Micellar Water Lokal dari Esenses Micellar Cleansing Water ~ review

Thursday, August 30, 2018

Assalamualaikum,

Beberapa waktu lalu Nilam tanya sama saya, soal nama “swalayan” yang katanya favorit saya. Sebelum saya menjawab pertanyaan itu, saya langsung aja tuh koreksi. Bukan “swalayan” ya monmaap, tapi “supermarket” ya. Bukan juga favorite saya pula, tapi memang sangat sering saya mention hahah. Tempat yang dimaksud adalah toko Progo. Temen-temen yang tinggal di Jogja pasti tau banget supermarket Progo ini. Kenapa juga sering saya mention, meskipun bukan toko favorite saya, saya itu paling suka jalan-jalan di Progo. Soalnya bisa nemu benda-benda lucu yang bisa dijadiin properti foto, sekaligus nemu produk dari brand lokal yang unik-unik. Bahkan produk dari brand lokal itu belum terendus sama yang namanya sosial media. Beberapa emang udah terendus, tapi kurang dikoar-koarkan jadi belum banyak yang tau.

Beberapa kali saya jalan atau belanja bulanan di sana, saya pasti nemu dan angkut satu produk baru yang menurut saya lucu dan unik. Yah, yang belum Barbara temuin cuma mas-mas yang lucu yang bisa diangkut aja sih, Yha!. Udah banyak produk yang pernah saya angkut dari toko Progo, yang nama brandnya terasa baru di kuping saya. Contohnya ada Kris Body Lotion belum pernah pada denger kan? Trus ada juga parfum Evangeline yang kemasannya motif batik, juga belum pada denger juga kan? Trus ada lagi nih Esenses Micellar Cleansing Water, pada tahu nggak?. Pokoknya ada banyak deh harta karun yang bisa dijadiin konten yang ada di toko Progo.


Nah sesuai sama judulnya, saya kali ini mau cerita soal pengalaman saya pakai produk yang juga saya temuin di Progo. Kebetulan saya nih cinta sama yang namanya micellar water. Saya udah nulis beberapa produk micellar water favorite saya kayak Garnier Oil-Infused Micellar Water dan BrunBrusn Micellar Water kemarenan. Produk micellar water saya yang baru ini namanya Esenses Micellar Cleansing Water. Saya merasa asing banget sama nama brand ini. Tapi pas saya cek di instagram, ada dua akun yang terkait sama nama brand ini. Pertama emang Esenses Cosmetics, yang satunya lagi Aulia Cosmetics. Kalau Aulia Cosmetics sih saya udah lumayan lama denger nama brand ini. Memang belum begitu tenar sebagai brand lokal sih, tapi pas saya liat produknya dia lumayan banyak. Bahkan ada cushion juga.

Sebelum artikel ini semakin panjang dan agak melenceng dari judulnya, jadi saya mau lanjut dulu nyeritain soal pengalaman saya pas pakai produk Esenses ini. Yuk maree~


Esenses Micellar Cleansing Water

150ml/Rp 24.000,-

Kemasan Esenses Micellar Cleansing Water

Produk micellar water sebanyak 150ml ini dikemas dalam tabung plastik transparan yang kokoh dengan tutup silver berjenis ulir. Dibagian belakang kemeasan udah lengkap sama keterangan produk, klaim dan tentunya ingredient produknya. Kode produksi, nomor registrasi POM, dan kode expired juga tertera lengkap dibelakang kemasannya.

Kemaren sih saya liat ada dua jenis varian yang ada. Yang biru itu varian “Refreshing” yang mengandung Aloe Vera Extract, dan yang pink itu varian yang “Moisturizing”. Awalnya saya agak bingung sih mau angkut yang varian mana. Sebenernya saya lebih butuh yang moisturizing sih. Soalnya seperti yang saya ceritain di artikel review Avoskin Ultra Brightening Cream, kalau kulit saya lagi lumayan kering. Tapi yang varian Moisturizing kemaren itu masih disegel satu pak, dan saya terlalu males buat meretelinnya. Jadi ya wislah, angkut yang udah siap angkut tanpa ribet aja.


“Micellar Water yang diperkaya dengan Aloe Vera Extract, mampu membersihkan dan menghapus makeup secara menyeluruh tanpa perlu dibilas dan tidak lengket. Formula unik dan ringan membantu menyegarkan kulit”

Karena ini produk bener-bener asing ditelinga saya, saya coba cek ingredient-nya di cosdna dan skincarisma. Hasilnya lumayan bagus sih. Produk ini bebas dari paraben, silicone, sulfate, dan alcohol. Produk ini juga ternyata cocok juga digunakan untuk wajah dengan kondisi kulit yang kering, berminyak dan sensitif berdasarkan analisa dari skincarisma.

Tekstur dan Aroma Esenses Micellar Cleansing Water

Namanya juga micellar water ya, jadi konsepnya pasti produk pembersih wajah yang bertekstur seperti air. Trus pas saya baca ingredient-nya ternyata kandungan Aloe Vera extract-nya itu ada diurutan keempat paling akhir. Ya memang mengandung ekstrak lidah buaya sih, tapi kalo berada di deretan akhir list ingredient brati kan tidak begitu banyak presentasenya yak, cmiiw. Pas saya coba baca-baca lagi, ternyata tidak ada kandungan yang menyebutkan adanya kandungan khusus fragrance. Tapi pas coba saya cium, memang nggak tercium aroma wangi yang menusuk. Jadi yang kurang suka atau ada alergi sama wewangian, mungkin bisa mencoba nih produk.

Pengalaman pakai Esenses Micellar Cleansing Water


Awalnya saya lumayan agak ragu sih pas mau nyoba micellar water ini. Soalnya beberapa kali saya liat stories temen-temen saya di instagram, mereka tuh ada yang alergi sama produk yang punya kandungan aloe veranya. Seperti yang kita tau kalau aloe vera itu manfaatnya juga banyak banget. Tapi ya memang nggak sembarangan juga pakainya, ada juga yang punya alergi sama produk berbahan aloevera. Menurut saya penting banget buat tau dan kenal sama kondisi kulit sendiri, jadinya kita bisa tau alergi apa aja yang kita punya dan kandungan apa aja yang sebenernya kita butuhin. Sebelumnya sih saya nggak punya riwayat alergi sama produk yang mengandung aloevera. Jadi bersama basmallah, saya coba pakai Esenses Micellar Cleansing Water ini sambil degdegsyer.


Dipakai untuk Membersihkan Eye Makeup 

Sejujurnya saya suka nih sama produk satu ini, di wajah kerasa seger dan berasa “air” banget. Ketika saya pakai buat ngebersihin eye makeup, terutama produk yang waterproof, dia lumayan sukses mengangkat makeup mata yang ada tanpa bikin pedih. Saya tuangin di kapas, lalu saya tempel dan diemin beberapa detik di kelopak mata. Sekali usap aja si Esenses Micellar Cleansing Water udah bisa mengangkat 80% makeup mata yang ada, maskara waterproof pun bisa terangkat tanpa perlu banyak usaha. Trus kenapa cuma lumayan bagus? Soalnya dia ini emang bisa membersihkan maskara waterproof, tapi kayak nggak sempurna gitu. Jadi ketika saya bersihin maskaranya, bulu mata saya memang langsung bersih dari mascara waterproof yang ada. Tapi area bawah mata jadi item-item kena trasnfer dari maskara yang tadi dari bulu mata. Nah bagian item yang ada di bawah mata tadi itu, nggak tau kenapa jadi susah dibersihin pakai micellar water ini. Maunya diangkat pakai remover yang oil based. Padahal maskara yang ada di bulu mata udah bersih. Mirip lah kisahnya kayak si BrunBrun Micellar Water, tapi menurut saya ini lebih bagus.

Dipakai untuk Membersihkan Complexion Makeup

Kalau buat membersihkan makeup wajah? Nah, saya tuh sampe pakai makeup dengan complexion yang paripurna (re : Foundie full coverage, concealer, powder) loh buat bikin review ini. Soalnya sehari-hari makeup saya tuh beneran simple, cuma tinted moisturizer sama bedak, wis itu tok. Nah pas saya Esenses Micellar Cleansing Water ini buat membersihkan makeup, hasilnya memuaskan. Saya tuangin micellar waternya ke kapas, trus kapasnya saya pisahin lapisannya jadi dua buat area wajah kanan satu dan area wajah kiri satu. Ngirit, bo~. Hasilnya cuma dengan satu kapas buat masing-masing area wajah kanan dan kiri aja tadi, makeup dengan complexion yang paripurna tadi bisa bersih dan udah langsung keliatan kulit wajah aslinya. Ketika saya coba bersihin lagi dengan kapas kedua, masih terlihat sedikit residu foundie yang ada. Padahal kulit wajah udah bener-bener keliatan bersih tuh, tapi residunya masih ada sedikit. Makanya, meskipun wajah udah keliatan bersih, buat saya tetep penting buat ngelakuin double step cleansing supaya bersihnya juga paripurna. Berhubung makeup saya sehari-hari itu cuma tinted moisturizer dan bedak, saya biasanya cuma butuh satu kapas aja dan dilanjut ke facial wash.


Alasan lain kenapa saya suka sama Esenses Micellar Cleansing Water ini, karena dia nggak menunjukan efek negatif di wajah saya setelah pemakaiannya. Wajah saya jadi kerasa seger dan nggak ada tuh efek pedih di kulit. Area kelopak mata dan area kulit sekitaran mata saya kan agak sensitif tu, nah pas pakai si Esenses Micellar Cleansing Water ini di kelopak mata saya, si kulit klopak mata dan kulit sekitar mata nggak kerasa pedih. Seger aja gitu rasanya. Kulit juga nggak lantas jadi kering gitu, tetep kerasa lembab dan segar.

Ngomong-ngomong soal kapas, kenapa saya belah jadi dua si kapas tadi soalnya biar irit. Bukan karena pelit sih (meskipun saya emang pelit bhaahahaha), tapi karena saya merasa kok semenjak saya rajin pakai skincare, saya jadi banyak sampah kapas. Kapas buat cleanser ini, toner ini , toner itu, bla-bla-bla gitu. Saya jadi merasa terhina dina karena menyumbang sampah di bumi ini #halah wkwkwk. Nggak semendramatisir itu sih, tapi emang saya merasa jadi ngilu aja soalnya jadi banyak sampah kapas dan tisu di tong sampah. Waktu itu saya pernah liat ada semacam handuk bulat dan kecil yang dipakai sebagai pengganti kapas, dan tinggal cuci pakai - cuci pakai gitu. Tapi kok saya merasa agak ribet gitu kalo pake handuk tadi itu. Nah makanya biar nggak nyampah-nyampah banget, meskipun tetep nyampah sih, saya bagi dah tuh satu kapas jadi 2 atau 3. Wakakakaka, random kali paragraf ini.


Intinya, saya suka sama Esenses Micellar Cleansing Water ini karena dia cukup ampuh buat mengangkat makeup yang tebal dan juga waterproof dengan mudah. Meskipun ya ada kekurangan yang tadi itu, agak kurang sempurna pas bagian ngebersihin masakara waterproof. Mungkin buat area mata pas pakai maskara waterproof, tetep kudu pakai remover yang oil based yak. Di wajah juga rasanya segar tanpa kasih efek negatif yang mengganggu di wajah saya. Sejauh ini saya masih bakalan masukin si Esenses Micellar Cleansing Water ini ke list produk #bikinseneng. Saya bakalan cerita lagi soal produk-produk #bikinseneng lainnya nanti.

Nah itu tadi cerita saya soal produk micellar water yang saya temuin di toko Progo. Semoga cerita saya kali ini bisa membantu buat temen-temen lain yang lagi nyari referensi produk micellar water lokal yang terjangkau harganya. Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia dan diberkahi.

Dadaah.

You Might Also Like

4 komentar

  1. aku bacanya dari essence donk :( brand asal aussie itu wkwkwkk micellar water sekarang banyak banget yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah awalnya dulu aku kira juga gitu ci, ternyata beda tulisan juga haha

      Delete
  2. Kris itu udah ada sejak tahun 2000an BTW, aku tau karna ortu pedagang kosmetik jadi hampir segala rupa mekap legend masih inget banget. :D #GagalFokus #BahasApaKomenApa

    ReplyDelete
    Replies
    1. legend yak brati? mantul niih, repurchase ah ~

      Delete

Labels