Mencerahkan Kulit Belang dengan Erha21 TruWhite Activator, Berhasilkah?

Friday, May 10, 2019

Assalamualaikum,

Belakangan ini Jogja berasa lagi panas-panasnya. Bukan cuma belakangan ini sih sebenernya, tapi emang Jogja sekarang panas banget. Apalagi saya bukan tipikal orang yang suka pakai sepatu. Berhubung kalo transportasi saya lebih sering pakai ojek online motor, hasilnya ya kaki saya jadi punya corak. Udah macam batik aja punya corak. Kaki saya jadi belang. Belangnya ini kelihatan banget dan sudah cukup mengganggu kepercayaan diri saya ketika lagi bepergian. Makanya saya butuh tips menghilangkan kulit belang di jagad maya ini. Sebenernya salahnya ya salah saya. Pertama, saya suka lupa dan cenderung “nanti-nanti”, sama yang namanya menggunakan sunscreen untuk kulit tubuh. Kalau buat wajah, saya udah rajin pakai sunscreen. Tapi kalau buat kulit tubuh seperti tangan dan kaki, yang cenderung lebih sering terpapar langsung sama matahari, saya masih ngeyel.


Serius, efek negatif dari paparan radiasi matahari itu beneran udah nampak di kulit area kaki dan tangan saya yang minim perlindungan. Kulit area kaki saya belang seperti yang saya bilang tadi, ditambah lagi sudah muncul garis-garis halus seperti keriput yang terlihat. Kulit saya jadi kering dan terlihat kusam. Kulit area tangan saya sih masih jauh lebih mending, soalnya saya masih suka pakai jaket. Tapi temen saya ada loh yang sampai muncul semacam flek bercak coklat di area tangan dan jari telunjuk, karena naik motor jadi telunjuknya dalam posisi rem tangan.


Maka dari itu, sekarang saya jadi lebih suka pakai sepatu ketika bepergian dan berusaha memaksa diri buat lebih rajin pakai sunscreen untuk kulit tubuh. Sekarang tinggal butuh penanganan buat si kulit saya tadi yang udah terlanjur belang, kering, dan kusam. Biasanya saya akan lari ke produk body scrub buat mengatasi belangnya. Tujuannya biar kulit matinya lebih cepat teregenerasi. Tapi ternyata nggak cukup begitu doang, kulit tetep bakalan kering karena ya cuma di scrub doang, heu. Akhirnya kemarin ini saya ditantang untuk ikut mencoba dua produk Erha Skin, Hair, and Laser Expert, buat menoba dua produk TruWhite Activator mereka. Klaimnya, mampu mengatasi kulit kering dan kusam dengan Erha21 TruWhite Activator Body Scrub dan TruWhite Activator Body Misturizer. Jadi, mari kita lihat gimana pengalaman saya pakai kedua produk ini selama semingguan ini.

Erha21 TruWhite Activator

Erha21 TruWhite Activator Body Scrub (220g/Rp 199.000)
Erha21 TruWhite Activator Body Misturizer (250g/Rp 199.000)

Kemasan Erha21 TruWhite Activator Body Scrub dan TruWhite Activator Body Misturizer

Kedua produk ini dikemas dalam tube dengan tutup jenis fliptop. Kemasannya berwarna putih dengan label dan informasi produk yang cukup lengkap di bagian belakang kemasan. Yang menarik buat saya adalah sepertinya ini pertama kalinya saya pakai produk body scrub yang dikemas dalam bentuk tube begini. Biasanya saya pakai yang kemasan jar, dan ternyata pakai kemasan tube begini lebih praktus yak. Tinggal “...ceprut-ceprut-ceprut, oles-oles-oles, scrub-scrub-scrub...’’



Erha21 TruWhite Activator Body Moisturizer


“...TruWhite Activator Body Moisturizer diperkaya dengan kandungan Niacinamide, Mullberry Extract, dan Sodium Hyaluronate untuk membantu mencerahkan warna kulit. Diformulasikan dengan tekstur ringan dan tidak lengket sehingga nyaman digunakan sehari-hari...”


Ada yang menarik yang membuat saya yakin sama produk moisturizer untuk kulit badan ini. Ada kandungan favorit saya di deretan list ingredient-nya. Niacinamide, adalah salah satu ingredient favorite saya, biasanya saya gunakan untuk perawatan kulit wajah. Saya udah sering bilang kalau saya pakai serum Niacinamide, dan merasakan betul efeknya setelah 3 bulan pemakaian. Bahan aktif ini biasanya juga sering saya temui di produk-produk pencerah, karena memang dia punya kemampuan untuk itu. Selain Niacinamide, saya juga menemukan Lactic Acid di deretan atas list ingredient. Memang sudah di mention dikemasannya kalau produk ini mengandng AHA, sehingga wajib menggunakan tabir surya atau sunscreen ketika beraktifitas.

Niacinamide adalah bagian dari kelompok vitamin B3, yang juga terkandung di dalam beberapa jenis makanan. Di dalam skincare, Niacinamide ini merupakan salah satu agen anti-aging. Selain itu, Niacinamide juga bersifat anti-inflamatory, sehingga mampu mengurangi peradangan seperti pada jerawat. Niacinamide mampu meminimalisir tampilan pori-pori, meratakan warna kulit yang tidak merata dan kusam, menyamarkan garis halus, dan memperkuat barrier kulit.

Lactic Acid adalah salah satu jenis AHA, dengan urutan molekul terkecil kedua setelah Glicolyc Acid. AHA sendiri merupakan agen eksfoliasi kimia, yang mampu menembus lapisan kulit paling atas dan membantu mempercepat regenerasi kulit dengan cara mengeksfoliasi sel kulit mati. Karena Lactic Acid memiliki molekul yang lebih kecil dari Glycolic Acid, maka proses untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sedikit lebih lama. Lactic Acid merupakan salah satu jenis AHA yang memiliki sifat hidrasi, sehingga bisa menjaga kelembaban kulit.

Lactic Acid 4.5% dan Niacinamide saya temukan di list terdepat pada bagian ingredient, berati persentasenya lebih banyak ketimbang ingredient dibawahnya. Sedangkan Sodium Hyaluronate berada di deretan kedua paling akhir.

Tekstur Erha21 TruWhite Activator Body Moisturizer

Saya suka sama tekstur dari Body Moisturizer ini. Teksturnya mirip seperti gel dan lotion. Ketika diaplikasikan, mudah diratakan tanpa meninggalkan rasa lengket. Erha21 TruWhite Activator Body Moisturizer ini juga cepet meresap. Kulit terasa lembut seperti velvet dan terasa segar. Paling enak menggunakan Body Moisturizer ini selepas mandi, supaya kalau pagi hari mau bepergian, produknya tidak bertumpuk dengan sunscreen yang dipakai.


Erha21 TruWhite Activator Body Scrub


“...TruWhite Activator Body Scrub diperkaya dengan kandungan Niacinamide, D-panthenol dan Shea Butter yang secara nyata membantu mencerahkan warna kulit dan menjaga kelembapan kulit. Dengan butiran scrub lembut untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab kulit kusam serta dilengkapi dengan kandungan menthol yang memberikan rasa sejuk dan segar selama penggunaan...”

Sama seperti Body Mositurizer-nya, Erha21 TruWhite Activator Body Scrub ini juga mengandung Niacinamide. Tapi Niacinamide-nya berada di urutan tengah list ingredient, di atas dari Shea Butter.

D-panthenol adalah pro-Vitamin B5 yang bersifat sebagai humektan, karena mempunyai kemampuan menarik dan menahan kelembapan. D-Panthenol ini juga bekerja mengkuatkan barrier kulit terluar, dan memberikan nutrisi kepada kulit yang mampu melawan stressor dari lingkungan. Selain itu dia juga bersifat anti-aging, yang mampu meremajakan kulit dan merevitalisasi sel-sel kulit mati.


Tekstur Erha21 TruWhite Activator Body Scrub

Tesktur dari Body Scrub ini sedikit agak kental seperti lotion, dengan bulir scrub yang terasa lembut. Meskipun bulir scrub-nya lembut dan halus, tapi ketika digunakan untuk scrubing tetap terasa kasar. Bisa dikatakan Body Scrub ini adalah physical exfoliator, yang baiknya jangan digunakan setiap hari. Seperti yang tercantum di kemasannya, produk Body Scrub ini lebih dianjurkan untuk digunakan dua kali seminggu.

Pengalaman menggunakan Erha21 TruWhite Activator Body Scrub dan TruWhite Activator Body Misturizer


Erha21 TruWhite Activator Body Scrub ini sudah saya gunakan 4 kali. Saya mengaplikasikan Body Scrub ini dalam kondisi kulit yang kering sebelum mandi. Sebenernya di bagian kemasannya nggak ada keterangan apakah dia dipakai dalam kondisi kering atau basah. Tapi saya pakai ketika kondisi kering, supaya saya bisa segera membilasnya dengan air setelah selesai menggosokan keseluruh tubuh. Dan ketika saya pakai dalam kondisi kering, saya merasa bulir scrub-nya memang terasa lebih kasar. Mungkin yang punya kulit sensitif bisa menggunakannya dalam kondisi kulit sedikit agak basah, supaya rasanya tidak terlalu kasar.

Selama 4 kali pemakaian, saya memang belum melihat ada perubahan yang signifikan. Terutama di area kulit kaki saya yang belang. Masih nampak belang yang terlihat dan belum nampak pudar. Yang saya rasakan setiap kali selesai menggunakan Body Scrub ini, kulit terasa lebih ringan dan segar. Pasti temen-temen yang suka luluran tau banget deh sensasi kulit terasa ringan dan halus kalau selepas luluran. Nah itu juga yang saya rasakan selepas menggunakan Body Scrub ini.


Erha21 TruWhite Activator Body Moisturizer ini juga sudah saya pakai lebih dari seminggu sejak saya terima di akhir bulan lalu. Jadi tulisan ini bisa dikatakan first impression yak, karena memang baru semingguan pemakaian. Nah, yang saya rasakan ketika menggunakan moisturizer ini di kulit tubuh saya, kulit terasa lembab halus. Yang paling saya suka sih, moisturizer ini mudah meresap. Jadi nggak ada sensasi greasy setelah diaplikasikan ke kulit.

Mengenai hasilnya, sama seperti Body Scrub-nya, saya juga belum melihat perubahan tone yang signifikan. Karena memang tujuan saya pakai kedua produk ini bukan buat jadi pemutih kulit yak, tapi lebih ke memudarkan belang dan mengembalikan ke warna asli kulit saya. Sekaligus biar nggak nampak kusam dan kering. Kalau kering-nya, memang sudah teras berkurang dan nggak sekering pas nggak pakai apa-apa. Tapi sedikit saya notice, moisturizer ini lembabnya agak kurang bertahan lama. Entah kulit saya yang kelewat dehidrasi atau gimana. Tapi sepertinya menggunakan lebih dari dua kali sehari sepertinya bisa dicoba. Jadi ketika kulit terasa sudah mulai kering lagi, bisa diaplikasikan ulang. Apalagi yang aktifitasnya selalu di bawah AC.


Kesimpulan

Meskipun saya belum mendapatkan hasil yang saya inginkan, saya akan tetap menggunakan produk Erha21 TruWhite Activator Body Scrub dan TruWhite Activator Body Misturizer. Logikanya, ya memang baru dipakai semingguan, jadi ya memang belum begitu terlihat hasilnya. Seperti yang udah saya tulis juga di atas tadi, saya aja pakai serum Niacinamide 10% baru nampak hasilnya setelah 3 bulan pemakaian. Jadi saya akan coba telatenin lagi menggunakan dua produk ini. Semisal nanti ada sesuatu yang menarik lagi, saya akan update ceritanya di blogpost ini atau di instagram story @rahmabrilianita.


Oh iya, buat temen-temen yang ngeh-nya kalau Erha Skin, Hair, and Laser Expert ini adalah sebuah klinik dan pasti mikirnya repot kalau mau beli produknya, jangan khawatir. Karena sekarang Erha udah ada serangkaian produk yang bisa langsung dibeli di Erha Apothecary yang ada di mall-mall tanpa resep dokter. Tapi ya monmaap nih ye, semisal memang kondisinya membutuhkan penanganan khusus atau rasanya belum menemukan solusi sendiri, baiknya konsultasi aja ke dokter di Erha. Untuk detail lengkapnya bisa cek di bawah ini :

Website : www.erha.co.id
Instagram : @erha.dermatology

Nah itu tadi sedikit cerita dari saya seputar pengalaman menggunakan produk Erha21 TruWhite Activator selama semingguan ini. Terimakasih sudah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaat, dan semoga selalu bahagia.

Dadaaah.

You Might Also Like

14 komentar

  1. wah lengkap ya Erha sekarang baik dari segi pelayanan maupun produknya :) main ke Erha ah, kebetulan udah lama nggak ke Erha hahahaa :)

    ReplyDelete
  2. Selama ini ku cuma pakai varian erha yang untuk rambut dan wajah, ternyata ada untuk body nya juga. Banyak yang review bagus deh, jadi penasaran sama truwhite activator body moisturizer dan body scrub nya

    ReplyDelete
  3. Aku juga selama ini kalau pakai body scrub selalu pakai yg jar. Lebih praktis ya kalau kemasannya tube gini. :)

    ReplyDelete
  4. wah ternyta si erha punya white activator body scrub sma noisturizer ya, klo buat meratakn wrna kulit ato brightening emg g bisa instan/ wktu yg singkat ya , pling ga bru kliatan bbrp buln stlah pake , klo lgsunh putih mlah bahaya ��

    ReplyDelete
  5. Suka banget Scrubnya bikin betah mandi, wanginya enak, haha. Moisturizernya juga bikin kulit lebih moist, balikin kelembaban yang sempet ilang karena kurang dirawat.

    ReplyDelete
  6. Erha21 TruWhite Activator cocok untuk semua jenis kulit yaa, kak?
    AKu juga mulai kering niih...karena usia kali ya...
    Langsung excited waktu ada tulisan mengandung anti-aging.
    Naah...kayanya produk ini yang aku cari.

    ReplyDelete
  7. Duh baru tau nih kalau Erha sekarang punya produk bodycare juga.. kebetulan belum pernah coba produk nya Erha, kayaknya pengen coba body scrubnya deh..

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau Erha ada Body scrub dan moisturizernya, aku penasaran sama yg scrubnya, soalnya kulit tanganku juga suka belang

    ReplyDelete
  9. Area telapak kaki dan tangan sering belang karena lebih sering terkena paparan sinar matahari ya. Wah bisa nih ya diatas dengan produk ERHA ini

    ReplyDelete
  10. Iya sih kalau mengembalikan kulit yang belang itu sebulan dua bulan aja nggak cukup. Aku pernah loh, hanya seharian aja ngider di pantai, kulit kembali ke warna semula bisa sampe 6 bulan lebih heheee... Ga papa ya, yang penting kelembabannya terjaga pake ERHA ini meskipun diklaim tidak begitu lama proteksinya ya, harus aplikasi ulang kembali beberapa jam kemudian.

    ReplyDelete
  11. Selain wajah, badan juga perlu mendapatkan haknya berupa perawatan activator body moisturizer ini ya kak. Ak jd pengen segera beli nih, kebetulan body lotionku habis hehe

    ReplyDelete
  12. Wah Erha nih lengkap banget! Buat rambut ada. Buat muka ada. Buat badan juga ada ��

    ReplyDelete
  13. Hiyaaaa, sama banget nih kaki aku belaaang... Boleh juga dicoba nih biar kaki mulus halus lagi. Aku malah baru tahu lho kalau Erha punya juga produk body lotion

    ReplyDelete
  14. kaki aku juga nih belang parah, jadi pengen coba juga deh menarik banget deh

    ReplyDelete

Labels