PAC Cosmetics, Brand Lokal Indonesia Rasa High End Makeup

Saturday, December 08, 2018

Assalamualaikum,

Udah baca blogpost saya yang collab sama Beautiesquad bulan November lalu? Tau nggak kalo produk yang saya pakai kemarin itu sebagian besar disponsori oleh salah satu brand professional make up di Indonesia. Saya cukup puas sama produk yang saya pakai kemarin itu. Sukses bikin hasil riasan saya jadi keliatan lebih intense makeup-nya. Produk yang saya maksud adalah produk dari PAC Cosmetics atau kepanjangan dari Professional Artist Cosmetics. Uwh, mantep bukan kepanjangannya. 

Review PAC Cosmetics

PAC ini adalah salah satu brand makeup dibawah Martha Tilaar grup. Sesuai namanya, bisa dibilang PAC ini adalah makeup versi professional-nya di Martha Tilaar. Produk makeup yang bisa menghasilkan hasil Ultra HD makeup.  Setau saya juga, produk PAC ini juga udah dijual diluar negeri.  Bukan cuma itu aja, PAC Cosmetics ini udah termasuk ke halal cosmetics loh.  

Saya punya 9 produk PAC yang saya pakai juga buat bikin makeup collab kemarin. Semua produknya juga udah saya cobain buat tes seberapa bagus bekerjanya di kulit saya. Beberapa produk hasilnya cukup memuaskan di wajah saya. Tapi ada juga satu produk yang nampaknya agak "zonk". Zonk bukan karena produknya jelek, tapi karena shade yang kurang pas dengan skintone saya. Nah, buat detil lengkapnya, saya udah bikin mini review buat kesembilan produk yang saya punya. Yuk lanjut baca sampai selesai buat tau produk apa aja yang saya suka.

_______

PAC Liquid Foundation All Day Coverage

Shade C03
Harga Rp 160.000 / Netto 30ml

Salah satu hal yang saya suka sama foundie PAC ini adalah kemasannya yang menggunakan botol bermodel pump. Tapi saya juga merasa agak ada yang kurang, dengan nggak disertakannya penutup botol. Walaupun memang udah ada lock sendiri di botol foundie-nya, cukup dengan memutar ke arah kiri.

Review PAC Cosmetics

PAC Liquid Foundation All Day Coverage yang saya punya ini shade C03. Memang nggak ada nama warna dari setiap shade-nya, tapi saya simpulkan kalo shade C03 ini untuk kulit yang biasa menggunakan shade natural. Soalnya ketika saya coba swatch di tangan, warnanya tidak terlalu warm dan tidak terlalu cool. Jadi kayak semacam ada di tengah-tengah lah. Ketika saya coba aplikasikan ke wajah saya yang biasanya pakai foundie dengan shade natural beige, foundie ini masih masuk dengan skintone saya. Walalupun shade ini masih agak setengah tingkat lebih terang dengan kulit saya, jadi kayak abu-abu sedikit. Tapi nggak begitu kentara sih, abu-abunya. Biasanya saya akali dengan pakai bronzer di area luar wajah dan agak dibawah kedalam.

Review PAC Cosmetics
Menurut saya foundie ini punya medium coverage,  yang bisa dilayer lagi hingga sampe ke full coverage. Yah semacam extra coverage (medium to full coverage). Saya sih biasanya pakai setengah sampai satu pump buat keseluruhan wajah. Alhamdulillah-wajah saya lagi nggak ada bekas jerawat, jadi semua bisa tertutup dengan apik.


Sebenernya saya pengen bikin review foundie ini dibuat di blogpost tersendiri. Soalnya saya ada banyak pengalaman ketika memakai foundie ini. Saya pengen ada bahasan yang lebih dalem gitu *tsailaaah. Soalnya hubungan saya sama dia ini semacam love hate relationship gitu, ceilaah. Saya suka sama hasilnya ketika diaplikasikan di wajah. Wajah saya terasa lebih matte dan halus, no cracky. Bahkan menurut saya foundie ini lebih cocok digunakan untuk yang punya jenis kulit normal kombinasi berminyak. Tapi daya tahannya di area T-Zone saya agak kurang. Sekitar satu sampai dua jam, area hidung udah mulai berminyak. Apalagi ketika dipakai beraktifitas di area yang panas dan tidak menggunakan AC. Di kulit saya, secara keseluruhan bisa bertahan kurang lebih 4 sampai 6 jam baru akan memudar karena minyak. Tergantung dari aktifitas yang dilakuin sat itu sih.

Hmmm, ada cerita yang sedikit lebih panjang lagi dari ini sih sebenernya. Segera saya akan buatkan satu blogpost khusus deh buat si foundie ini. Cerita kenapa bisa jadi love hate relationship sama PAC All Day Coverage Liquid Foundation. Kadang dia bisa long lasting di wajah saya, kadang juga cepat pudar. Tergantung base yang dipakai sebelumnya. Nanti saya ceritain lagi lebih lengkapnya.

_______

PAC Loose Powder

Shade 03
Harga Rp 176.000/ Netto 25g

Yang pertama menarik perhatian saya ketika mencoba loose powder ini tuh kemasannya. Kemasanya cukup besar dengan desain yang cukup unik menurut saya. Kemasannya menyerupaki cushion, dengan model tutup yang dibukanya seperti kalo kita pake compact powder. Desain ini yang menurut saya agak sedikit menyusahkan. Pertama, saya bingung gimana mengambil produknya dari dalam kemasan. Saya biasanya menuangkan sejumlah produknya ke tutup loose powder-nya, baru aplikasikan menggunakan puff. Tapi kemasan PAC Loose Powder ini, jujur saya agak bingung gitu gimana cara pakenya. Kemasannya juga terlalu bulky, hmm.

Review PAC Cosmetics

Loose powder ini sebenernya belum begitu lama saya pakai dan saya coba. Alasannya karena shade yang ternyata kurang cocok buat warna kulit saya sih. Shade 03 ini sebenernya sama dengan shade foundie PAC yang saya punya. Tapi entah kenapa, loose powder dengan shade 03 ini hasilnya terlalu merah di wajah saya. Malahan, pas saya coba aplikasikan ke kulit wajah, muka saya malah jadi keliatan kusam. Hmm, butuh banyak taktik buat bisa pakai loose powder ini.

Review PAC Cosmetics

Akhirnya saya menemukan ide bagaimana loose powder dengan shade yang agak kemerahan buat saya ini biar bisa tetepa terpakai. Saya akhirnya hanya mengaplikasikan loose powder ini di area luas wajah, sebagaimana saya mengaplikasikan bronzer di wajah. Trus saya juga agak sapu-sapukan tipis ke area pipi, biar pipinya terlihat lebih bersemu.

Sebenernya saya tertarik dengan powder ini ketika membaca klaim yang diberikan. Seandainya aja shade-nya pas dan saya bisa pakai di seluruh wajah, saya jadi bisa coba membuktikan apakah klaim yag diberikan bisa bekerja di wajah saya apa nggak. Yahh, sayang banget yak.

_______

PAC Intense Color Eyeshadow Pencil

Shade Glamour Black
Harga Rp 176.000 / Netto : 2,98g

One of my favourite product dari PAC Cosmetics yang saya punya. Saya selalu seneng kalo punya produk eyeshadow dalam bentuk cream, gel atau pensil krayon kayak gini. Soalnya lebih mudah pengaplikasiannya. Kayak tinggal diratakan pakai tangan aja udah langsung beres. Apalagi PAC Intense Color Eyeshadow Pencil ini modelnya dual ended. Shade Glamour Black ini punya warna coklat bronze di ujung satunya, dan di ujung lainnya berwarna hitam yang cukup kereng.

Review PAC Cosmetics

Pigmentasinya cukup bagus. Kayak tinggal pulasnya satu sampai dua layer, abis itu dibaurkan pakai tangan atau brush. Kalo saya sih lebih suka membaurkannya pake tangan. Lebih praktis dan lebih cepet. Warna bronze-nya ketika dibaurkan, warnanya bisa terlihat halus merata. Memag sedikit agak memudar, tapi masih terlihat warna dan shimmer-nya. Warna hitamnya juga cukup mudah dibaurkannya, tapi dia lebih mudah hilang warnanya ketika dibaurkan. Jadi butuh layer yang lebih banyak. Eyeshadow ini bisa banget buat dibawa kemana-mana. Karena tinggal sekali pulas dan mengkombinasikan kedua warnanya, bisa langsung dapet bold and expressive looks.

Review PAC Cosmetics

Daya tahannya dikelopak mata saya yang mudah berminyak ini gimana? Saya udah coba tes menggunakan eyeshadow pensil ini tanpa menggunakan base eyeshadow saya yang biasanya. Hasilnya di area lipatan mata terjadi creasing. Yah, memang takdirnya kelopak mata saya ini begini sih hmm.

_______

PAC Mascara

Shade Black
Harga Rp 155.000/ Netto : 9g

Saya baru menyadari kalo maskara ini bekerja dengan baik itu baru beberapa hari ini. Sebelum tulisan ini terbit, saya tuh intens banget pakai maskara ini. Maskara ini sukses bikin bulu mata saya kelihatan hidup kayak ada nyawanya gitu. Maskara ini bisa membuat bulu mata saya terlihat lebih tebal dan sedikit lebih panjang tanpa keliatan nggedibel. Nggedibel itu maksudnya clumpy yak sodara-sodara sekalian.

Review PAC Cosmetics

Kalo cuma mau bikin bulu mata terlihat lebih hitam, cukup aplikasikan satu sampai dua layer aja. Kalo mau bulu mata lebih bervolume dan sedikit lebih panjang, bisa tambahkan beberapa layer sampai ke ketebalan yang diinginkan. Ketika saya pakai sampai bulu mata terlihat hitam dan tebal, bulu mata saya nggak kerasa berat. Pernah saya pakai di satu acara, saya pakai bener-bener saya bikin tebal dan sampe siang tuh masih bagus dan berdiri melentik. Saya sih sama sekali nggak merasa kayak bulu matanya tuh berat atau ganjel. Semua terasa nyaman.

Review PAC Cosmetics

Buat saya salah satu poin penting untuk sebuah maskara yang bagus buat saya adalah mudah dibersihkan. Nah, si PAC Mascara ini memang nggak memberikan klaim waterproof, tapi menurut saya dia ini cukup aman ketika bersentuhan dengan air. Membersihkannya juga cuma butuh micellar water atau wet tissue. Sejauh ini, maskara ini juga jadi salah satu produk PAC Cosmetics favorit saya.

Review PAC Cosmetics

_______

PAC Eyeliner

Shade White
Harga Rp 119.000 / Netto : 1.05g

Eyeliner pensil warna putih begini paling cocok buat diaplikasikan di area waterline mata bagian bawah. Tujuannya kan biar mata keliatan lebih lebar dan segar. Tapi sejujurnya saya lebih suka pakai eyeliner pensil berwarna nude untuk mengisi area waterline mata bagian bawah. Tapi eyeliner putih macam gini masih bisa juga sih dipakai. Bisa juga dipakai buat bikin eyemakeup yang festive.

Review PAC Cosmetics

Saya suka sama eyeliner pensil putih ini karena teksturnya yang nggak terlalu creamy tapi juga nggak keras. Jadi menurut saya pas gitu, nggak kerasa sakit juga pas diaplikasikan di area waterline yang cukup sensitif. Jadinya ketika saya coba raut pun lebih mudah dan nggak gampang patah. Pigmentasinya juga cukup bagus, sekali pulas udah langsung keluar warnanya.

Review PAC Cosmetics

Daya tahannya mata saya yang mudah berair ini, hmmm, lumayanlah. Memang akan smudge ke area bawahnya, tapi di area waterline tetap masih ada warna putihnya. Tinggal dirapikan aja warna yang beleber tadi, dan semuanya beres sih. Saya sekarang sih lebih suka pakai si PAC Eyeliner white ini buat mainan bikin eyemakeup yang warna-warni aja.

_______

PAC Satin Lipcream

Shade 01 S Cherry dan 03 M Chocolate
Harga Rp 111.000 / Netto : 3g

Salah satu lipcream yang cocok buat yang punya bibir kering. Yap, lipcream PAC ini punya hasil akhir satin, dan menurut saya lama-kelamaan dia akan menjadi matte. Tapi matte yang dihasilkan tuh bukan matte yang sampe dead matte, masih kerasa moist di bibir.

Review PAC Cosmetics

Berhubung memang dia ini satin finish ya, jadi PAC Satin Lipcream ini nggak transferrproof ataupun kissproof. Daya tahannya tentunya juga nggak se-awet kalo pakai matte lipcream. Dipakai buat minum dan makan yang berkuah atau berminyak, lipcream ini akan mudah hilang. Tapi kelebihannya memang, bibir jadi tidak mudah kering dan lebih terasa seperti weightless sensation. Walopun gitu, di bibir juga tetap terasa sih kalo kita pakai lipcream.

Review PAC Cosmetics

Dua shade yang saya punya ini paling sering saya mix jadi satu. Shade Chocolate ini adalah warna coklat nude yang menurut saya lebih ke kayak my lip but better. Sedangkan warna cherry ini seperti warna cherry bold pink. Kedua warna ini juga cocok kalo dikombinasikan jadi ombre lips.
_______

PAC DistrictX Single Eyeshadow

Shade F. Violet dan L. Night
Harga Rp 121.000 / Netto : 4g

Wah puas saya tuh sama eyeshadow PAC yang ini. Kemaren saya mencoba bikin cut crease eye makeup pakai dua eyeshadow ini. Saya emang penggemar single eyeshadow, karena saya bisa milih warna apa yang saya pengenin tanpa perlu beli satu palet. Sayangnya emang kelemahan koleksi single eyeshadow gini adalah jadi berantakan. Tapi bukan berarti saya nggak suka eyeshadow yang satu palet gitu loh. Cuma emang biasanya saya kalo lagi pengen satu warna eyeshadow, pasti coba nyari yang refill atau single eyeshadow begini.

Review PAC Cosmetics

Satu pan eyeshadow PAC yang DistrictX ini menurut saya cukup gede, 4 gram. Kalo temen-temen kolektor single eyeshadow kayak gini, sebenernya bisa banget buat diakali pakai palet kosongan yang ada magnetnya itu. Jadi lebih rapih dalam satu palet.

Review PAC Cosmetics

Saya punya dua shade eyeshadow PAC ini, yang satu Violet berwarna ungu violet dan satu lagi shade Night berwarna navy blue. Keduanya punya hasil akhir kayak semi matte. Kenapa semi matte? Karena ketika saya coba swatch di tangah, terlihat ada shimmer halusnya. Tapi ketika saya aplikasikan ke kelopak mata, shimmer-nya nggak begitu keliatan dan terlihat lebih matte. Pigmented formula-nya, uw! Jangan ditanya. Kedua warna yang saya punya ini punya pigmentasi yang bagus. Baik diaplikasikan menggunakan brush dan juga tangan. Teksturnya cukup lembut, tapi memang fall out-nya juga lumayan sih. Fall out-nya bisa diakali dengan mengaplikasikan eyeshadow dulu sebelum mengaplikasikan complexion.

Review PAC Cosmetics

_______

Nah itu tadi super mini review dari semua produk PAC Cosmetics yang saya punya hasil kolaborasi bareng Beautiesquad. Dari semua produk PAC di atas, yang paling jadi favorit saya adalah eyeshadow pencil, foundation, eyeshadow, dan mascara-nya. Tapi yang paling terjuara saat ini adalah mascaranya. Longlasting formula-nya juara menurut saya.

Review PAC Cosmetics

Semoga cerita saya kali ini bisa jadi referensi buat temen-temen yang pengen nyobain luxury, premium, high-end product versi brand lokal hihih. Biar gini-gini, PAC Cosmetics ini udah bisa dibilang international cosmetics loh. Soalnya, produk PAC Cosmetics memang udah dijual di beberapa negara lain di luar Indonesia. Buat tau lebih lengkapnya, bisa cek social media PAC berikut ini.


Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia.

Dadaah

You Might Also Like

27 komentar

  1. kok lucu si eyeshadownya, simple tapi pigmented banget yaaa :)

    ReplyDelete
  2. Modelan 'lock' di botol fondienya mirip kayak fondie Make Over ya ��
    Semua produknya pengen aku cobain deh huhuuuuu :(
    Apalagi mascaranyaaaaaa aduhhhh tak sanggup rasanya bila hanya memandang dan membaca reviewmu beb :(
    Pengen langsung bisa merasakannya secara langsung di bulu mata akuuuu

    ReplyDelete
  3. Aku jadi penasaran sama foundation dan loose powdernya nih, mudah-mudahn cocok deh buat aku dan kulit muka aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, kan hasilnya bisa beda-beda yak di tiap wajah :D

      Delete
  4. penasaran deh sama foundation nya, lipen nya juga cantik nih jadi pengen cobain, sebelumnya belum pernah punya dan belum pernah cobain produknya PAC Cosmetics nih <3

    ReplyDelete
  5. Kenapasi aku salfok sama warna esedonya bagus bangettttt
    Pigmented juga ya beb esedonya . Aku harus cobain ini fix yaaaa

    ReplyDelete
  6. uwaaa pigmentasi eyeshadownya kereeen banget eotd nya muantaappp pool aku jadi pengen purchase yang eyeliner putihnya tapi bagus banget pigmennya keluar

    ReplyDelete
  7. PAC ini emang juara banget. Apalagi esedonya aku cinta banget sama pigmentasinya

    ReplyDelete
  8. Eyeshadow PAC emang the best ya kak..tanpa pake apapun warnanya bener2 keluar cetar dan hasilnya cantik...aku suka warna warnanya

    ReplyDelete
  9. Pac aku pake semua satu box tapi gda lipstick satinnya kayaknya bagus

    ReplyDelete
  10. wah eyeshadownya mantep banget ya beb, hasilnya oke banget jadi makin penasaran akutu soalnya belum pernah pake produk pac

    ReplyDelete
  11. Rahmaaaaaa.... sumpahhhh, foto flatlay lu mahh yaa bikin mupeng....
    Btw Aku suka sama eyeshadow pencilnya, menurutku enak dan praktis.

    ReplyDelete
  12. Kalau liat eye shadownya suka deeh.. tapi untuk pemakaian sehari-hari memang terlalu festive ya. Aku kalau pakai eyeliner di waterline pasti smudgy deh.. mataku agak sensitif sepertinya

    ReplyDelete
  13. aku suka kombinasi foundation sama loose powdernya. bikin makeup keliatan halus banget ma. .

    ReplyDelete
  14. Wah banyak bangeett racun PAC nya.. aku pernah coba single eyeshadownya sih, pigmented bgtt duuh jd pengen beli tp ntar kantong bolong ��

    ReplyDelete
  15. One of my favorit make up. Pertama kali yg aku koleksi dari pac adalah highlighter nya. Buat aku pigmented banget dan hasilnya light banget tp ngga terlalu norak. Love Pac pokoknya

    ReplyDelete
  16. banyak banget beb makeup nyaa, lucky youu beb! btw aku penasaran banget sama foundationnya PAC, coverage-nya oke banget :D

    ReplyDelete
  17. Aku tuh kalo pake maskara suka belepotan karena mudah berkeringat dan ga sadar ngusap mata.

    ReplyDelete
  18. Aku suka banget sama produk PAC ini karena memang kualitas yang bagus banget, mau foundation, eyeshadow, lipstick ataupun bedak taburnya semuanya aku juga suka, harganya sih memang agak lumayan ya tapi memang kualitasnya bagus

    ReplyDelete
  19. Mba, ini maskara diaplikasikan berulangkali ga bikin kliatan menggupal d mata ya. Keren banget

    ReplyDelete
  20. Suka banget deh aku sama loose powder PAC ini, halus banget partikelnya :)

    ReplyDelete
  21. yap, walaupun foundinya msh ada hint pinknya dikit tp masih ttp neutral sih tonenya gak bikin abu. Ini aku rekomen bgt buat org kulit berminyak wkwk

    ReplyDelete
  22. dari dma udah cinta sama pac. tp abis itu kok lupa yaa sama brand inii huhu. dan skrg banyak banget yg aplot lagiii, jd pengen beli lagi hehe

    ReplyDelete
  23. Wah banyak banget kak. Itu dikirimin atau beli? Hehehe.. Pac produk lokal ya? Tapi kayanya bagus gitu ya kak

    ReplyDelete
  24. Produk lokal makin maju ya. Jadi bangga sama negara kita hehehe ga kalah sama negara luar ngeluarin produk makeup yang bagus2

    ReplyDelete

Labels