Cara edit foto blog ala Rahma episode 3 [ Tips Blogging ala Rahma ]

12:28 PM

Assalamualaikum

Blog tanpa foto itu kalo menurut saya, bagai makan rujak tapi gapake sambel. Enak sih, tapi ada yang kurang. Nah, ini lanjutan dari episode Tips Blogging ala Rahma Episode ke 3, yay. Saya kali ini mau bagi cara mudah edit foto untuk keperluan blog. Cara mudah edit foto ini juga bisa dipakai juga untuk feed instagram kamu supaya lebih ‘kamu banget’. Pokoknya tutorial edit foto ini sangat mudah, sangat murah, dan kemungkinan kalian juga udah pada tau kali ya.

Beberapa orang mengira saya pakai kamera khusus buat ngambil gambar di blog ini dan instagram. Padahal saya cuma pakai handphone. Alhamdulillah berarti usaha saya buat memaksimalkan apa yang saya punya, berbuah manis. Karena saya pakai alat foto yang sederhana, jadi saya bikin lebih maksimal lagi di bagian editingnya. Oh ya, cara edit foto ini saya belajar otodidak, jadi saya ya kira-kira aja sendiri ahahha.

Mungkin kebanyakan dari kalian udah pada tau cara ini ya, tapi saya tetep mau share tutorial ini karena barangkali ada yang memang belum tau. Soalnya banyak tahun yang lalu, saya sempat kesulitan juga loh mencari tutorial edit foto yang sesuai sama yang saya mau. Makanya, kali ini saya mau share biar bisa lebih bermanfaat buat yang punya selera foto mirip dengan style saya. Aplikasi edit foto yang saya pakai itu Photoscape. Aplikasi edit foto yang sangat mudah dan sederhana buat pemula seperti saya.

Buka aplikasi Photoscape dan klik menu yang Editor.


Pilih gambar yang ingin diedit. Bisa lewat library di aplikasinya, atau langsung drag foto yang mau di edit ke aplikasi Photoscape.


Aplikasi Photoscape yang saya pakai ini, saya seting pakai menu Bahasa ya. Aslinya saya juga cukup aneh dengan Bahasa, mau ganti pakai English tapi kok lupa terus hahah.

Setelah memilih foto yang mau diedit, klik menu Pangkal >> Warna, Terang. Setelah itu klik Color Temperature. Color Temperature ini setau saya fungsinya untuk mengatur temperatur gambar. Misal gambar yang mau di edit ternyata terlalu Kuning atau warm, bisa di geser ke kanan untuk membuat jadi lebih biru atau cool. Begitu juga sebaliknya. Tinggal sesuaikan aja style foto kamu itu biasanya warm atau cool.


Setelah itu klik Warna Kurva di menu yang sama seperti tadi. Kurva ini setau saya fungsinya buat mencerahkan gambar. Caranya arahkan kurva ke sebelah kiri secara bertahap. Biasanya saya lakuinnya emang bertahap sih, tidak langsung dibikin cerah. Jadi digesernya dikit-dikit.


Lalu tinggal atur kontrasnya deh di menu yang sama tadi, klik Lebih Kontras. Ada tiga pilihan kontras yang bisa dipilih, rendah, sedang, tinggi. Bisa pilih sesuai sama keinginan.


Supaya gambar lebih detil dan tajam, klik menu Tajamkan. Trus pilih kadar ketajaman sesuai yang di mau. Biasanya saya tajamkan dari 4-6 tingkat.


Nah selanjutnya bagi yang suka efek Bokeh, ada juga nih disini cara gampangnya heheh. Klik menu Tapis, trus pilih Daerah (Hilangkan Fokus). Banyak pilihan yang bisa dicoba, tapi saya biasanya cuma coba yang Buramkan untuk efek bokeh.


Di kotak dialog tadi ada menu Level, Ukuran, Kelembutan. Level ini tuh tingkat seberapa buram daerah yang di bikin buram. Trus Ukuran ini adalah seberapa besar daerah yang dibikin jelas atau yang dibikin tidak buram. Bentuknya lingkaran, dibagian atas gambar preview itu juga ada menu bentuk lain selain lingkaran. Kelembutan ini tuh tingkat kelembutan transisi antara dearah buram dan derah non buram.


Disana juga ada menu “T”, itu tuh menu text yang saya pakai buat ngasih watermark di foto saya. Taruh watermark di area strategis supaya foto tidak mudah di curi gitu aja.


Ada juga menu Picture. Saya biasanya paki menu ini buat nempelin watermark logo default blog saya di sudut foto.



Selesai deh tinggal save dan bisa langsung dipakai buat diupload ke blog atau instagram. Kalau untuk keperluan blog, biasanya saya masih melewati proses kompresing foto. Soalnya foto, setelah di edit di Photoscape sizenya bisa naik dua kali lipat.




Kenapa pilih Photoscape ketimbang Photoshop?

Karena saya Photoscape itu lebih mudah dan praktis sih sebenernya. Menu yang ditawarin juga lumayan komplit. Bisa buat bikin gambar gif, kolase gambar, dan lain-lain. Menu editingnya juga lumayan lengkap dan praktis banget untuk pemula, tidak ribet harus geser kanan kiri, atau tidak perlu ribet dengan angka-angka hahah. Pokoknya cocok deh buat pemula. Tapi ada beberapa menu edit yang tidak saya temui di Photoscape.

Lalu, kalo Photoshop itu aplikasinya bagus banget, komplit, dan lebih profesional. Segala menu edit ada disana, tinggal tambah plug in aja kalo mau tambahan menu edit. Tapi, karena saya biasanya edit foto banyak sekali, saya kadang suka kerepotan kalo pakai Photoshop. Saya masih kok edit foto pakai Photoshop ini, pas foto wajah itu biasanya saya benerin backdropnya pakai Photoshop. Kalau bikin banner saya juga pakai Photoshop.

Sebenarnya saya juga masih mencari-cari lagi aplikasi edit foto yang mudah, praktis, dan lengkap semacam Photoscape. Jadi, kalau kalian yang baca artikel ini, saya mau rekues dong. Tolong bikin juga dong, blogpost atau tulisan tentang aplikasi apa yang dipakai buat edit foto dan gimana caranya. Plis yaa ~. Nanti kalo ada yang udah punya bisa tolong tag saya di Sosial media ^^ Yuk, saling share informasi.





Oh ya, tau tidak kalo ada yang baru d blog saya hihihi. Cek deh di menu Bar sebelah kanan sama atas. Ada menu Series. Nah di bagian Series ini ada beberapa tulisan saya, yang saya buat dalam bentuk series dan dibuat berkelanjutan episode-episodenya. Ada tentang OOTD of the Month, Tips Blogging ala Rahma, dan #rahmaDietLOh. Cerita lengkapnya bisa di cek di bawah ini ^^

http://www.rahmabrilianita.com/p/series_9.html
Nah, sekalian biar ada produk yang difoto dan di edit, jangan lupa belanja di Sociolla dan pakai kode voucher saya SBNLA0JG biar bisa dapet potongan diskon 50.000 dengan minimal pembelanjaan 250.000 ^^ banyak juga loh produk lokal yang berkualitas yang dijual disana. Bisa langsung klik banner dibawah ini ^^
www.sociolla.com?utm_source=community&utm_medium=cpc&utm_campaign=Rahma Brilianita

Akhirnya sampai juga diujung tulisan. Semoga tulisan saya kali ini bisa membantu buat yang sedang kebingungan mencari aplikasi edit foto yang mudah dan praktis. Jangan lupa share tips versi kalian ya ^^

Terimakasih sudah membaca sampai selsai dan semoga selalu bahagia.

Dadaaaah

You Might Also Like

10 komentar

  1. Wah kak, tutorialnya bener-bener membantu
    jadi bisa nambah ilmu nih hehe

    nadithaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Kiat kiat nya bermanfaat nice share

    ReplyDelete
  3. Aku kalo ngedit foto lebih sering di photoscape, aku kurang ngerti kalo pake photoshop.. --" makasih tipsnya buat edit foto di photoscape, membantu bangett :D

    hollabeautievers14.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Aku pun kalau ngedit lebih suka pakai photoscape kecuali kalau mau pakai font pakai photoshop. Soalnya beberapa font nggak support di photoscape. Entah kenapa. Padahal lebih enak di photoscape deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku juga kalo mau macem macemin font juga di photoshop ahaha di photoscape ada beberapa fitur yang kurang. tapi udah oke banget dan photoscape ini :D

      Delete
  5. Ih sama aku juga pakai Photoscape. Aku pemegang prinsip, foto bagus minim editing jadi diusahain ngeditnya nggak ribet haha. Dan photoscape ini aplikasi jawabannya

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe