Ngobrolin SEO bareng Shintaries

9:03 PM

Assalamualaikum

Ngomongin soal optimasi SEO Blog itu emang nggak ada abisnya. Terus berkembang seiring sama inovasi yang selalu dilakuin sama google. Trik-trik jaman dulu, nyatanya sekarang beberapa trik udah banyak yang nggak gitu bisa ngasih efek. Kuncinya sih kalo kata saya yang awam ini, ya terus belajar dan memperlajari. Makanya kemaren, pas ada Ngopi Cantik Beautiesquad episode 2 yang temanya soal SEO buat pemula, saya seneng banget dan antusias. Apalagi yang jadi speakernya tuh mbak Shintares, salah satu founder dari Blogger Perempuan Network.

Karena kemaren kuota buat ikutan ngobrol online di Ngopi Cantik episode 2 tuh terbatas, jadi sekarang saya mau share apa aja yang di obrolin di sana. Kurang lebih sih kita peserta Ngopi Cantik, yang kebetulan saya tuh salah satu moderatornya, dapet banyak ilmu dasar buat maksimalin SEO blog kita nih. Sekarang, saya mau kasih cerita seingkat, apa aja ilmu yang dibagi sama mbak Shinta, yang bisa juga langsung kita aplikasiin buat ningkatin perfoma blog kita nih. Yuk, simak poin-poin pentingnya ^^

Agar Blog terindeks di Google

Pertama, mbak Shinta ngejelasin soal apa aja yang bikin blog kita terindeks di mesin pencari terutama Google. Ada 5 poin yang disampaikan sama mbak Shinta, Ototritas blog, konten, Template yang fast loading, mobile site, dan backlink. Kemudian, mbak Shinta menejelaskan secara teoritis apa maksud dari 5 poin tadi itu.

1.Ototiritas Blog
Otoritas Blog ini maskudnya adalah kepemilikan Blog. Google lebih seneng sama blog yang data pemiliknya tuh jelas. Kalo bisa malah, nama domain blog dan nama email yang dipake tuh sama. Biar Google bisa lebih mudah buat mendeteksi kepemilikan blog. Kita bisa mendaftarkan juga loh data-data pribadi kita kayak sosmed dan data lainnya secara manual ke https://aboutme.google.com buat jadi data identitas kepemilikan blog.

2.Konten
Konten yang berkualitas tuh sangat disenengin sama google. Konten yang original, didukung sama media image dan video yang menarik, rajin di update. Bahkan kata mbak Shinta, semakin sering update blog, si google semakin suka. Semakin panjang tulisan kita, si google juga semakin suka. Ini nih, ibaratnya kayak kita pake skincare sama makeup yang maksimal biar cakep, biar menarik hati si doi a.k.a si google.

Blog dengan tema yang khusus atau satu tema, biasanya akan lebih disenengin sama Google. Kayak kita-kita ini nih, yang konon katanya disebutnya beauty blog. Bisa banget, dapet tempat khusus di hati Google.

3.Tempate yang fast loading
Ini berkaitan sama template yang kita pilih buat blog kita. Sebisa mungkin pilih template yang ringan dan mempercepat proses loading. Jadi kalo pengen blog kita cepet loadingnya, hindarin atau minimalisir template yang terlalu banyak script kayak cursor, music, atau gambar slide. Supaya lebih ringan lagi, kompres media yang kita pake di blog ini. Saya sih biasanya juga kompres dulu gambar-gambar yang mau saya upload ke blog. Tapi, sayangnya di blog saya ini templatenya masih pake slider hahaha. Pantesan skor kecepatan blog saya masih rendah uhuhu.

Coba deh beli template blog yang SEO friendly, atau search aja website yang kasih template secara gratis dengan kata kunci SEO friendly. Kalo males, bisa banget kalian pake template bawaan dari blogger yang simple itu. Sayangnya, menurut saya itu kayak kurang gimanaaa gitu, kayak kesannya terlalu sederhana hheheh.

4.Mobile Site
Ini juga penting menurut mbak Shinta. Soalnya sekarang ini, aapa-apa seerba by phone. Termasuk baca-baca artikel di google. Nah, supaya blog kita ini enak dibaca di handphone dan bentuk templatenya bisa nyusut sesuai bentukan layar handphone, kita kudu juga nyari template yang responsive. Sekarang udah banyak kok template yang responsive yang disediakan sama website template gratis. Atau rekues aja sama tempat kalian beli template, rekues minta paket beres hihihi.

5.Backlink
Backlink ini sebenernya banyak yang nyari. Terutama dari blog yang trafik dan DAnya udah tinggi. Kalau mereka kasih backlink ke kita, waaaaah, bisa banget blog kita ini jadi ikutan naik DAnya dan jadi makin femesss.

Hal yang harus dilakuin buat SEO blog kita

1.Menaruh kata kunci di judul
Menaruh kata kunci yang sesuai sama terget di dalam kalimat judul artikel kita. Misal nih, kata kunci yang kita bidik tuh obat jerawat. Nah, kita masukin “Obat Jerawat Ampuh Acnes Spot Treatment”. nah, menjual banget kan judulnya. Pasti banyak yang nyari artikel dengan kata kunci obat jerawat. Jadi, artikel kita bisa jadi rekomedasi di list mesin pencari.

2.Ubah permalink
Sama kayak judul tadi, di bagian permalink juga perlu dimasukin kata kunci yang dibidik. Misal nih, kata kunci yang mau di targetkan adalah nama brand. Ubah permalink artikel kita jadi nama brand yang sedang kita review.

3.Jumlah kata
Semakin banyak jumlah kata semakin google suka. Coba deh sekarang kalo nulis dipanjang-panjangin minimal 1000 kata, atau 800 kata. Hihihi tapi jangan sampe menurunkan kualitas isi tulisan kita ya.

4.Image
Karena banyak juga yang sering nyari gambar kalo pas lagi browsing, kita juga perlu rename gambar atau media yang mau di upload sesui sama kata kunci yang di targetkan. Tinggal bagian belakang dikasih nomor dan menggangti spasi menjadi ‘-’. Contoh, Betadine-obat-kumur-1, betadine-obat-kumur-2. jangan lupa juga buat mengkompres gambarnya, supaya mempercepat loading.

5.Internal dan ekstrenal link
Supaya pengunjung nggak cuma mandek di satu artikel aja, tambahin internal link yang merujuk sama artikel kita yang lainnya yang berkaitan sama yang dia baca. Misal di dalam review Purbasari Lulur Mandi, kasih internal link ke artikel kita yang lainnya yang berisi “tips mencerahkan wajah”.
Hindarin memasang blogroll di sidebar ya, soalnya itu ternyata dianggap eksternal link sama google. Yang mana, eksternal link yang berifat do follow ini kudu kita hemat-hemat penggunaannya.

6.Meta deskripsi
Meta deskripsi ini penting buat diisi karena ini merupakan deskripsi singkat dari blog kita. Di setiap artikel yang kita bikin juga penting loh nulis meta deskripsi, yang isinya berkaitan sama artikel kita. Supaya pas di temukan di mesin pencari, bia menarik pengunjung dan bikin mereka klik artikel kita.

Nah, itu tadi kurang lebih ringkasan yang bisa saya bikin buat Ngopi Cantik episode kedua kemaren. Sebenernya masih banyak lagi cerita soal SEO yang dibagiin sama Mbak Shinta kemaren. Supaya bisa lebih tau banyak lagi apa aja tips optimasi blog kita, kalian bisa ikutan workshop yang sering dilakuin sama mbak Shinta dan follow sosial medianya buat tau update informasinya.

Semoga cerita super singkat ini bisa kasih gambaran sederhana cara awal buat meningkatkan SEO blog kita di mata Google. Terimasih sudah membaca sampai selesai semoga selalu bahagia :)

Dadaaaaah.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Waaah ilmu baru!
    Thank you kak Rahma jadi makin tercerahkan soal SEO. :)


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe