Fanbo Matte Lipstick ~ Review

5:22 PM

Assalamualaikum.

Kemaren itu saya abis nulis sebuah artikel yang judulnya “Bosan sama matte lip cream? Cobain deh lipstick bullet klasik ini” dan salah satu gincu yang bentuknya bullet klasik yang saya masukin ke artikel itu adalah Fanbo Matte Lipstick ini nih. Yap, ketika kebanyakan brand berlomba-lomba bikin matte lip cream, Fanbo malah ngeluarin gincu matte yang bentuknya bullet klasik kayak gini. Sebenernya setau saya tuh dulu Fanbo udah ada gincu matte, dan kemasannya malah lebih lucu dari ini. Saya dulu sempet nyari dan pengen nyobain tuh gincu matte Fanbo yang lama, soalnya kemasannya lucu kayak pulpen dan miip kayak gincunya Color Pop. Tapi, nggak nemu dan denger-denger gincu yang itu udah nggak diproduksi lagi. Trus mereka akhirnya produksi yang ini deh.


Waktu itu, nggak ada angin nggak ada hujan. Tiba-tiba ada abang kurir dateng bawa bingkisan yang kemasannya kayak kotak coklat gini. Pas dibuka, ternyata isinya all shade Fanbo Matte Lipstick. Bahagia nggak tuh! Bahagia banget lah, berasa dapet kado yang nggak dinyana-nyana. Setelah sekian kali nyobain dan bereksprimen sama Fanbo Matte Lipstick ini, saya akhirnya bisa nulis deh ulasannya. Yuk simak sampe selesai ^^

Nama Produk : Fanbo Matte Lipstick
Netto : 4g
Harga :

Kemasan Fanbo Matte Lipstick


Kemasan dari Fanbo Matte Lipstick ini sebenernya bullet klasik seperti yang saya bilang diatas tadi tuh. Cuma kemasannya emang lebih besar daripada yang Fanbo Fantastic Lipstick. Soalnya saya punya beberapa gincu Fanbo yang seri Fanbo Fantastic Lipstick, jadi bisa bedainnya. Nah, si Fanbo Matte Lipstick ini kemasannya warna merah khas dari Fanbo. Tapi ketika tutupnya dibuka, kemasannya dalemnya tuh kayak terbuat dari bahan plastik yang ringkih dan agak koclak. Mungkin karena Fanbo mau meminimalisir harga jualnya kali ya, jadi kemasannya pilih yang simple gini.

Ada yang unik dari Fanbo Matte Lipstick ini. Dikemasannya ini warnanya hanya diberikan kode nomor dari F01 sampe F010. Tapi di brosur yang disertakan di boxnya ini, ada keterangan nama disetiap shadenya. Nanti saya kasih tau nama-namanya pas swatching dibawah.


Sayangnya ingredient dan informasi lainnya ada di kemasan segel plastiknya yang bakalan ikut hilang ketika segel plastiknya dibuka. Jadinya saya gambisa lampirin deh disini soalnya waktu itu udah gemes pengen nyobain, jadinya langsung dibuang deh plastik segel plastiknya hehe.

Aroma, tekstur, dan pigmetasiFanbo Matte Lipstick


Aroma dari Fanbo Matte Lipstick ini kalo kata saya miriplah sama gincu Fanbo yang lama. Aromanya kalo di endus-endus tuh kecium wangi buah yang seger. Tapi nggak gitu kecium kalo pas dipake biasa. Trus kalo teksturnya sih kesepuluh warna ini mirip-mirip lah. Meskipun Matte, mereka ini nggak seret pas diaplikasikan ke bibir. Karena Fanbo Matte Lipstick ini mattenya nggak sampe yang matte kering gitu, jadi tetep lembut pas diaplikasikan.


Kalo pigmentasinya sih, dari sepuluh warna yang saya punya ada beberapa warna yang menurut saya pigmentasinta agak kurang sih. Warna-warna yang muda dan nude disini beberapa ada yang pigmentasinya kurang dan kurang bisa nutup area gelap di pinggir bibir. Malahan yang warna gelap tuh pigmentasinya bagus. Jadi sekali pulas langsung keluar warnanya dan bisa nutup area gelap dipinggir bibirr.

Swatch Fanbo Matte Lipstick


F01 Classic Orange Red
Warnanya merah klasik dengan hint orens hangat. Warna nomer F01 ini agak mirip sama nomer F10. Pigemntasinya bagus dan daya tutupnya juga bagus. Sayangnya bikin gigi saya jadi keliatan kuning.

F02 Fun Purple Pink
Awalnya saya kira ini bakal jadi warna ungu di bibir, tenyata malah jadi warna pink yang cukup ngejreng. Walaupun warnanya ngejreng, tapi dia bikin wajah jadi keliatan cerah. Pigmentasinya lumayan bagus, tapi sayangnya daya tutupnya agak kurang untuk area gelap di pinggir bibir saya.

F03 Young Bold
Fanbo Matte Lipstick nomer F03 ini juga warna merah tapi lebih ke merah cool tone. Pigmentasinya bagus dan daya tutupnya juga bagus. Nilai plusnya, dia nggak bikin gigi saya keliatan kuning hahah.


F04 Muted Pink Nude
Seperti namanya Fanbo Matte Lipstick Muted Pink Nude ini waranya nude pink. Pigmentasinya lumayan sih tapi ya daya tutupnya agak kurang untuk area gelap di pinggir bibir. Di wajah saya agak terlihat pucat dan kurang cocok sih.

F05 Cute & Pretty Pink
Nah kalo yang ini juga nude sih, tapi nudenya agak lebih ke peachy pink gitu kalo saya liat-liat sih. Nude yang ini lebih cocok di wajah saya, lebih keliatan segar gitu. Sayangnya pigmentasinya agak kurang dan daya tutupnya juga kurang untuk area gelap di pinggir bibir saya.

F06 Edgy Deep Brown
Ini warna kesukaan saya nih. Warnanya tuh coklat cool tone yang ada sedikit mauvenya. Pigemntasi dan daya tutupnya juga oke. Saya sering nih pakai Fanbo Matte Lipstick F06 ini. Sayangnya gincu ini diminta sama sodara saya hahaha *laaah malah curhat.


F07 Natural Pearl
Nomer F07 ini juga warna nude yang cenderung nude peach. Seger kalo dipake buat kegiatan sehari-hari pas lagi pengen keliatan kayak anak polos gitu HAHAHHA. Sayangnya menurut saya pigmentasi sama daya tutupnya agak kurang.

F08 Pretty Salem
Ini nih cakep juga kalo kata saya warnanya. Warnanya tuh fresh kayak warna salmon gitu. Pigmentasinya juga lumayan walopun nggak gitu nutup area gelap di pinggir bibir.

F09 Bright Fuschia Pink
Ini termasuk warna yang cukup ngejreng di antara 10 warna Fanbo Matte Lipstick ini. Warnanya pink cerah yang agak ke oren-orenan dikit. Pigmentasi sama daya tutupnya biasa aja sih. Malah cenderung agak sheer.


F010 Classic Blue Red
Warna noer F10 ini agak unik sih. Namanya Blue Red, tapi saya merasa kalo warna ini mirip sama nomer F01. Merah yang cenderung hangat. Pigemntasi sama daya tutupnya oke kok.


Catatan : Kalau gincu daya tutupnya kurang atau tidak bisa sepenuhnya nutup area gelap di pinggir bibir, bisa diakali dengan pemakaian concealer di bibir dulu buat meratakan warna kulit bibir. Abis itu baru diaplikasikan gincunya. Tapi saya tipe orang yang kurang suka pakai tekhnik ini karena bikin bibir terasa lebih tebal.

Keampuhan dan Daya tahan Fanbo Matte Lipstick


Fanbo Matte Lipstick ini bisa dibilang gincu matte yang melembabkan. Nahloh gimana tuh?

Untuk yang punya bibir kering dan kepengen pake gincu matte tapi nggak mau kalo bibirnya kering, kayaknya bakal cocok sama Fanbo Matte Lipstick ini. Soalnya dia ini matte yang dihasilkan tuh matte moist. Jadi ketika dia mulai set dan jadi matte, Fanbo Matte Lipstick ini tetep bikin bibir lembab. Kelebihan lainnya buat si bibir kering, gincu ini nggak bikin kering di bibir makin keliatan. Tapi ya jenis gincu matte kayak gini tentunya nggak transferproof ya. Kalo dipake makan yang dia akan luntur.


Sedangkan buat pecinta gincu matte yang bener-bener matte kering gitu, kayaknya agak kurang suka sama gincu ini. Soalnya dia hasil akhirnya nggak sampe matte yang sampe kering kayak matte lip cream. Fanbo Matte Lipstick ini juga akan ninggalin stain kalo makan atau minum di gelas. Tapi disisi lain, Fanbo Matte Lipstick ini kerasa ringan di bibir meskipun dia moist.

Kalo daya tahannya sih ya, kalo dipake makan dan minum dia akan luntur dan ninggalin stain di gelas atau sedotan. Tapi kalo nggak dipake makan dan sekedar ngobrol aja dan berkegiatan seharian gitu bisalah awet.

Meskipun dia ini kalo kata saya bisa dibilang moist lipstick, Fanbo Matte Lipstick ini tetep matte kok dan lebih cocok untuk si bibir kering yang pengen nyobain pake gincu matte.

Kesimpulan

Saya sih suka sama Fanbo Matte Lipstick kalo pas saya bibirnya lagi kering dan tetep pengen pake gincu yang hasilnya matte. Apalagi pas puasa gini bibir saya kering, jadi saya pake Fanbo Matte Lipstick ini dan tetep bikin bibir saya moist seharian. Tapi kalo saya lagi pengen pake gincu matte yang bener-bener matte tahan seharian, makan dan minum anti badai ulala syalala dubidubidam, saya nggak akan pakai Fanbo Matte Lipstick. Soalnya Fanbo Matte Lipstick ini nggak transferproof.

Selain itu beberapa warna dari Fanbo Matte Lipstick ini, terutama warna mudanya tuh kurang bisa nutup area gelap di bibir saya. Saya lebih milih warna-warna tua dari Fanbo Matte Lipstick karena dari segi pigemntasi dan daya tutupnya lebih oke ketimbang warna-warna mudanya. Kekurangan lainnya yang saya tangkep ini, pilihan warna dari Fanbo Matte Lipstick kurang variasi. Kebanyakan warna yang mirip-mirip.

Kalo kata saya mah Fanbo Matte Lipstick ini cocok buat yang punya bibir gampang kering yang tetep pengen nyobain yang namanya gincu matte. Soalnya Fanbo Matte Lipstick ini, meskipun matte, dia tetep bikin bibir lembab.


Nah, siapa nih yang udah cobain Fanbo Matte Lipstick? Crita dong dikolom komentar ^^ Kesepuluh gincu Fanbo Matte Lipstick ini bebrapa udah saya bagi-bagiin sama sodara saya biar mereka bisa sama-sama nyicipin Fanbo Matte Lipstick nih. Alhasil gincu Fanbo Matte Lipstick yang jadi favorit saya nomer F06 juga ikutan diadopsi sama sodara saya hahaha. Ini antara lega karena bisa berbagi, sama sedih karena gincunya nomer F06 udah ndak ada.

Semoga ulasan saya kali ini bisa membantu buat yang lagi nyari referensi gincu matte dari merk lokal yang bersahabat sama bibir yang gampang kering. Terimaksih juga udah baca tulisan saya kali ini sampai selesai. Semoga selalu bahagia :*
dadaaaah

You Might Also Like

10 komentar

  1. AKU JATUH CINTA SAMA INI, warnanya cakep2 dan enak di bibir, kesukaanku nomor 7, 8, 9 XD


    www.maryangline.com

    ReplyDelete
  2. Pertama buka post ini langsung scroll liat swatch bibir rahma, eh nggak ketemu. Hahahaa... Asik lipstik ini, harganya terjangkau banget dan warnanya wearable semua

    ReplyDelete
  3. swatch warnanya cakep hihi fotofotomu bikin jatuh cinta :D


    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  4. wah lipstik fanbo ternyata ada yg matte juga yah. baru tahu ^^
    warna 6 dan 7 cocok banget buat ka Rahma :)

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa, hampir semua lipen ini cocok sama aku. Apa Fanbo berencana ini dibuat untuk aku? *digeplak

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  6. Enggak bikin kering bibir dan murah banget yak? Sayang masih sulit diperoleh, terus tutup dan pekejingnya biasa banget jadi ga bisa ngintip warna isinya, juga sama sekali enggak matte malah agak glossy gitu di bibirku, satu lagi, pekejingnya ringkih, masak waktu pertama buka segel dan tutupnya eh batang lipstiknya yang no 5 ikut jatuh lepas dari wadah huhuuw

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe