Althea Pore Purifying Serum Cleanser ~ Review

Tuesday, January 29, 2019

Assalamualaikum,

Dari bulan Desember kemarin, saya tuh mau lanjut menuliskan review beberapa micellar water baru yang saya punya. Tapi yang terjadi malah udah sekitar satu bulan ini, saya lagi berhenti pakai micellar water. Bukan, saya bukan jadi geng anti micellar water. Saya cuma lagi mencoba produk baru, yang beneran baru ini saya coba cleanser model begini. Sebenernya saya belum pernah mencoba yang namanya cleansing oil. Bahkan belum tertarik, karena kurang suka sama “klinyit”-nya. Tapi bukan berati kedepannya saya nggak mungkin coba cleansing oil loh. Malahan produk pembersih wajah saya yang baru ini punya tekstur yang mirip sama cleansing oil. Bahkan beberapa temen saya menyebutnya, “ini sih emang cleansing oil”. Tapi, menurut saya ini agak sedikit beda sih kalo disebutnya cleansing oil, hmmm. Yuk kita coba petani sama-sama~


Althea Pore Purifying Serum Cleanser

Netto 150ml / Rp 120.000
Beli di Althea

Kemasan Althea Pore Purifying Serum Cleanser

Dikemas dalam botol bening berwarna biru. Saya sendiri suka sih sama kemasannya yang terlihat slim dan ringkes kalo dibawa-bawa. Sebenernya kemasannya tuh kayaknya udah lengkap sama keterangan produknya, tapi tulisannya nggak kebaca sama saya. Yah, berhubung ini produk eksklusif dari Althea yang berasal dari Korea, ya tulisan keterangan produknya juga pake bahasa Korea.


Ingredient Althea Pore Purifying Serum Cleanser
Water, Peg-7 Glyceryl Cocoate, Cyclomethicone, Isononyl Isononanoate, Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Mentha Arvensis Leaf Extract, Glycerin, Citric Acid, Hydroxyacetophenone, Disodium Edta, Ethylhexylglycerin, Sodium Citrate, Butylene Glycol, Fragrance
Tekstur dan Aroma Althea Pore Purifying Serum Cleanser

Teksturnya tuh kalo sekilas emang kayak minyak dan sedikit menyerupai kayak cleansing oil. Tapi ketika udah dituang di telapak tangan, teksturnya cukup encer dan nggak sepekat cleansing oil. Kalau dilihat dari komposisinya, memang Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini bukan cleansing oil. Tapi lebih seperti cleanser yang teksturnya kental seperti serum. Sama seperti yang ada di kemasan produknya, cleanser ini disebutnya serum cleanser. Hmmm, unik ya.


Kalau saya baca lagi, alasan kenapa ketika digunakan untuk membersihkan wajah rasanya agak mirip dengan cleansing oil, mungkin karena di dalam cleanser ini ada kandungan minyak biji jojoba. 



Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini punya aroma yang cukup segar di hidung. Tapi nggak perlu khawatir kalau nggak suka wewangian, wanginya nggak begitu menusuk kok. Malah terasa segar rasanya kalau semisal setelah beraktivitas seharian dan langsung membersihkan wajah pakai cleanser ini. Tapi kalau kamu alergi sama fragrance, ya produk ini emang mengandung fragrance di urutan ingredient paling akhirnya. Jadi mungkin perlu hati-hati.

Cara pakai Althea Pore Purifying Serum Cleanser

Awalnya ketika produk ini sampai ke rumah, saya sempet bingung cara pakai cleanser ini. Awalnya saya pakai Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini layaknya menggunakan makeup remover lainnya. Saya tuang ke tangan, lalu usap dan pijat ke wajah. Setelah itu saya angkat sisa makeup tadi menggunakan kapas. Nah, pas saya pakai cara itu makeup yang terangkat kurang begitu maksimal. Bisa bersih, tapi butuh beberapa kali hapus. Kalau untuk daily makeup yang tipis, nampaknya udah cukup.

Ya maklum ya, dikemasan botolnya ini tulisannya pakai bahasa Korea semua. Jadi saya agak sedikit tersesat, meskipun tidak salah juga dipakai dengan cara tadi.

Kemudian saya coba baca cara pemakaian yang ada di aplikasi Althea. Ternyata cara pakainya tuh ada dua, pertama basahi wajah dulu menggunakan air. Lalu tuangan cleanser ini ke tangan dan aplikasikan ke wajah sambil dipijat. Kemudian bilas dengan air. Bisa juga diaplikasikan tanpa membasahi wajah dengan air dulu. Saya sih biasanya nggak perlu basahi wajah dengan air, langsung aja tuang ke tangan dan aplikasikan serum cleanser ini ke wajah. Saya lebih suka membilas Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini menggunakan air dan dilanjut menggunakan facial wash saya yang biasanya. Kalau saya bilas atau saya bersihkan menggunakan kapas, rasanya agak kurang puas dan malah jadi boros kapas.

Tentang Althea Pore Purifying Serum Cleanser

Saya akan tuliskan beberapa klaim yang diberikan Althea Pore Purifying Cleanser yang ada di website.

Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini adalah pembersih wajah dengan mengkombinasikan air dan minyak untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran secara lebih dalam. Selain itu, cleanser ini mempunyai pH 5.5~6.5, sehingga kulit tetap terasa sehat.
  • Ekstrak daun mint - Membantu menyejukan kulit dan mengurangi isritasi. Ektrak daun mint juga membantu membersihkan sel kulit mati secara lebih dalam.
  • Minyak biji jojoba - Melembabkan kulit kering dan kulit tidak merasa berat setelah digunakan.
  • Ekstrak daun dari pohon teh - Memiliki sifat antibakteri yang membersihkan kulit sekaligus merawat jerawat.


Wajah terasa lembap setelah menggunakan Althea Pore Purifying Serum Cleanser

Sudah sebulan lebih saya mencoba produk eksklusif Althea satu ini. Saya juga udah mencoba beberapa cara sampai bisa menemukan cara pemakaian yang ternyaman menurut saya. Seperti yang udah saya tulis di cara pemakaian di atas tadi, saya lebih suka mengaplikasikan langsung ke wajah dan dibilas langsung menggunakan air ketimbang kapas. Selain lebih praktis, wajah juga tetap terasa lembab dan lebih bersih. Saya udah coba bandingkan antara membilas dengan air atau dengan kapas, hasilnya lebih bersih ketika dibilas dengan air. Residu makeup yang tersisa masih terlihat ketika diangkat menggunakan kapas.

Lanjot! Daya ngebersihinnya gimana tuh? Buat makeup sehari-hari, Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini menurut saya udah lebih dari cukup. Bisa mengangkat makeup dari foundation, powder, eyeliner, eyeshadow, dan lipcream matte. Kalau untuk mascara yang waterproof, cleanser ini agaknya butuh sedikit usaha buat bisa ngebersihin mascara sampe bener-bener bersih. Jadi si bulu matanya agak didiemin sambil diusap-usap pakai cleanser ini. Mungkin karena ada kandungan jojoba oil dan teksturnya mirip cleansing oil,  makanya dia ini cukup ampuh buat membersihkan makeup.


Untuk heavy makeup kayak habis di-makeupin wedding atau bridesmaid, Althea Pore Purifying Serum Cleanser butuh jumlah yang lebih banyak supaya makeup-nya bisa bener-bener bersih. Kebetulan Desember kemarin ini, saya makeup yang cukup heavy untuk pernikahan kakak saya. Berhubung nggak dandan sendiri alias pakai MUA, complexion-nya bener-bener heavy menurut saya. Pas saya coba bersihin pakai Althea Pore Purifying Serum Cleanser, saya butuh dua kali apply sampai wajah saya bisa bersih dari makeup.

Sedikit catatan, Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini membuat mata saya agak pedih ketika saya aplikasikan ke kelopak mata. Kalau produknya ada yang masuk ke mata, mata jadi terasa pedih. Jadi harus bener-bener merem, supaya produknya nggak masuk ke mata. Tapi kemarin saya coba membersihkan makeup mata menggunakan cleanser ini, tapi saya angkat pakai kapas. Hasilnya malah nggak pedih. Jadi kayaknya proses membersihkan makeup mata, lebih baik dipisah atau menggunakan produk eyemakeup remover khusus.

Selain itu, kalau agak terjilat atau masuk ke mulut, cleanser ini juga terasa agak pahit yang cukup menganggu. Jadi, koentji supaya proses membersihkan makeup terasa aman dan nyaman adalah MINGKEM dan MEREM. Yes~

Lalu gimana reaksinya ke wajah? Apakah bikin jerawat atau kering?

Nampaknya nggak! Wajah saya tetap terasa lembab dan kenyal setelah menggunakan cleanser ini. Tidak ada tanda-tanda yang menunjukan kalau wajah saya tidak cocok. Jerawat juga aman, cuma jerawat hormonal. Meskipun di skincarisma, Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini mengandung ingredient yang termasuk dalam comedogenic, komedo di wajah saya masih normal dan tidak membabi buta. Di minggu keempat pemakaian, memang wajah saya menunjukan seperti ada pore clogged. Tapi setelah saya amat-amati, hal itu terjadi karena produk lain yang baru banget saya coba di minggu keempat tadi. Sekarang, masih saya coba observasi sih. Nanti akan saya update lagi kalo ada sesuatu~


Saya sendiri cukup suka sama Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini karena ya ...., nggak tau sih, nggak ada alasan istimewa. Tapi, selama sebulan pemakaian ini, saya cukup nyaman dan masih pengen lanjut menggunakan cleanser ini. Cleanser ini sekarang posisinya ada di kamar mandi saya, bareng sama produk pemebersih badan saya. Jadi biar lebih cepat dan praktis ketika membersihkan wajah. Step pertama saya bersihkan wajah pakai Althea Pore Purifying Serum Cleanser, lalu dibilas dengan air. Step kedua, saya lanjutkan dengan membersihkan wajah pakai facial wash saya yang biasanya. Rasa-rasanya, saya akan menghabiskan satu botol cleanser ini dulu deh. Baru setelah itu saya akan putuskan akan repurchase atau tidak. Sejauh ini, alhamdulillah wajah saya masih aman.

Nah, itu tadi cerita saya bareng sama Althea Pore Purifying Serum Cleanser. Semoga cerita kali ini bisa jadi referensi buat temen-temen yang lagi nyari produk pembersih wajah yang praktis. Terimakasih suadh membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia.

Dadah.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Anjaaaayyy foto2 kamuh makin oke yhaaa sistuuur. Btw aku rada ga suka sama remover yang kerasa pait di mulut. Tapi kalo hasilnya kayak gitu, worth to buy deh kayanya

    ReplyDelete
  2. maaaaa, kok foto kamu makin kece siii, clean gitu, pake kamera apa ihh

    ReplyDelete

Labels