Review EverWhite Cica Soothing Serum untuk Mengatasi Jerawat

Tuesday, December 01, 2020

 Sudah sejak bulan Februari, kita diwajibkan untuk memakai masker setiap kali beraktifitas. Sama seperti skincare, saya juga mengalami yang namanya trial and error untuk menemukan bahan masker yang lembut dan tidak membuat kulit wajah jadi iritasi. Hingga akhirnya saya mengalami yang namanya maskne. Maskne atau mask acne adalah jerawat yang muncul di sekitar area pipi dan mulut, karena penggunaan masker. Bakteri dan hembusan nafas yang keluar dari mulut, terjebak di dalam masker sehingga bisa menyebabkan jerawat di area tersebut. Ditambah lagi, gesekan dari bahan masker yang kurang lembut membuat kulit jadi iritasi.  
 
Maskne yang saya alami berupa pore clogged seperti jerawat batu. Padahal saya cukup rajin buat double cleansing. Udah gitu, bekas dari jerawatnya juga bandel. Untung aja saya masih pakai Avoskin Ultra Brightening Cream formula baru buat memudarkan bekas jerawatnya. Sukses~
 
everwhite cica serum

 
 Udah lelah sama maskne, mau beli exfoliating serum Avoskin tapi habis di mana-mana, akhirnya saya random beli serum Everwhite ini di Sociolla. Nggak random-random amat sih, saya juga cek dulu kandungan produknya di Codsna sebelum beli. Setelah melihat detail kandungannya, akhirnya angkut deh~
 
Gimana pengalaman saya mengatasi maskne pakai serum ini? cuss, yuk simak sampai selesai. 
 

Everwhite Cica Soothing Serum 

Netto : 30ml 
Harga : Rp 85.000,- di Sociolla
 
Dikemas dengan botol kaca dan tutup pipet, seperti kemasan botol serum pada umumnya. Sayangnya tutup pipet di produk yang saya beli ini agak kurang bagus. Kurang mampu menghisap dan mengeluarkan seperti fungsi pipet seharunya. Cairan serum yang terambil cuma sedikit-sedikit, meskipun saya sudah masukan seluruh badan pipet ke botolnya. Entah saya kebetulan dapet kemasan produk yang kurang bagus, atau memang begini kemasannya untuk memangkas biaya produksi. 
 
everwhite cica serum
 
Klaim Everwhite Cica Soothing Serum
 
Cica Soothing Serum diperkaya dengan kandungan Centella Asatica, Hyaluronate, Glyzirrhinate, dan Hexamidine yang bermanfaat untuk merawat area kulit yang berjerawat, menyamarkan bekas jerawat, membantu mencerahkan kulit, menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab jerawat, melembapkan kulit, dan bersifat anti inflamasi.   
 
Ingredient Everwhite Cica Soothing Serum
 
Aqua, Butylene Glycol, Niacinamide, Saccharomyches/ Rice Ferment Filtrate, Cenetella Asiatica Extract, Phenoxyethanol, Hyaluronic Acid, Bixa Orellana Seed Extract, Lactic Acid, Dipotassium Gylzirrhinate, Allantoin, Ethylexylglycerin, glyzyrrhiza glabra root extract, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Hexamidine Diisethionate, Tetrasodium  EDTA, Parfum. 
 
Ini hasil analisis ingredient dari Codsna



Saya penasaran sama beberapa ingredient Everwhite Cica Soothing Serum yang disebutkan di klaim produknya. Beberapa nama ada yang saya belum tahu. Lalu saya coba buat baca-baca beberapa referensi, dan ternyata kandungan-kandungan tersebut bagus buat kulit. 
 
Centella Asiatica (Cica) : Kalau Cica atau Centella Asiatica ini udah cukup lama hype di dunia per-skincare-an. Saya juga memfavoritkan beberapa produk skincare lain yang mengandung Cica karena performanya yang bagus di kulit saya. Centella Asiatica atau Pegagan ini adalah tanaman yang hidup di daerah tropis, yang juga punya nama lain Gotu Kola atau Tiger Grass. Tanaman ini udah lama jadi bahan obat-obatan tradisional untuk bermacam-macam masalah penyakit kulit.
 
Extract Cica, berupa Centelloid, Asiaticoside, Madecasosside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, biasa digunakan dalam produk kosmetik untuk perawatan kulit. Manfaatnya untuk kulit seperti mengurangi peradangan, efek menenangkan kulit, mampu melembapkan kulit, anti-aging, dan membantu mempercepat penyembuhan luka. 

Hyaluronic Acid (HA) : adalah ingredient yang bersifat humektan. Bekerja meningkatkan kadar air dalam kulit dan menjaga kelembapkan kulit. HA ini memang kandungan yang terkenal di kalangan produk yang sifatnya hydrating. Seperti produk favorit saya yang juga adalah hydrating serum, dengan kandungan utamanya adalah HA. Saya juga sempat mengkombinasikan Everwhite Cica Soothing Serum ini dengan Loreal Hyaluronic Acid, meskipun di serum Cica ini sudah terkandung HA. Tentang reaksinya di kulit saya, nanti saya ceritain di bawah. 


Glyzirrhiza : Ingredient yang sulit dilafalkan ini ternyata adalah licorice root extract. Ingredient ini membantu mencerahkan kulit, bekerja sebagai anti-inflamasi, anti-bacterial, anti-aging, kaya anti-oxidant, dan bahkan mampu membantu melindungi kulit dari radiasi matahari. Kandungan ini juga aman untuk ibu hamil. 

Hexamidine : saya belum begitu banyak menemukan referensi soal kandungan ini. Yang saya tau, Hexamidine ini bersifat perservatives, menghambat pertumbuhan mikroorganisme. 

everwhite cica serum

Ada kandungan Niacinamide di dalam serum ini. Bahkan Niacinamide berada di urutan lebih awal daripada Cica. Kandungan Niacinamide ini adalah kandungan skincare favorit saya juga. Niacinamide bermanfaat mulai dari skin lightening, anti-inflamasi, anti aging, memperbaiki skin barrier, dan banyak lagi. Niacinamide ini cocok dan bekerja dengan baik di kulit saya dalam mengontrol sebum. 

Ada juga kandungan Allantoin yang bersifat soothing, moisturizing, sekaligus healing atau membantu mempercepat penyembuhan luka. 
 

Review Everwhite Cica Soothing Serum untuk Mengatasi Maskne

Saya pakai serum ini pagi dan malam hari. Ketika awal pemakaian, saya cuma pakai serum ini tanpa menggunakan serum atau toner lain. Double Cleansing - Everwhite Cica Soothing Serum - Avoskin UBC. Cuma itu. 
everwhite cica serum
 
Tesktur serumnya cukup kental, tapi mudah diratakan. Cukup satu atau dua tetes, udah cukup untuk seluruh wajah. Saya nggak merasakan sensasi panas atau cekit-cekit ketika menggunakan serum ini. Setelah diaplikasikan ke kulit, serum ini cepat mengering. Jadi lebih cepat untuk bisa mengaplikasikan produk skincare selanjutnya. Kulit saya tetap lembap tanpa membuat produksi sebum jadi berlebih, meskipun skincare yang saya pakai cukup minimalis.
 
Lama kelamaan, kulit saya yang terkena maskne jadi membaik dan berkurang cukup signifikan. Awalnya saya nggak begitu menyadari, tapi ketika kehitaman bekas jerawat ikut memudar, saya jadi "ngeh" kalau maskne saya udah berkurang dan bahkan nggak bertambah lagi. Kalau diingat-ingat, sepertinya dalam waktu kurang dari dua minggu, maskne saya berkurang.
 
Pore clogged disekitaran mulut dan pipi mulai mengering, dan jerawat baru juga jadi lebih mudah dikeluarkan tanpa meninggalkan bekas iritasi.  

Saya post foto perbandingan, yang ini ketika saya buat blogpost tentang serum Loreal. Bekas maskne dan sisa-sisa maskne 

 
maskne sudah jauh berkurang~
 
Kemudian, saya beli produk eksfoliasi CosRX AHA7 dan mengombinasikan serum Cica ini dengan Loreal Hyaluronic Acid Serum. Double Cleansing - CosRX AHA7 - Everwhite Cica Soothing Serum - Loreal HA Serum - Avoskin UBC. Hasilnya kulit saya jadi jarang terkena maskne ~ se happy itu menemukan kuncian skincare di musim begini. 
 
 
Bahkan kalau saya lagi malas, saya cuma pakai serum Cica ini aja, kulit saya tetep lembap. 

Maskne masih menyerang? Jujur, iya kadang. Saya masih menemukan satu atau dua pore clogged di area mulut. Tapi nggak separah dulu. Ketika maskne muncul, saya bisa tandain juga kalau saat itu saya lagi lupa mengganti masker dalam satu hari penggunaan yang lama. Dan juga ketika saya sedang menggunakan masker yang benar-benar kurang nyaman. Jadi semua kembali lagi ke kebersihan juga ~

Skincare Everwhite Cica Soothing Serum ini, saya rekomendasikan buat temen-temen yang suka sama skincare yang mengandung cenetlla asiatica seperti saya. Ini juga pertama kalinya saya mencoba produk dari brand Everwhite. Saya jadi penasaran sama produk lainnya. Apalagi, kemarin saya liat mereka ada produk baru yaitu serum yang mengandung peptide. Uw~. Nanti deh kalau serum Cica ini habis, saya jadi pengen coba jajan yang peptide.

everwhite cica serum

Nah itu tadi cerita pengalaman saya menemukan skincare yang bekerja dengan baik di kulit saya dalam melawan dan mengatasi maskne. Semoga artikel kali ini bisa jadi referensi buat temen-temen lain, yang sedang mencari skincare serupa. Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia. 

dadah.


You Might Also Like

8 komentar

  1. Halo mba Rahma, aku udah follow blognya ya.
    Jadi pengen ikutan nih pake cica ehehehe, apalagi reviewnya awalnya bikin panik terus akhirnya hepi hehehe. Emang cocok-cocokan kok ya kalo pake serum ini

    ReplyDelete
  2. lumayan cepat juga ya mba belum ada 2 minggu sudah terlihat perubahannya, jadi penasaran juga nih mau pakai harganya juga masih ramah

    ReplyDelete
  3. jadi penasaran sm review ini dr ulasan kamu kayaknya lumayan bgt efeknya,emang cica dan Ha ingredient yg juara banget ya, btw cri serum mmg susah gitu ya hahahaha

    ReplyDelete
  4. Kalau liat ingre listnya sih bahan2nya ngademin semua ya. Ada lactic acid juga lagi. Jenis aha yg masih diterima sama kulitku.

    ReplyDelete
  5. Salfok sama packagingnya ih aku sukaaaa, jebetulan jagi ada jerawat bandel di pipi jd pengen coba

    ReplyDelete
  6. Packagingnya cakep dan harganya masih mauk akal untuk kantong ya mbak.
    Wah jd ilang ya jerawat serta bekas2nya. Kyknya mesti coba juga deh utk aku yg tiap bulan pasti jerawatan hormonal TFS

    ReplyDelete
  7. Enak banget ya ketemu skincare yang langsung cocok dengan kulit kita sehingga memberi hasil yang maksimal. Btw wajahnya juga kelihatan lebih segar nih Mbak.

    ReplyDelete
  8. oke banget nih kayanya mbaaa soothing seru. Frankly I haven't tried it but it looks lovely

    ReplyDelete

Labels