Exfoliating Toner dari Brand Lokal, Avoskin Miraculous Refining Toner ~ Review

Friday, January 25, 2019

Assalamualaikum,

Masih inget banget beberapa tahun lalu saat saya masih buta banget sama yang namanya skincare, saya paling takut kalo ketemu skincare yang mengandung AHA. Takut dibagian purging-nya, padahal ngincer banget sama efek cerahnya. Yap, kalo nggak salah itu awal kuliah. Baru mulai ngeblog dan baru kenalan sama skincare, tapi malas research soal begitu-gituannya. Cuma coba-coba berdasarkan rekomendasi temen dan review blog, yang saat itu pembahasannya belum begitu mendalam. Ketemu produk yang mengandung AHA 2% was-wasnya udah kayak ketemu calon imam. Eh sekarang malah nagih pengen coba AHA yang konsentrasinya lebih tinggi. Ahaha. Tuman!

Beberapa tahun kemudian, saya mulai melek sama skincare dan mulai ketagihan buat cari tahu lebih banyak soal kandungan skincare. Ya mulai dari baca forum Female Daily, nontonin video kak Affi Asegaf, bacain forum “orang pinter” skincare di grup Facebook, dan banyak lagi. Saat itu, saya mulai tertarik sama rangkaian skincare yang namanya exfolating. Saya jadi berkobar-kobar buat nyari produk exfoliating toner dari brand lokal. Saat itu minim banget brand lokal yang mengeluarkan produk itu. Ada memang beberapa brand, tapi waktu itu saya agak nggak paham kandungannya dan belum banyak yang review. Kalo produk physical exfoliating macam peeling scrub dan produk scrub lainnya, emang udah banyak sih. Tapi waktu itu saya lagi kepengen banget nyoba yang jenisnya chemical. Saat itu adanya produk dari brand luar, yang mana saat itu saya masih berkantong anak kulyah yang kembang kempis. Jadi ya nggak jajan yang dari begituan.


Tapi makin kesini, saya makin seneng karena banyak brand lokal baik brand besar ataupun brand indie yang mengeluarkan produk exfoliasi. Salah satu brand yang saya maksud adalah Avoskin Beauty. Kalau temen-temen masih ingat, sekitar bulan Oktober tahun lalu saya dateng ke acara launching produk terbaru Avoskin yang namanya Miraculous Refining Toner dan Serum. Kedua produk tersebut adalah skincare yang dibuat untuk membantu proses exfoliasi kulit dalam bentuk serum dan toner. Ada kandungan AHA, BHA, PHA sebagai agen exfoliasi, dan ada juga kandungan Niacinamide, Tea Tree, Witch Hazel, serta Aloe Vera. Sejak awal saya baca product knowledge-nya pas acara launching kemarin itu, saya sudah tertarik buat mencoba kedua produk ini. Alhamdulillah-nya, saya diberi tantangan oleh Avoskin, untuk mencoba produk Miraculous Refining Toner ini selama 4 minggu. Bukan cuma sekedar mencoba aja, saya juga akan kasih lihat gimana kulit saya setiap meinggunya selama mencoba toner ini.

Avoskin Miraculous Refining Toner

Netto : 100ml/ Harga Rp 169.000

Miraculous Refining Toner ini dikemas dalam botol dengan lubang yang kecil, sehingga memudahkan kita ketika menuangkan produknya. Nggak kakehan gitu maksud saya. Entah apa dan bagaimana kondisi mata saya, tapi menurut saya warna dari kemasan Miraculous Refining Toner ini adalah coklat. Coklat seperti coklat permen kopiko. Tapi kemarin di stories Mbak Arum, katanya ini warna ungu seperti buah juwet, Hahah. 


Dilengkapi dengan box yang sudah sangat lengkap dengan semua informasi produk seperti, ingredient, klaim produk, cara penggunaan, dan kode produksi lainnya.

Kandungan Miraculous Refining Toner

Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Exctract, Hamamelis Virginiana (witch Hazel) Leaf Extract, Niacinamide, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamatic Acid.

Tentang Produknya

Sebelum saya cerita soal pengalaman saya pakai Miraculous Refining Toner ini, saya akan sedikit cerita soal beberapa klaim menarik yang dikasih sama produk ini. Abis itu, baru deh kita coba bandingkan klaimnya dengan hasil pengalaman saya pakai produk toner ini selama satu bulan.

Miraculous Refining Toner ini mengandung agen eksfoliasi seperti AHA, BHA da, PHA dengan persentase 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA. Kalau dilihat dari list kandungan yang ada di toner ini, saya lihat memang ada AHA - Glycolic Acid, PHA - Gluconolactone, dan BHA yang persentasenya 1 % - Salicylic Acid. Yang menarik buat saya, ini adalah produk pertama yang saya coba, yang mengandung PHA. Kemudian saya coba untuk membaca-baca seputar Polyhydroxy Acid ini di beberapa artikel.

Kalau secara garis besar, AHA ini merupakan agen eksfoliasi yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Sehingga kulit terlihat lebih cerah. selain itu, AHA juga membuat kulit terasa lebih kencang dan lebih lembab, sehingga cocok untuk kulit kering. Sedangkan BHA lebih cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sama seperti AHA, BHA juga mampu meluruhkan sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit. Salicylic Acid, juga merupakan aktif yang bersifat sebagai anti inflamasi sehingga bisa merawat jerawat.


Ternyata PHA ini ibaratnya adalah next generation dari AHA dalam skincare. Bedanya, PHA ini lebih minim iritasi. Berdasarkan jurnal yang saya baca, PHA ini juga tidak terlalu meningkatkan sensitifitas kulit terhadap matahari. Tapi memang efek dari PHA ini lebih lama terlihat, karena molekulnya yang lebih besar dan proses penetrasinya lebih lama. Selain sebagai agen eksfoliasi, PHA ternyata juga berfungsi sebagai humektan dan moisturizer, sehingga cocok untuk kulit kering.

Selain kandungan di atas tadi, Miraculous Refining Toner juga mengandung 2% Niacinamide, 2% Tea Tree, Witch Hazel, Aloe Vera dan Raspberry. Dari deretan kandungan yang saya sebutkan barusan, saya paling tertarik sama Niacinamide-nya. Sebelumnya saya pernah menggunakan produk Niacinamide, dan saya benar-benar merasakan hasilnya. Niacinamide ini mampu membuat kulit terlihat lebih cerah, memudarkan noda di wajah, dan mengontrol produksi sebum. Selain itu, saya juga cek di skincarisma, ternyata Niacinamide ini juga mempunyai fungsi sebagai anti-aging. Hmm, makin suka saya kandungan ini.

Seperti yang saya bilang, kalau saya juga cek ke website skincarisma buat cek kandungan yang ada di Miraculous Refining Toner ini apakah aman untuk jenis kulit saya atau nggak. Ternyata hasilnya cukup aman untuk kulit saya yang kombinasi ini. Untuk lebih detailnya bisa cek langsung ke web skincarisma yang sudah saya masukan list ingredient Avoskin Miraculous Refining Toner ini.

Klaim Miraculous Refining Toner

Produk exfoliating toner dari Avoskin Miraculous Refining Toner ini mengandung tiga jenis acid yang berfungsi sebagai chemical peeling,  yang dapat :
  • Mengeksfoliasi kulit
  • Mencerahkan warna kulit
  • Memudarkan noda hitam di wajah
  • Meratakan warna kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Melembabkan kulit

Produk ini juga mengandung Niacinamide, Tea Tree, Witch Hazel, Aloe Vera, dan Raspberry, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan tetap lembab.

Produk ini juga cruelty free and no animal testing, tidak mengandung parfum, tidak mengandung paraben, dan cocok juga digunakan untuk kulit yang mudah berjerawat (acne prone).

Cara pakai Miraculous Refining Toner
  • Saat awal penggunaan, jangan lupa untuk melakukan patch test di area belakang telinga atau pinggir pipi untuk cek apakah kamu ada alergi atau tidak dengan kandungan yang ada di produk ini.
  • Gunakan Miraculous Refining Toner ini tiga kali seminggu, di minggu pertama pemakaian. Setelah kulit mulai terbiasa dengan toner ini, kamu bisa gunakan setiap hari di malam hari.
  • Setelah membarsihkan wajah, aplikasikan Miraculous Refining Toner ini menggunakan kapas. Tuang toner secukupnya pada kapas, lalu aplikasikan ke wajah dari tengah wajah ke arah luar wajah dengan gerakan ke atas. Biarkan hingga produk terserap ke kulit wajah.
  • Jangan lupa gunakan hydrating toner setelah menggunakan exfoliating toner, supaya kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya.
  • Jangan lupa gunakan sunscreen sebelum mulai beraktifitas di pagi dan siang hari, karena kandungan AHA dan BHA yang ada di dalam toner ini dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. 


Tekstur dan Aroma Miraculous Refining Toner
Aroma Miraculous Refining Toner ini ketika dibuka, tercium seperti aroma obat. Bahkan Depik, menyebutnya kayak aroma betadine. Aromanya nggak begitu strong kok, lama-kelamaan aromanya nggak tercium lagi. Buat yang concern sama kandungan parfum di produk skincare, jangan khawatir. Karena toner ini nggak mengandung fragrance.


Toner dengan tekstur yang cair seperti air, mudah meresap ketika diaplikasikan ke wajah. Cukup menunggu beberapa menit aja sambil sedikit dikipas-kipasin.

4 Weeks Challenge With Miraculous Refining Toner


Di minggu pertama pemakaian, saya menggunakan toner ini kurang lebih 3 atau 4 kali seminggu gitu. Ketika pertama kali pemakaian, kulit saya terasa sedikit cekit-cekit terutama di area dekat sekitaran mata. Memang area itu agak sensitif, makanya hindari area sekitaran mata. Saat itu kondisi wajah saya lagi bener-bener sehat, sedang tidak berjerawat dan kulit juga lembab terhidrasi dengan cukup. Saya mengkombinasi penggunaan Miraculous Refining Toner ini dengan Avoskin PHTE, supaya kulit saya tetap lembab. Pada pagi harinya kulit saya tidak menunjukan tanda-tanda kulit kering. Kulit saya tetap lembab dan tidak menunjukan tanda-tanda purging.

Di minggu kedua saya sudah mulai menggunakan toner ini setiap hari. Karena saya merasa kurang puas kalau pemakaiannya seminggu tiga kali. Di pemakaian minggu kedua ini, saya kadang masih merasakan kulit saya agak cekit-cekit di beberapa area. Terutama di area kulit wajah saya yang berpori besar. Di pertengahan minggu kedua juga, kebetulan saya tuh pergi ke pantai dan saya memutuskan menggunakan sunscreen dengan spf yang cukup tinggi. Sepulang dari pantai, entah kenapa saya merasa wajah saya jadi kusam dan saya mendapati kulit saya ada clogged pore TT_TT. Saya terlalu kesal dan sebal, sehingga tangan granteli saya ini mencet dan berusaha mengeluarkan pori yang tersumbat seperti komedo besar itu. Hasilnya malah jadi ngebekas dan menggelap. Huff, nyesel saya tuh. Akhirnya di malam hari, saya juga menggunakan Avoskin Ultra Brightening Cream sebagai spot treatment di noda hitam kulit saya tadi.

Masuk minggu ketiga pemakaian Miraculous Refining Toner, kulit saya menunjukan perbaikan. Noda hitam di bagian samping bibir mulai memudar. Wajah saya yang kusam setelah pulang dari pantai juga mulai terlihat sedikit membaik. Selain menggunakan Miraculous Refining Toner ini, saya juga menggunakan masker clay yang biasa saya pakai untuk membersihkan komedo. Ketika saya menggunakan Miraculous Refining Toner ini, komedo di wajah saya tetap normal. Tidak ada perbedaan seperti misalnya, trus jadi nggak komedoan gitu, sayangnya nggak. Penumpukan sebum yang menjadi komedo di area hidung saya tetap normal, ya kayak biasanya. Makanya saya tetep rutin maskeran pake clay mask, buat angkat komedo dan komedowati saya.

Minggu ke-empat, tepat saat blogpost ini tayang. Entah karena sugesti atau apa ya, saya merasa wajah saya agak cerahan hihihi. Dulu tuh, saya paling sering keluar rumah cuma pakai loose powder atau kadang tinted mositurizer. Trus pas sepulang dari pantai kemarin, pas wajah saya agak kusyam, saya jadi nggak pede keluar rumah cuma pake bedak, HAHAHAH. Berasa klumus, blum mandi!. Tapi di minggu ke-empat ini, kepercayaan diri saya udah kembali. Wajah kusyam sudah mulai hilang. Saya kembali percaya diri bepergian cuma menggunakan loose powder, tanpa complexion yang terlalu heavy. Padahal kalo saya lihat di foto before-after, ya kayaknya sama aja sih. Tapi kalo pas udah berkaca, rasanya ya emang beda. Memang belum ada peningkatan tone wajah, tapi saya udah merasa puas dengan wajah yang terlihat lebih segar dan tidak kusam.

Rangkuman Hasil Pemakaian Selama 4 Minggu,

Miraculous Refining Toner ini biasanya saya pakai sebelum memulai rangkaian skincare lainnya, setelah wajah dibersihkan. Wajah saya tidak menunjukan tanda-tanda breakout dan juga purging ketika menggunakan exfoliating toner Avoskin ini. Wajah saya juga tetap terasa lembab, karena saya mengkombinasikan penggunaan toner ini dengan Avoskin PHTE. Noda hitam bekas jerawat yang saya pencet nackal, mulai memudar di pemakaian minggu ketiga. Buat hasil yang lebih maksimal, saya juga mengaplikasikan Avoskin UBC sebagai spot treatment di noda hitam tadi. Wajah kusam saya juga mulai memudar dan terlihat lebih cerah. Memang tidak ada peningkatan tone kulit wajah yang signifikan, tapi kusamnya hilang aja saya udah senang. Saya jadi penasaran sama serumnya deh, melihat hasil dari tonernya yang cukup membuat saya puas.

Sejauh ini, saya sih belum melihat adanya perubahan ukuran pori-pori di wajah saya. Komedo hasil penumpukan sebum juga tetap ada. Seminggu sekali saya tetap membersihkan komedo.


Sejauh ini saya cukup suka sama exfoliating toner dari brand lokal satu ini. Selain itu, menurut saya harganya ini sangat murah Rp 169.000 untuk 100ml. Sebulan pemakaian ini saya sudah menghabiskan sekitar 1/3 botol. Soalnya, kadang saya suka kebanyakan nuanginnya. Jadi kemungkinan satu botol ini bisa digunakan 3 sampai 4 bulan, bahkan lebih. PAO-nya sendiri 12 bulan, jadi jangan gunakan kalau sudah dibuka lebih atau sudah 12 bulan.

Kalau temen-temen mau mencoba produk Avoskin Miraculous Refining Toner ini, bisa langsung ke website Official Avostore dari Avoskin. Bisa juga cek di Instagram @avoskinbeauty buat tau lebih detilnya. Menurut saya, persentase dari acid toner ini bisa juga digunakan untuk yang lagi coba-coba skincare exfoliating toner. Soalnya, persentasenya masih rendah. Untuk pemula, bisa gunakan seminggu 3 kali aja.

Nah itu aja cerita saya kali ini. Kalau nanti ada update lagi seputar reaksi produk ini di wajah saya, nanti akan saya update di sini. Buat update yang lebih cepat, mungkin bisa follow instagram saya @rahmabrilianita hihihi

Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia :)

Dadah.

You Might Also Like

27 komentar

  1. Wah sebetulnya sy trmask org yg mls dandan.. Plg full itu sunblock..bedak.. Lipstick dan eyeliner.. Tp liat hasilnya mba kynya ckp ampuh yah ? Soalnya wjh sy sensitif bgt. Kl pk swsuatu psti merah merekah.. Jd sk bingung.. Maaf kebanyakan coment yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosss, aslinya aku juga gitu kok mbak. Sehari-hari cuma pakai moisturizer, sunblock sama powder dan dilengkapin sama gincu pink tentunya hihih

      Delete
  2. Coba pakai serumnya juga deh hasilnya lebih nampol. Aku amazed banget sama kulitku yg lebih glowing dan keliatan sehat putihnya ngak maksa gitu. Duhh...lopppeee banget deh produk ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaahh udah baca beberapa review serumnya, jadi kepengen nih. Tapi aku mau nungguin ada promo bundling wkwkwk

      Delete
  3. Wah ku suka nih review avoskin krn lagi mau coba, kulitku kering juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo kulit aku kondisinya kombinasi berminyak :D

      Delete
  4. foto week 4 sumringah ya ma hahahaa hasilnya keliatan soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukaa sama efek yang terlihat kalo p[as bangun pagi :D

      Delete
    2. cobain serumnya ma, lebih mantul lagi hahahaa aku pertama cobain serum, sekarang lagi cobain tonernya

      Delete
  5. Avoskin ini udah banyak review nya dan memang bagus. Aku malah wajib toner kak karena kulit aku kering banget.

    ReplyDelete
  6. kenapasih produk avoskin ini membuat ku ingin mencoba nya..
    bagus-bagus banget sih produknya ya kak..
    penasaran banget sih pengen coba semua produk avoskin huhu

    ReplyDelete
  7. Widiih sekarang udah melek skincare yaa haha.. btw aku udh coba serum nya. Dan suka banget. Skrg baca blog kamu yg toner jadi penasaran pengen cobain toner nya jg. Siapa tau klo di combo sama serum lebih mantul ya hasil nya.

    ReplyDelete
  8. Mba, aku mengalami pori-pori wajah yang kliatan makin membesar dan ini membuat aku nggak nyaman :(. Mau nyoba ah biar kliatan makin cerah wajahku :)

    ReplyDelete
  9. glowing bangeeeeet beb aku jd penasaran pengen cobain produknya ih . aslik nih penasaran banget

    ReplyDelete
  10. result exfoliating tonernya bikin aku penasaran pengen coba juga, apalagi aku prnah coba fte nya dan lumayan cocok

    ReplyDelete
  11. aku baru coba yang serumnya sih Rahma hehe kalau untuk tonernya ini mengandung PHA ya, ga terlalu sensitif gitu sama cahaya matahari ya

    ReplyDelete
  12. Ini tonernya lumayan juaraaa ya mba.. aku baca banyak review yg bagus. Aku jadi penasaran pengen coba

    ReplyDelete
  13. Aku udh cobain toner ini kemarin dan beneran nampol banget buat ngeringin jerawat.. Efek exfoliatenya berasaa, wlaupun ad tingling sensation but tetep suka karena semagic itu hehe

    ReplyDelete
  14. waaah, aku juga nih lagi nyobain avoskin karena banyak banget yang pake akhirnya jadi penasaran pengen cobain juga ihihi, semoga cocok nih di aku yang lagi jerawatan

    ReplyDelete
  15. Wah, Aku juga pake Miraculous Series na Avoskin, tapi yang serum.. Jadi penasaran pengen coba toner-nya juga.. Kalo dipake berbarengan pasti hasilnya bisa lebih maksimal deh.. :)

    ReplyDelete
  16. aduh toner nya bikin mupeng nih, aku udah nyobain serum nya juga dan cocok di kulit aku :')

    ReplyDelete
  17. Reviewnya lagi membahana dimana mana nih ya si brand lokal Avo Skin, dan kebanyakan juga pada cocok. Jd makin curious mau juga cobain nextnya.

    ReplyDelete
  18. dulunya saya juga yang termasuk takut pakai skincare mbak, tapi lihat hasil perawatan temen jadi tersadarkan hehe. Kemarin sempat lihat paket bundle produk Avoskin ini tapi pas cek ulang udah soldout jadinya cuma beli yang PHTE Avoskin

    ReplyDelete
  19. Duh Eny mupeng banget sama toner dari Avoskin ini, baru nyobain serumnya aja nih jerawat pada pergi... Kalo di mix sama toner makin mantap keknya

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah nyobain produk dari avoskin ini banyak banget yang bilang dan merekomendasikan produk ini ya jadi penasaran deh

    ReplyDelete
  21. Rekomen beli avoskin yang ori dongg🙂

    ReplyDelete

Labels