Mencoba Serum Eksfoliasi dari Avoskin Miraculous Refining Serum ~ Review

Saturday, May 18, 2019

Assalamualaikum,

Puasa udah hampir memasuki pertengahan, gimana nih kondisi kulit temen-temen semua? Apakah jadi berubah kering mengelupas atau malah berminyak yang rasanya aneh?. Yha, saya ada di kedua kondisi itu. Kering dan berminyak yang terasa agak kurang nyaman. Alasannya sih emang karena kulit saya lagi dehidrasi selama beberapa hari ini. Ditambah asupan air yang saya sadari emang kurang banget. Hasilnya ya~ begini deh. Tapi biar nggak parah-parah banget, sleeping mask dan sheet mask dingin adalah salah satu solusyen hemat tanpa menganggu puasa yes. Selama puasa ini saya juga tetap menggunakan produk exfoliasi untuk kulit wajah. Alhamdulillahnya wajah nggak tambah kacau, cuma butuh lebih banyak hydrating produk.


Saya sekarang mau kasih cerita soal produk exfoliating dari brand lokal, yang saya pakai selama sebulanan lebih ini. Ini sebenernya lanjutan dari cerita soal ulasan saya seputar Avoskin Miraculous Refining Toner. Sebulanan lebih ini saya lagi nyobain Avoskin Miraculous Refining Serum-nya. Tepat setelah tanggal 5 April, paket serumnya sampai di rumah, malemnya saya langsung pakai. Sempet ada jeda lebih dari semingguan saya nggak pakai produknya dan bahkan produk skincare lainnya, karena saya masuk rumah sakit. Bener-bener wajah saya tuh nggak kesentuh sama skincare apapun, bahkan facial wash pun enggak. Yha gimana yha, namanya orang suakit je. Setelah saya pulang dari rumah sakit, wajah saya jadi kusam, komedo dimana-mana, dan pori tersumbat seperti jerawat batu di beberapa titik. Hew. Setelah itu, saya lanjut lagi pakai Avoskin Miraculous Refining Serum ini. Nah, gimana hasilnya? apa bisa balikin kondisi wajah saya?~ yuk simak sampai selesai.


Avoskin Miraculous Refining Serum

Netto : 30ml / Harga : Rp 219.00

Kemasan Avoskin Miraculous Refining Serum

Serum ini dikemas dengan warna senada dengan tonernya, ya namanya juga satu seri jadi pasti akan senada. Dikemas dalam botol kaca dengan tutup pipet, yang sangat memudahkan ketika ingin mengambil produknya. Botol kacanya kalau dipegang terasa kokoh, sama kokohnya kayak Avoskin PHTE yang ukuran kecil.


Semua informasi seputar produknya, mulai dari ingredient, klaim, aturan pakai dan kode produksinya lengkap tertulis di boxnya.



Tekstur Avoskin Miraculous Refining Serum

Tekstur Avoskin Miraculous Refining Serum ini kental dan berwarna putih. Ketika diaplikasikan, serum ini mudah banget untuk diratakan ke seluruh wajah, dan nggak begitu butuh waktu lama hingga dia bener-bener meresap di wajah saya. Biasanya sih, sambil saya kipas-kipasin juga. Soalnya kalo nggak buruan meresap, takut keburu ketempelan debu. Wih, gaya banget saya nih~ higienis gitu critanya Hahah. Oh ya, temen-temen tim yang suka mengaplikasikan pipet langsung ke wajah atau dituang ke tangan dulu?



Kalau saya lebih suka dituangkan ke tangan dulu. Soalnya kalau pipet serumnya ditempelin ke kulit wajah, takutnya jadi terkontaminasi. Apalagi si pipet kan akan kembali masuk ke botol serumnya. Wih, gaya sok higienis lagi saya tu. Tapi kalau mau langsung diaplikasikan ke wajah sih gapapa, asalkan ya tadi si batang atau ujung pipetnya kalau bisa ya jangan sampe nempel ke kulit. Ini sih saya doang kali ya, tapi ya namanya juga antisi pasi ya, ceu~

Pengalaman menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum

Kalau temen-temen sudah baca cerita saya soal Avoskin Miraculous Refining Toner, pasti tau kalau produk exfo tonernya ada kandungan AHA, BHA dan PHA sekaligus. Bedanya, di serumnya tidak ada PHA dan ada tambahan kandungan Ceramide. Avoskin Miraculous Refining Serum ini punya kandungan AHA sebesar 10% dan BHA sebesar 3%, Niacinamide 2% dan Ceramide. Kalau dilihat, persentase AHA dan BHA yang ada di serumnya memang lebih besar ketimbang yang ada di tonernya.


Di minggu pertama, tanggal 5 April, saya menggunakan serum ini setiap hari. Agak nekat memang, tapi di awal pemakaian itu saya tidak menggabungkannya dengan tonernya. Saya takut kalau jadi over exfoliasi. Pada awal pemakaian, saya nggak merasakan kulit yang cekit-cekit ketika diaplikasikan ke wajah. Beda ketika saya pakai tonernya dulu. Waktu saya pertama pakai tonernya, saya merasakan wajah saya cekit-cekit di minggu pertama. Mungkin karena kulit saya udah terbiasa menggunakan produk AHA dan BHA, dan saya juga udah pakai tonernya terlebih dulu, makanya kulitnya nggak begitu kaget.

Di minggu pertama, saya nggak merasakan kalau kulit saya menunjukan tanda-tanda breakout ataupun purging. Di area dekat bawah mata saya, memang sudah ada jerawat hormonal yang sedang matang-matangnya. Kala itu saya hanya butuh waktu kurang lebih 3 hari, hingga jerawatnya jadi kering dan tingal bekasnya aja. Kulit saya juga nggak kering dan tetap lembab, karena saya melanjutkan menggunakan hydrating toner setiap selesai menggunakan si serum ini.

Libur Pakai Skincare, Muka jadi Kusam

Masuk ke minggu kedua, dilalahnya, saya tu sakit dan masuk rumah sakit seperti yang saya ceritain tadi di atas. Tanggal 15 April sampai tanggal 23 April, blass saya tu nggak pakai skincare apa-apa. Yha namanya orang sakit nggak berdaya, mana sempet mikir skincare-an. Hasilnya, wajah saya jadi kusam, komedo dimana-mana, dehidrasi, berminyak parah, dan jerawat kecil di beberapa tempat. Yang saya ingat, di antara semua jerawat ini, ada satu yang bandel dan sampe meninggalkan bekas. Wajah saya jadi kusam karena ya kotoran, debu, sebum menumpuk, dan kulit mati, nggak bisa bersih secara maksimal karena wajah saya cuma dibasuh air biasa. Bahkan beberapa kali, wajah saya nggak dilap karena kondisi lagi demam panas. Karena setelah pulang dari rumah sakit waktu itu masih masa pemulihan, saya tuh jadi nggak mendokumentasikan kondisi wajah saya. Getun sekali saya tuw. Tapi kalo ditanya mau balik ke waktu itu lagi buat foto mau apa nggak, yhaa nggak mau lah :( sakit itu nggak enak. *monmaap, paragraf ini malah jadi curhat.


Setelah pulang dari rumah sakit, saya berkaca dan melihat kulit saya rasanya pengen minum semua skincare di meja AHAHAHA. Saya langsug rutin lagi pakai produk skincare yang jenisnya exfoliating dan hydrating. Saya bener-bener cuma pakai toner pad, Avoskin Miraculous Refining Serum, hydrating toner, dan moisturizer. Saya juga kadang lengkapin dengan sleeping mask. Dahlah, nggak sah kakehan produk yang dipakai, yang penting saya konsentrasi buat mengembalikan kondisi kulit saya dulu. Gitu pikir Barbara kala itu~.

Akhirnya jerawat mulai menghilang, wajah juga udah mulai kelihatan nggak kusam lagi, dan minyak jadi lebih terkontrol. Tapi di awal bulan Mei, saya merasa perlu mencoba menggabungkan pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner dan serumnya ini. Saya agak ragu sebenernya, soalnya beberapa teman cerita kalau dipakai barengan nanti jadi over exfo. Alhamdulillah, di saya tidak menunjukan tanda-tanda over exfo, dan hasilnya malah makin memuaskan. Dan inilah awal saya mulai jatuh hati sama serum Avoskin satu ini.

Komedo Hilang dalam Sekejap, Hidung Terasa Halus Lebih Lama

Tanggal 3 Mei saya mencoba produk baru yang fungsinya adalah untuk mengangkat komedo secara instan. Seperti biasa, komedo saya jadi bersih dan nggak terasa seperti hidung landak. Pada saat itu saya masih rutin menggunakan toner dan serum Avoskin ini secara bersamaan. Lama-kelamaan, sekitar tanggal 10 Mei, saya baru menyadari kok hidung saya masih bersih. Komedo di area hidung, dagu dan pipi kok tumben belum muncul lagi. Wah, masih halus. Beneran masih halus belum terasa seperti hidung landak. Sampe akhirnya tanggal 12 Mei saya bikin instastory seputar cerita saya soal komedo saya yang tiba-tiba nggak muncul lagi. Saking girangnya gitu loh Bund, makanya kita ni crita-crita ke rakjat maya.


Yang perlu di highlight, saya cuma pakai si pembersih komedo tadi satu kali di tanggal 3 dan setelahnya saya cuma pakai Avoskin Miraculous Refining Toner dan Serumnya, plus hydrating toner. Menariknya adalah, kedua combo toner dan serum ini mampu mempertahankan kondisi kulit wajah saya yang berpori besar ini dari masalah komedo. Asli deh, saya tu kalo sama komedo dah langganan banget. Makanya dulu-dulu saya selalu rajin ngebersihin komedo 1-2 kali seminggu pakai pore pack dan masker. Mantaplah pokoknya. Saya jadi kerajinan ngecekin hidung saya masih alus apa nggak T_T, masih dong sampe sekarang postingan ini terbit uhuhuh. Secinta itu. Yang saya rasakan setelah mengkombinasikan dua produk ini, kulit jadi terasa halus, kulit kusam mulai memudar, dan bekas jerewi juga memudar. Aw-aw, aw-aw. Syenang macam baru gajian.

Karena produk Avoskin Miraculous Refining Serum ini punya persentase AHA dan BHA yang cukup tinggi, maka wajib banget untuk menggunakan sunscreen saat beraktifitas di pagi dan siang hari. Supaya kulit terlindungi dari paparan sinar UV, karena meningkatnya sensitifitas kulit.

Kesimpulan

Saya awalnya cerita ke kak Fia kalau saya lebih suka tonernya ketimbang serumnya. Tapi ternyata, makin kesini saya malah jadi suka keduanya. Yha serumnya, dan juga tonernya. Bahkan ketika dipakai berbarengan, malah jadi duo combo yang magic buat kulit saya. Saya cukup puas sama hasilnya. Tapi, saya kurang merekomendasikan temen-temen untuk ikut mengkombinasikan penggunannya berbarengan. Karena reaksi setiap kulit bisa berebda-beda. Baiknya lakukan patch test terlebih dulu. Saya lebih merekomendasikan temen-temen yang lagi mulai pakai produk ekxfoliasi untuk coba dulu tonernya, baru serumnya. Ulasan saya soal tonernya ada di cerita Avoskin Miraculous Refining Toner. Kalau sudah merasa cocok sama tonernya, wajib deh cobain serumnya. Karena ini serum, ulala sekali~



Sekarang saya mau coba bandingkan klaim yang ada dikemasan dan reaksi yang saya alami langsung.

Mengeksfoliasi kulit
Eksfoliasi sendiri itu apa sih? Eksfoliasi adalah pengelupasan kulit. Lebih tepatnya pengelupasan sel kulit mati yang masih menempel di kulit, sehingga menghambat regenerasi sel baru dan membuat wajah terlihat kusam. Setelah saya coba pakai Avoskin Miraculous Refining Serum ini sebelum mengkombinasikan dengan tonernya, saya sudah merasakan hal tersebut. Kulit kusam saya mulai memudar dan terlihat lebih cerah dan halus. Kulit juga rasanya lebih ringan.

Mencerahkan warna kulit
Seperti yang saya bilang barusan, saya merasakan kulit terlihat lebih cerah. Apalagi ketika saya mengkombinasikan toner dan serumnya. Tapi saya tidak merasakan ada peningkatan tone warna kulit.

Memudarkan noda hitam di wajah
Saya memang merasakan noda bekas jerawat yang ada di awal pemakaian Avoskin Miraculous Refining Serum ini, perlahan memudar. Saat ini bekas jerawat tadi masih terlihat samar-samar. Masih ingat di review Avoskin Miraculous Refining Toner saya juga bilang kalau noda bekas jerawat saya memudar. Kala itu saya juga memaksimalkannya dengan pakai Avoskin Ultra Birghtening Cream sebagai spot treatment. Tapi ketika saya mencoba serum ini, saya nggak menggunakan UBC sebagai spot treatment di bekas jerawat saya, dan hasilnya sama-sama memudar. Berarti serumnya lebih ampuh untuk memudarkan bekas jerawat saya. Apalagi kalau kemarin saya kombinasikan dengan UBC-nya kali yak.

Meratakan warna kulit
Yap ! hasilnya masih sama seperti ketika saya pakai tonernya, keduanya yahut~

Mengecilkan pori-pori
Berkaitan dengan cerita magic soal komedo saya di atas tadi. Pori-pori di area hidung saya jadi terlihat lebih rapat daripada sebelumnya. Tapi untuk pori-pori area pipi, masih belum terlihat ada perubahan dan tetap terlihat besar. Hanya saja memang terlihat lebih bersih~ maklum pori-pori Barbara ni geda-geda macam rawa-rawa.



Melembabkan kulit
Hmmm, melembapkan atau tidak, saya kurang begitu menyadari sih ya. Yang pasti, saya tidak merasakan kulit saya berubah jadi kering ketika menggunakan serum ini. Ketika saya menggunakan toner dan serumnya berbarengan, saya juga tidak merasakan kulit saya jadi kering. Cuma memang beberapa hari ini, kulit saya jadi agak kering. Bisa jadi karena sedang berpuasa dan asupan air juga kurang banget. Tapi saya juga jadi mengurangi intensitas penggunaan serum ini, jadi dua hari sekali. Tujuannya biar kulit saya nggak tambah kering.

Sebenernya saya agak minder sam tulisan saya kali ini uhuhu, saya menuliskan ulasan ini secara kronologis. Kalau mau ulasan yang lebih mendalam seputar ingredientnya juga, saya merekomendasikan blog Mia dari Insommia yang dulu pernah saya kenalkan juga ke temen-temen lewat blogpost belajar ingredient produk bareng Insommia. Nah, silahkan temen-temen yang mau lebih banyak lagi bisa ke blog Mia yang juga membahas soal Avoskin Miraculous Refining Serum ini.


Oh ya, berhubung saya udah mencoba beberapa produk Avoskin, saya jadi kepikiran buat bikin blogpost tentang produk Avoskin mana aja yang recomended menurut saya. Soalnya dari sedekian banyak produk Avo yang saya coba, ada banyak yang saya suka dan ada juga yang biasa aja di kulit saya. Jadi tungguin yak. 

Instagram : @AvoskinBeauty

Nah itu tadi cerita saya soal produk exfoliating dari brand lokal dalam bentuk serum. Semoga cerita saya bisa jadi referensi buat temen-temen semua. Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia.

Dadah.

You Might Also Like

18 komentar

  1. iri sama hidungnya Rahma :( bersih bebas komedo dan ga ada pori2nya hiks pori2ku segede kawah gunung merapi soalnya

    ReplyDelete
  2. Kulit kusam bisa memudar dan kulit jadi lebih lembab tuh goals banget ya beb. Yang penting kulit tetap sehat dan terawat gitu. Aku belum pernah cobain Avoskin nih. Jadi penasaran setelah tahu hasilnya di kamu, beb.

    ReplyDelete
  3. Yah seminggu di rumkit tak tersentuh skincare langsung ya mba semua berasa pada nempel, kebayang da pasti ga enak pisan liat wajahnya hehee

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah udah sembuh ya, say. Untung langsung nemu jodohnya wajah biar bisa terhidrasi lagi.

    ReplyDelete
  5. Sebagus itu ya ternyata si duo Avoskin ini. Harganya lumayan pricey sih menurutku, tapi setelah baca ini worth the price ya. Kualitasnya ok banget.

    ReplyDelete
  6. Kulitnya jadi kelihatan lebih cerah dan mulus banget yah beb setelah pake produk serum dari Avoskin. Emang kalau udah cocok pasti bekerja dengan baik di kulitnya.. btw harganya lumayan juga yah beb..

    ReplyDelete
  7. Ngefek di pori2 ama komedo ya di kamu Rahma. Kalau aku lebih ke tekstur wajah nih hehe skrg lagi pakai juga, moga aja bisa ngefek ke pori2 gt

    ReplyDelete
  8. I feel you, omg ku juga pernah begitu bebh.. kalo sakit boro boro inget skincare, makan aja ga nepsyong. Tapi pas sehat langsung geber pakai avoskin biar kinclong lagi

    ReplyDelete
  9. Aku pernah coba produk ini dan emang enak dipakainya, jerawat jadi cepat kering dan bekasnya lumayan memudar..

    ReplyDelete
  10. Udah dari kapan tau pengen nyobain avo skin produk yang ini, this time kudu mesti asap nyobain :)

    ReplyDelete
  11. Aih aku juga berpori-pori gede mba dan satu sisi juga komedoan. Sedih kan. Kayaknya aku harus nyoba serum ini deh :)

    ReplyDelete
  12. Aku baru tau kalau fungsi serum juga bisa sebagai exfoliator.
    Karena selama ini, aku pikir hanya untuk mengencangkan, memudarkan kerutan dan memudarkan dark spot.
    Tapi aku lagi cari-cari serum niih...serumku yang lama uda mau habis.

    ReplyDelete
  13. Aku juga pakai exfoliating serum ini.. Suka banget sama hasilnya di kulitku.. Jadi glowing gitu pas paginya.. :D Semoga bekas jerawatku bisa makin cepat memudar dengan serum ini..

    ReplyDelete
  14. Awalnya perih gak beb? Trus pemakaian berapa lama bisa terasa hasilnya?

    ReplyDelete
  15. Boleh dicoba nih kakak serumnya bagus sepertinya. Tp harganya lumayan juga ya 200kan

    ReplyDelete
  16. Sudah banyak sekali ya yang mereview produk avoskin ini jadi penasaran sama serum avoskin ini

    ReplyDelete
  17. jadi beneran kepengen beli nih. ku udh pake tonernya dan suka ternyata. emng bagusbagus ya avoskin inii

    ReplyDelete
  18. Penasaran penasaran.. Abis lebaran cuss order ahhj, pngen buktiin nih soalnya aku jg punya dungdak alias hidung landak

    ReplyDelete

Labels