Sulamit Cosmetics - Bulu Mata Palsu, Lippaint, dan Lipstick ~ Review

Friday, October 26, 2018

Assalamualaikum,

Hai sobat-sobat bergembira semuanya. Kali ini aku mau cerita soal tiga produk dari satu brand yang terlihat baru, padahal sebenernya udah cukup lama ada di pasaran. Namanya Sulamit Cosmetics. Beberapa tahun lalu, saya sempet baca beberapa temen blogger menuliskan review soal brand Sulamit ini. Awalnya saya ragu tuh pas baca review-nya, apakah ini Sulamit Cosmetics ini aman apa nggak. Soalnya waktu itu saya benar-benar merasa asing sama namanya. Ternyata usut punya usut, Sulamit Cosmetics ini adalah brand lokal yang udah bersertifikat nomor BPOM. Jadi bisa dibilang Sulamit Cosmetics ini aman. Terus sekitar setahun yang lalu juga, Beautiesquad berkolaborasi sama brand Sulamit untuk review beberapa produk mereka. Waktu itu masih jaman Sulamit dengan logo yang lama, dengan warna bernuansa pink dan berlogo alat musik.



Nah, tahun ini Beautiesquad juga kembali kolaborasi sama brand Sulamit, buat nulis review dari tiga produk terbaru mereka. Kebetulan saya dapet kesempatan nih buat ikutan nyobain tiga produk terbaru dari Sulamit Cosmetics. Dan kebetulan lagi, kalau brand ini sedang melakukan rebranding dengan konsep dan logo baru yang bisa dibilang lebih kekinian. Selain itu, Sulamit Cosmetics sekarang sudah ada logo halalnya, yay. Produk yang saya dapet itu ada Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes, Smart Stay Matte FInish Lippaint, Smart Stay Velvet Lip Last.

Berhubung ada tiga produk yang saya omongin nih, jadi mendingan langsung aja saya jemberengin ya gimana pengalaman saya menggunakan tiga produk ini.

Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes nomor 02

Rp 48.000,-

Kemasan Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes ini bikin saya pangling sama Sulamit. Soalnya masih agak kebayang sama nuansa warna pink yang jaman dulu itu. Bulu mata palsu ini dikemas dalam kemasan box yang berwarna-warni dan terlihat transparan di bagian depan. Dalam satu box ini terdiri dari 3 pasang bulu mata palsu.


Sejujurnya saya itu bisa dibilang new comer dalam dunia per-bulu-mata-palsu-an ini. Saya punya banyak stok bulu mata palsu, tapi bisa dihitung pakai satu jari saja berapa kali saya pakai bulu mata palsu. Sebenernya enak sih pakai bulu mata palsu, karena bisa bikin mata terlihat tambah hidup. Tapi buat saya, penting banget buat nemu bulu mata yang beneran “saya banget”. Kenapa “saya banget”, soalnya ya karena saya masih pemula pakai bulu mata palsu, jadi butuh bulu mata palsu yang natural. Pas ketemu sama si Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes ini, saya jadi bersemangat. Bisa dilihat sendiri kan ini dia bulu mata palsunya terlihat natural dan cocok buat yang masih malu-malu macam saya.


Bulu mata palsunya tipis dan pendek, tapi ketika dipakai si Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes ini tetap bisa bikin bulu mata terlihat penuh. Potongan panjang bulu matanya dari sudut dalam mata sampai sudut luar mata juga pas, pendek kemudian memanjang dibagian ujung luar. Tulang bulu mata palsunya juga bening, jadi nggak akan begitu terlihat ketika dipakai. Panjang tulang bulu mata palsunya ini dimata saya bisa dibilang pas. Tidak perlu dipotong dibagian ujung luarnya. Sejujurnya saya cukup puas sama bulu mata palsu Sulamit ini.


Kalau ngomongin bulu mata palsu, menurut saya paling penting adalah bahas kenyamanan. Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes ini ketika dipakai di mata saya, tidak terasa berat dan mudah diatur. Menurut saya, bulu mata palsu ini ketika dipakai juga nggak bikin mata terlihat turun. Kadang kan suka ada tuh, pakai bulu mata palsu tapi malah bikin mata terlihat turun dan mengantuk.

Saya kurang tau sih si Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes ini ada berapa jenis, tapi saya cukup suka sama yang nomor 02 ini. Menurut saya bulu mata Sulamit nomor 02 ini adalah bulu mata palsu yang cocok untuk sehari-hari. Saya jadi penasaran semisal ada model lain yang dipunya sama Sulamit Cosmetics.


Sulamit Smart Stay Matte Finish Lippaint shade Stay Bright

Netto 4.5g/Rp 135.000,-



Kemasan Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint
Kemasan dari lippaint Sulamit ini dikemas dalam tabung doff mika yang tebal dan transparan. Tutupnya berwarna broken white dengan nuansa shimmer metallic lembut. Sebenernya dipalstik segelnya udah dilengkapi saya ingredient, nomor, dan keterangan produk lainnya. Tapi berhubung ditulisnya dibagian segel plastiknya, jadi tulisannya nggak terbaca dan cepet hilang pas dibuka. Memang lebih hemat sih ya kalo produk dikemas cuma pakai plastik segel. Tapi kalau ingredient dan keterangan produknya ada disegel plastiknya ya bakal hilang nggak kebaca. Untung aja nomor POM dan nomor kode Expired dari Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint ini ada dikemasan botolnya, jadi nggak akan hilang atau lupa kapan expired dari lippaint ini.


Handle lippaint-nya pendek, tapi cukup nyaman buat mengaplikasikan produk ke bibir. Bulu aplikatornya juga lembut dan nyaman dibibir. Bentuk aplikatornya juga panjang pipih, jadi bisa enak pas mengaplikasikan lippaint-nya di bagian garis dan sudut bibir.

Aroma, Tekstur dan Pigmentasi Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint

Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint ini punya aroma yang manis seperti cake. Aromanya juga cukup terasa ketika saya membuka kemasan botolnya. Meskipun begitu, aromanya masih terasa nyaman di bibir saya. Tapi ketika diaplikasikan, wanginya sudah memudar kok. Teskturnya tidak begitu creamy, tapi juga nggak begitu encer. Kalau dari segi teksturnya sih cukup nyaman ketika diaplikasikan ke bibir.


Saya dapet yang shade Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint Stay Bright. Warnanya cenderung peachy pink. Buat kulit saya yang sawo matang ini, warna ini agak terlalu muda. Menurut saya, warna ini lebih cocok buat yang punya kulit cerah. Memang sih, beberapa saat setelah diaplikasikan warnanya akan menggelap atau teroksidasi. Tapi tetap saja agak kurang cocok sama warna kulit saya. Jatuhnya terlalu terang dan pucat.

satu layer Sulamit Lippaint

Soal pigmentasi, saya agak ada catatan sedikit nih buat Sulamit. Warnanya memang pigmented, tapi daya tutupnya menurut saya agak rendah. Saya pakai di bibir saya satu layer, warnanya belum bisa menutup warna gelap di bibir saya. Daya tutupnya lebih cenderung sheer. Bahkan ketika saya coba untuk meratakan warnanya pun agak kesulitan. Memang sih bisa ditambah beberapa layer buat bisa menutup seluruh warna bibir. Tapi, harus banget menunggu layer sebelumnya matte dulu baru bisa ditambahkan satu layer lagi. Saya akhrinya bisa menutup seluruh warna bibir saya dengan tiga layer. Tapi agaknya bibir jadi terasa kurang nyaman dan patchy. Biasanya saya akali dengan mencapurkannya dengan lipgloss supaya patchy-nya tidak terlalu terlihat.

Daya tahan Sulamit Smart Stay Matte Finish Lippaint

Daya tahannya menurut saya cukup standar lah. Seperti lipcream matte kebanyakan, lippaint ini akan hilang dibagian tengahnya kalau dipakai untuk makan terutama makanan yang berminyak. Apalagi kalau saya mencapurkannya sama lipgloss, akan lebih cepet hilangnya. Kalau bisa bakoh kokoh nggak makan apa-apa seharian, ya pasti akan awet gincunya tanpa perlu retouch. Tapi apa nggak ngelih? Gampang saja sih, kalo laper ya makan, kalo ilang ya retouch aja.

Saran saya sih, wajib banget temen-temen buat pakai lipbalm dan scrub dulu bibirnya sebelum pakai Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint ini. Kalau ada pecah-pecah atau kulit mati dibibirnya pas mau pakai Sulamit Smart Stay Matte FInish Lippaint, hasilnya bakalan kurang bagus dan patchy.

Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last shade Stay Lovely

Netto : 3.5g/Rp 110.000,-


Kemasan Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last
Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last ini adalah lipstik klasik yang dikemas dalam tabung bentuk bullet stik gitu. Rasanya udah lama banget saya nggak dapet gincu model begini. Dikemas dalam tabung plastik yang ringan dengan warna kombinasi biru dan silver. Keterangan produknya semua ada di segel plastiknya, sama kayak si lippaint sebelumnya. Tapi untung aja nomor expired dan nomor POM ada dikemasan tabungnya.


Aroma, Teksur, dan Pigmentasi Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last

Aroma yang cukup menyengat tercium ketika saya buka lipstik ini. Aromanya seperti bubble gum yang terasa manis. Tapi tenang aja, kalo pas udah diaplikasikan nanti udah ilang kok aromanya. Teksturnya buttery dan terasa moisturizing di bibir. Terasa lebih nyaman ketimbang yang lippaint. Kalau dari namanya yang velvet, saya lebih merasa kalau lipstik ini punya hasil akhir seperti satin ketimbang velvet. Terlihat masih ada glossy di bibir dan tidak terlihat velvety sama sekali.


Pigmentasinya juga lebih bagus daripada lippaint yang saya punya diatas tadi. Butuh dua kali pulas sampai dia bisa menutup warna asli bibir saya. Memang nggak full cover banget, tapi jauh lebih menutup dan jauh lebih nyaman. Warna yang saya punya ini adalah Stay Lovely. Lipstiknya berwarna pink ,dan ketika diaplikasikan ke bibir saya terlihat agak neon dan “barbie”. Heheu, tentu saya bakalan memilih warna lain untuk dipakai ketimbang warna ini. Warna ini memang bikin wajah terlihat cerah, tapi bukan tipe warna pink yang “saya banget”.

Daya tahan Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last

Lipstik dengan tipe seperti ini biasanya tidak tahan lama. Betul memang, Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last ini akan pudar ketika dipakai untuk makan dan akan meninggalkan noda kalau dipakai untuk minum. Kalau dipakai buat ncun-ncunan, ya pasti bakalan belepotan dan gabres dimana-mana. Jangan ya, jangan. Nanti ya, nanti kalau sudah besar.


Kalau diminta memilih antara lipstik ini atau lippaint tadi, saya akan lebih memilih lipstik ini dari segi kenyamanan. Tapi kalau dari segi warna, saya akan pilih yang lippaint shade stay bright. Soalnya si lippaint shade stay birght masih bisa diakali dengan dicampurkan sama lipgloss. Hasilnya jauh lebih moisturizing dan lebih apik. Ai cerita kemarin, katanya warna gelap dari Sulamit Lippaint hasil akhirnya jauh lebih bagus ketimbang warna mudanya seperti shade yang saya punya ini. Nggak tau kenapa, beberapa lip cream lokal agak kurang sempurna meracik formula untuk warna mudanya. Semoga aja kedepannya lip cream Sulamit bisa jauh lebih bagus yak.


Dari ketika produk Sulamit Cosmetics yang saya punya ini, udah ketebak dong favorit saya yang mana. Yap, saya paling suka sama produk bulu mata palsunya. Bulu mata palsunya ini jauh lebih terpakai dan beneran bisa saya gunakan lagi kedepannya. Kedua produk lainnya, mungkin butuh campuran lain biar bisa saya pakai lagi. Misal saya mix dengan lipgloss atau sama warna lipstik lain.


Nah itu adi, cerita saya soal ketia produk Sulamit Cosmetics yang saya punya. Semoga cerita saya kali ini beneran bisa membantu buat teman-teman semua. Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia :)

Dadaah.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sulamit jadi lebih modern ya, nggak terlihat kayak kosmetik abal-abal lagi kemasannya :)

    ReplyDelete

Labels