Lelah Dengan Covid-19, Lakukan 4 Hal ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Sunday, September 27, 2020

 


Sudah tujuh bulan kita bertahan dan berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang melelahkan ini. Bukan hanya melelahkan secara fisik, tapi juga mental. Selelah apapun, kita tetap harus bertahan dan berjuang hingga semuanya berakhir. Tentunya demi nakes, tenaga kesehatan, yang sama-sama berjuang di barisan depan tanpa mampu mengeluh untuk mundur. 
 
Covid-19 terlihat tidak nyata hingga orang-orang yang dikenal memberi kabar kalau mereka terpapar virus. Kemudian Covid-19 menjadi terlihat menakutkan dan terasa dekat. Rasa takut dan khawatir ditambah berita-berita kurang menyenangkan yang diterima, mau tidak mau membuat mental kita jadi ikut terkena dampaknya. Kesehatan mental juga berpengaruh terhadap imun tubuh. Maka dari itu, penting untuk memberikan waktu "bernafas" kepada diri sendiri demi kesehatan mental yang lebih terjaga.

Tips berikut ini bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mental kita selama masa pandemi ini.

 1. Kurangi Update Berita yang Tidak Perlu


Berita yang beredar di surat kabar dan TV, terkadang membuat rasa takut dan khawatir menjadi semakin parah. Apalagi berita miring mengenai progres penanganan dan angka-angka yang terus bertambah membuat stress kepala. Sudah saatnya kita meminimalisir berita-berita yang sekiranya hanya akan membuat stress menjadi semakin parah. Lakukan update berita yang terjadi di lingkungan sekitar kita dari akun resmi Pemerintah setempat. Lakukan update berita nasional secara berkala paling tidak dua hari sekali saja. 
 
Sosial media terkadang menyuguhkan cerita dari teman dunia maya yang terlihat acuh tak acuh dan kurang waspada dalam menjaga diri dari paparan virus Covid-19. Kita yang sedang bertahan melawan rasa takut dan bosan, menjadi geram melihatnya. Jika hal itu dirasa menganggu, batasi akses dengan akun tersebut atau batasi durasi bermain sosial medianya. Kita fokuskan untuk menjaga kesehatan mental dan keselamatan diri sendiri.

2. Ikuti Kursus Online

Setelah meminimalisir berita yang tidak perlu, kita bisa mengalihkan perhatian dengan mengikuti kursus secara online. Gunakan waktu selama stay at home untuk menambah skill yang kita miliki. Sekarang sudah banyak media kursus secara online dengan harga yang terjangkau dan bahkan gratis. Sertifikat yang didapatkan setelah menyelesaikan kursus dapat digunakan untuk mencari pekerjaan atau menambah nilai diri dengan kemampuan baru. 
 

3. Melakukan Hobi yang Tertunda

Kesibukan ketika bekerja atau sekolah terkadang membuat kita lupa untuk melakukan kegiatan yang merupakan hobi kita. Melakukan hal yang kita suka dapat membuat mental kita menjadi lebih sehat. Energi positif yang kita dapatkan dari perasaan senang yang kita rasakan juga membantu imun tubuh untuk lebih kuat. Coba ingat-ingat, hobi apa yang kita miliki yang bisa dilakukan untuk membunuh rasa bosan selama stay at home.

4. Lakukan Konsultasi ke Psikolog

Jika kita sudah merasa putus asa dan bingung dengan kondisi yang dialami, segera cari bantuan profesional dari Psikolog. Kita bisa melakukan konsultasi dengan Psikolog secara online, untuk tetap meminimalisir aktivitas di luar rumah. Gunakan fasilitas konsultasi Psikolog dengan harga yang terjankau di aplikasi Halodoc. Meluapkan semua isi pikiran dan kekhawatiran kepada Psikolog profesional, tetap terasa nyaman meskipun dilakukan secara online di Halodoc. 
 

-------

Kita bisa melakukan banyak hal menyenangkan selama di rumah aja, untuk menjaga kesehatan mental kita selama masa pandemi yang belum terlihat ujung terangnya. Paling tidak itu yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat secara mental dan fisik. Siapa tau kan, dari kegiatan produktif dan kreatif kita selama ini bisa jadi tabungan untuk membeli vaksin Covid-19 nanti. Soalnya, hingga saat ini belum ada harga vaksin Covid 19 yang pasti. Berjaga-jaga untuk setiap kemungkinan.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Dari awal covid, aku udah bener-bener menjauhkan diri dari update yang berlebihan, kak. Soalnya, daya tahan tubuhku sering tiba-tiba drop gara-gara stress liat berita. Akhirnya, ga mau beresiko juga aku. Mendingan cek video atau berita hiburan aja

    ReplyDelete

Labels