Bernostalgia di Festival Kota Lama Semarang

Thursday, August 15, 2019

Assalamualaikum,

Hal menarik untuk dikulik ketika berlibur di salah satu kota di Indonesia adalah tempat wisata, kulinernya, dan budaya daerahnya. Tapi hal menarik lainnya yang bisa jadi referensi tempat untuk didatangi juga adalah acara festival khas daerahnya. Sebagian besar daerah di Indonesia mempunyai festival yang rutin diadakan setiap tahunnya. Festival yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Contohnya seperti festival Artjog, FKY, dan Sekaten di Jogjakarta. Menjadi bagian dari orang-orang yang menikmati festival yang hanya satu tahun sekali, pasti bisa menambah cerita keseruan ketika berlibur.



Salah satu daerah yang sebentar lagi akan menggelar festival tahunannya adalah Semarang. Ada cukup banyak festival yang diadakan di Semarang setiap tahunnya, salah satunya yang akan datang adalah Festival Kota Lama Semarang. Dikutip dari website resmi Festival Kota Lama, Festival Kota Lama merupakan wadah nirlaba yang berfokus mengembangkan potensi lingkungan Kota Lama Semarang bersama dengan para suporter, baik para ahli dan investor dari dalam dan juga luar negeri. Tujuannya adalah menjaga aset sejarah Kota Lama Semarang, serta mempertahankan dan melestarikan kekayaan budaya Kota Semarang.

Kalau di Bandung ada Paris Van Java, di Semarang ada Netherland Van Java. Yap, Kota Lama Semarang atau yang disebut Netherland Van Java, menjadi pusat area Festival Kota Lama ini. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 2012. Tema yang di usung setiap tahunnya berbeda-beda, namun tetap berkonsep tentang tema Kuno, Kini dan Nanti. Festival Kota Lama ini menjadi "Mesin Waktu" untuk pengunjung, agar dapat bernostalgia dengan Kota Semarang di masa lalu dan sekaligus melihat perkembangannya di setiap masanya.

sumber instagram festivalkotalama

Melihat sekilas cerita soal Festival Kota Lama di tahun 2018 kemarin, membuat saya juga menjadi turut antusias buat ikut menikmati festivalnya tahun ini. Keseruan Festival Kota Lama tahun lalu diisi dengan beragam program khas dengan Kota Semarang. Mulai dari jelajah sejarah Kota Semarang, hingga pasar rakyat yang selalu menjadi tempat yang seru untuk di datangi. Tahun lalu, festival ini juga dimeriahkan dengan banyak booth yang menarik. Mulai dari booth kuliner jaman dulu hingga booth seputar potensi daerah Semarang. Sudah menjadi ciri khas masyarakat Jawa ketika ada syukuran besar, biasanya akan ada hajatan wayangan semalam suntuk. Begitu juga dengan hajatan warga Semarang kala ini, festival ini juga dimeriahkan dengan wayangan semalam suntuk.

Festival ini memang menjadi festival rakyat untuk semua kalangan. Ada wayangan semalam suntuk, ada juga acara panggung musik hiburan. Tahun 2018, alunan musik Jazz juga menghiasi panggung utama Festival Kota Lama. Penyayi Ibu Kota dan penyanyi Jazz Indie pun turut memeriahkan. Bukan cuma acara musik aja, festival tahun lalu juga ada acara pemutaran film-film alternatif yang tidak pernah tayang di Bioskop. Wah, menarik dan sayang banget untuk dilewatkan.

sumber festivalkotalama(dot)com

Itu tadi keseruan Festival Kota Lama tahun lalu. Nah untuk tahun ini festival tahunan ini akan diadakan tanggal 12-22 September 2019, sekitar 27 hari lagi. Program yang akan diadakan tahun ini nggak akan kalah serunya. Mulai dari jelajah area Kota Lama, acara panggung musik, dance festival, pasar malam Sentiling, street art perfomance, dan beragam talkshow dan parade seru.  

Seperti yang udah saya bilang tadi, sayang sekali untuk melewatkan keseruan festival tahunan Festival Kota Lama ini. Berhubung tinggal 27 hari lagi, yang bisa dibilang kurang dari sebulan, supaya nggak kehabisan hotel untuk menginap di sekitar area festival, temen-temen bisa mulai cari penginapan murah di Semarang. Jangan lupa ketika mencari hotel di Semarang, cari yang lokasinya berada di sekitar area Kota Lama. Ya, supaya bisa lebih dekat dan mengikuti setiap acara festivalnya. Untuk lebih efisiennya, temen-temen bisa pakai aplikasi booking hotel semacam PegiPegi. Bisa booking hotel dari jauh-jauh hari dan harganya bisa lebih hemat. 

Nah itu aja cerita kali ini. Semoga ceritannya bisa jadi referensi buat temen-temen yang ingin berlibur. Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia.

dadaah.

You Might Also Like

0 komentar

Labels