai. Kemudian membandingkan apakah potongan rambut itu
 sesuai dengan proporsi bentuk wajah mereka atau tidak. Hal itu perlu diperhatikan dengan baik, sehingga teman-teman bisa memilih gaya rambut yang sesuai. Berikut ini merupakan beberapa tips gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah.
 
 
1. Gaya Rambut Bentuk Wajah Bulat

 
Wajah yang terlihat bulat dapat ditandai dengan bentuk dagu yang tidak lancip dan rahang sedikit lebih besar. Wajah bulat bisa dibilang memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan wajah lonjong. Jika temen-temen memiliki bentuk wajah bulat, bisa mencoba jenis gaya rambut apa saja asalkan membuat rambut menjadi tampak tebal dan bervolume. Salah satunya adalah gaya rambut shaggy dengan potongan rambut ber-layer. Pastikan potongan rambut tidak lebih pendek dari dagu. Tujuannya agar wajah terlihat lebih memanjang.
 
Apabila rambut terlihat tebal, maka akan terlihat keseimbangan antara wajah dengan rambut. Selain itu, efek yang ditimbulkan juga akan membuat wajah sedikit berbentuk persegi. Model rambut lain yang sering digunakan untuk bentuk wajah bulat pada adalah pompadour. Pompadour adalah gaya rambut yang berfokus pada rambut di bagian atas. Dikombinasikan dengan style seperti jambul Elvis Presley, membuat tampilan wajah menjadi lebih panjang atau lonjong. Selain pompadour, gaya rambut lain yang bisa dicoba adalah model flat-top. Gaya rambut Flat-top untuk pria adalah gaya rambut yang juga berfokus pada rambut bagian atas dan dipotong secara flat. Gaya rambut ini juga akan memberikan kesan wajah yang lonjong. Dimana rambut akan terlihat lebih tebal namun tetap seimbang dengan bentuk wajah.
 
2. Gaya Rambut Bentuk Wajah Kotak
 
Bentuk wajah dianggap kotak apabila memiliki ukuran yang sama pada bagian rahang, tulang pipi dan juga dahi. Usahakan untuk membuat model rambut yang membuat bagian kening sedikit tertutupi. Gaya rambut apa saja bisa diaplikasikan di bentuk wajah kotak ini. Akan tetapi, pastikan temen-temen melakukan styling pada rambut bagian depan seperti poni. Atur poni menjadi lebih panjang menyamping, agar tampilan wajah persegi menjadi lebih menawan dan tidak kaku. Sedangkan pada bagian atas bisa dibuat lebih bervolume.  Akan lebih baik jika rambut dibuat sedikit lebih panjang tapi tidak berlebihan.
 
3. Gaya Rambut Bentuk Wajah Diamond
 
Bentuk wajah diamond dapat dilihat dari tulang pipi yang besar serta dahi yang besar. Tetapi, pada bagian rahang terlihat lebih kecil. Selanjutnya apabila dilihat pada bagian dagu, maka akan sedikit runcing. Sebenarnya orang yang memiliki bentuk wajah diamond bisa dibilang sangat jarang.
 
Gaya rambut yang cocok digunakan untuk wajah ini adalah yang tidak menutupi area dahi. Gaya rambut yang memiliki poni, tidak cocok karena akan membuat dahi menjadi tampak lebih sempit. Gaya rambut yang cocok adalah apabila dahi dan juga dagu terlihat lebih lebar. Maka antara wajah dan rambut akan memiliki ukuran yang proporsional.
 
Temen-temen bisa mencoba gaya rambut yang lebih panjang dari dagu dengan styling blow ke dalam. Gaya rambut ini akan membuat proporsi rahang dan dagu menjadi tersamarkan. Gaya rambut curly juga bisa diaplikasikan di bentuk wajah diamond ini. Dengan gaya rambut yang ikal, proporsi dahi dan dagu menjadi lebih tersamarkan. Penyesuaian gaya rambut sangat penting karena bisa mempengaruhi penampilan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah rambut harus memiliki bentuk yang proporsional dengan wajah. Sehingga terjadi keseimbangan.
 
Apabila bentuk wajah terlalu sempit, maka bisa menggunakan potongan rambut yang tidak menutupi bagian wajah. Jika wajah terlalu lebar, maka usahakan rambut dibuat lebih tebal dan menutupi area tersebut. Karena jika tipis, tidak akan terjadi keseimbangan.
 
4. Gaya Rambut Bentuk Wajah Lonjong
 
Beberapa orang memiliki bentuk wajah lonjong. Wajah lonjong ditandai dengan bentuk dagu yang agak lancip dan agak panjang. Kemudian pada bagian sudut rahang akan terlihat lebih sedikit tajam. Baik pria atau pun wanita yang memiliki bentuk wajah lonjong, bisa diserasikan dengan banyak gaya rambut. Hanya saja sangat disarankan untuk memiliki gaya rambut yang tebal.
 
Apabila gaya rambut sangat tipis, maka tidak terjadi keseimbangan dengan bentuk wajah dengan gaya rambut. Apabila memotong rambut, maka sangat disarankan menggunakan model potongan rambut yang berlapis. Buat rambut sedikit bergelombang sehingga rambut akan lebih tampak bervolume. Memainkan style rambut bagian depan seperti poni, akan membuat tampilan bentuk wajah lonjong menjadi lebih proporsional dan menawan.

Setelah mendapatkan gaya rambut yang sesuai, temen-temen bisa memaksimalkan kepercayaan diri dengan memainkan warna rambut. Sebenarnya mengenai warna rambut, temen-temen bisa menggunakan warna apa saja asal suka dan percaya diri. Saya merekomendasikan menggunakan warna rambut cokelat atau warna merah burgundy. Sedangkan bagi pria sangat cocok apabila memiliki rambut pendek dengan warna hitam kemudian memiliki belahan yang disisir dengan rapi. Belahan bisa disebelah samping. Bila perlu, temen-temen bisa mencocokan perpaduan warna cat rambut yang bagus dengan warna kulit agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
 
Nah itu tadi tips gaya rambut yang bisa dicoba sesuai dengan bentuk wajah. Semoga artikel kali ini bisa membantu temen-temen yang sedang mencari referensi gaya rambut. Terimakasih sudah membaca.
 
Dadah. 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Gaya rambut andalanku adalah.... pasrah bongkokan ke mbak tukang potong, wkwk..

    ReplyDelete

Labels