Tips Foto Blog ala Rahma [ Episode 2 ]

9:38 AM

Assalamualaikum.

Semenjak mainan blog, saya jadi jatuh cinta sama yang namanya main fe-fotoan. Apalagi sejak adanya Instagram, makinlah saya jadi suka sama yang namanya seni ngejepret foto. Mulai dari pakai kamera saku, minjem kamera kakak, pake kamera hp sendiri dan sekarang lagi proses ikhtiar nabung buat beli kamera yang lebih mumpuni lagi #tsaahh. Mulai dari tidak di edit sampai belajar otodidak editing foto. Ya walaupun sekarang juga saya masih belum mahir mainan yang namanya aplikasi-aplikai foto editor sih, tapi saya masih giat belajar kok.

Banyak yang bilang karena saya ini anak golongan darah A, makanya kalo mau ngambil foto itu kudu ribet. Ya, ribet, itusih kata mereka. Kalo kata saya, ya memang ribet sih, hahah. Karena saya pengen foto yang saya sajikan di blog ini atau di instagram tuh bagus. Bahkan kadang saya stres sendiri karena setelah ngambil foto sekian banyak, pas masuk aplikasi editing, eh malah fotonya jelek. Saya kadang tidak ragu buat ngambil ulang foto produknya. Lebay memang, tapi ya gimana. Kalau nggak diturutin bisa getun sendiri, HAHAHAH.


Saya bikin episode kedua seri Tips Blogging ala Rahma dengan judul Tips Foto Ala Rahma ini bukan berarti saya mau bilang kalo foto saya ini sempurna dan saya ini masternya loh. Bukaaan, bukan banget, salah banget. Malahan kadang saya males liat hasil foto yang sudah saya upload sendiri, karena kadang saya bakalan kepikiran “wah ini kurang begini, harusnya gini nih, hmmm”. Ngeselin emang saya nih, pffft. 


Saya bikin episode kedua dengan judul ini karena, jaman saya dulu mulai demen ngejepret foto buat blog, dikitttttt sekali artikel yang kasih share tentang cara mereka ngambil foto buat blog. Dulu bahkan bisa dibilang cuma beberapa artikel aja sih yang bahas tentang cara foto blog yang sesuai dengan keinginan saya. Sekarang mungkin di google udah banyak sih, tapi ya kalo kalian satu selera jenis foto blog sama saya, yaa yuk bantuin saya buat baca tulisan saya ini sampai selesai hahahah.

Catatan : Ini adalah tips foto blog ala rahma ya, soalnya setiap orang punya seleranya sendiri-sendiri. Saya juga belum mahir-mahir banget, tapi kali ini saya mau share ilmu saya yang sedikit ini supaya ada yang bisa bantu nambahin ^^

1. Alas Foto


Karena di episode kedua soal fe-fotoan ini saya mau bahas perlengkapannya dulu, jadi saya mau share alas foto yang biasanya saya pakai kalo lagi foto buat keperluan blog. Beberapa orang nanya ke saya, saya biasanya pakai alas foto apaan sih?.

Dulu 2014an kalo tidak salah, saya suka pakai alas foto yang berbau alam-alam. Saya biasanya pakai rumput-rumput deket rumah, kayu-kayu tumbang, serbuk gergaji, tanah, dan lain-lain. Waktu itu kamera saya masih sangat minim, jadi saya blum begitu ngerti gimana mainan kamera. Dulu itu saya udah seneng mainin seni di pengambilan foto produk buat blog, tapi ya karena minim kamera jadinya ya seninya kurang dapet lah.


Masuk ke tahun 2015an saya mulai pakai alas kertas. Waktu itu saya sempet mau ngekonsep Instagram saya dengan jenis warna-warni. Saya beli kertas di toko buku waktu itu kertas manila, kertas kado yang ada embossnya, dan kertas kado yang paternya unik. Supaya kokoh, dulu saya kasih lapis alasnya pakai papan gabus sterofoam. Tapi sayangnya kalo pake media kertas jadinya mudah lusuh, dan mixing warnanya supaya konsep full color di instagram saya waktu itu cukup kesulitan.


Nah, tahun 2016an saya berasa mulai menemukan jati diri nih hahaha. Saya ini anaknya suka sama yang simple, rapih, bersih dan putih. Kalau lihat flatlay di pinterest tuh berasa saya dapet tambahan vitamin. Pokoknya mood booster banget. Lalu saya kepikiran untuk ngembil konsep yang sama buat instagram dan blog saya. Saya mulailah konsep putih di blog dan Instagram saya. Kalo untuk blog saya udah dari dulu awal ngeblog sih udah pake konsep putih.


Lalu untuk masalah alas foto, waktu itu saya kepikiran untuk pakai whiteboard lembaran yang ada di toko buku. Saya beli lah waktu itu selembarnya 6000. Iya, murah banget kan. White board lembaran saya itu udah nemenin saya kurang lebih setahunan deh. Trus abis itu saya upgrade deh beli yang agak gedean harganya 15.000 saja sodara-sodaraaa. Tapi saya salah beli waktu itu. Dulu saya beli yang garisnya biru tuh media putihnya lebih luas, ini saya beli yang garisnya item malah media putihnya tidak gitu tambah luas. Makanya saya mau beli lagi yang gede tapi yang garisnya biru, kalo gasalah harganya cuma 10.000 deh. Alas whiteboard lembaran ini cukup awet loh, tidak gampang lusuh dan rusak, kalo kotor bisa dibersihkan lagi.

2. Pelengkap Foto


Ada yang bilang kalau mau foto produk, pelengkap fotonya gaboleh banyak-banyak karena takut kalo produknya kalah fokus. Tapi itu tidak berlaku di saya. Saya malah suka kalo pelengkap fotonya rame. Asalkan komposisinya enak dipandang dan sesuai. Dari dulu saya juga pakai pelengkap yang ada bau-bau alamnya, ya daun-daun, ya bunga-bunga.

Trus sekarang kan lagi tren tuh bunga-bunga palsu yang bisa dijadiin properti foto. Nah, karena saya ini anaknya medit dan tidak mau rugi, jiwa ke-DIY-an saya membara tuh. Saya akhirnya bikin deh bunga-bungan sendiri dari kain. Dari trial and error sampai akhirnya saya berhasil bikin beberapa tangkai bunga buat properti foto. Bahkan saya berhasil bikin bunga matahari uh, senangnya. Hobi saya yang satu ini ternyata ngehasilin uang juga, beberpa kali teman-teman saya order bunga-bungaan ini buat dijadiin flower crown. Bahkan saya sekarang lagi belajar bikin hand bouquet hahaha #malahpamer


Jiwa ke alami-alamian saya ini tetep bikin saya suka memasukan unsur dedauan di foto-foto saya. Saya biasanya ngambil daun hidup dari daun bambu jepang yang kepanjangan, daun bunga bugenfil, daun kedondong, daun-daun kering, dan daun-daun lainnya yang sekiranya unik. Tapi saya tidak asal nyomot daun hidup ajaloh, saya pilih daun hidup yang dia udah panjang menganggu dan memang sudah masanya untuk di potong.



Selain pakai daun hidup, saya juga punya koleksi daun-daun palsu yang biasanya saya pakai. Saya beli di toko-toko perlengkapan DIY tuh. Jadi pinter-pinter aja nyari di pasar, dimana toko perlengkapan taneman palsu dari kain atau plastik.


Saya kadang juga pakai properti yang ada disekeliling saya atau properti pendukung yang saya beli karena memang unik. Pinter-pinternya kita ajalah ngeliat keseksian dari benda-benda yang ada di sekitar kita. Saya kadang pakai majalah, stik eskrim, nampan, potongan kertas, potongan bambu, koran, kalung dan lain-lain.


Yang paling ketara dari tanda kalo udah masuk ke kadar tinggi kesenengengan fe-fotoan adalah selalu hunting benda-benda lucu. Dimana aja, kapan aja, selalu gemes liat benda-benda lucu dan muncul aja gitu ide buat ngemadu padanin benda itu buat properti foto.


3. Komposisi warna


Bagian ini saya sendiri mengakui terang-terangan kalo saya belum mahir. Saya masih belajar nih soal komposisi warna di objek foto saya. Soalnya kadang ketika saya memadu padanin beberapa properti foto, kadang hasilnya terlalu kusam atau kadang juga jadi monoton jadi sulitlah buat di edit. Biasanya saya akalin dengan memasukan properti foto yang berwarna kunig dan hijau di foto saya. Biasanya warna-warna itu bisa banget deh nolong.



Kalo perkiraan saya sih, kayaknya karena kamera saya yang belum mumpuni sih. Hmmm Makanya, doain saya dong biar buruan beli kamera baru yang lebih mumpuni hahhahaa. #ujung-ujungnya,

4. Kamera


Ini juga yang lumayan banyak ditanya orang. Banyak yang mengira saya pakai kamera yang sudah canggih pro-lah. Tapi nyatanya, saya masih mainan fe-fotoan dengan kamera hp saya. Alhamdulillahnya, saya sudah ditemenin sama hp saya ini buat main fe-fotoan dan ngerjain puluhan tulisan bareng. Dan sepertinya dia sudah sedikit mulai lelah, tapi saya bakalan terus semangatin dia supaya tetep kuat sampai saya dapet kamera baru hahhahh.


Dulu saya sempe pakai kamera saku merk Sony Cybershoot, cuma karena masalah batre yang konslet jadi eror tidak bisa dipakai lagi. Abis itu saya mainan fe-fotoan pakai Samsung seri Young yang kameranya 2.5 mp masih inget sekali saya hahha, masuk 2014-2015 saya main fe-fotoan pakai Samsung serinya lupa pokoknya kameranya 5 mp, dan lumayan lah waktu itu foto saya ada peningkatan hahha. Masuk ke 2016 dan sampai sekarang saya pakai Asus Zenfone 2 dengan kamera 13 mp. Alhamdulillah pokoknya yang penting foto saya masih keliatan cukup jelas, jadi saya maksimalin di editingnya sih.

Kamera hp jaman sekarang udah canggih-canggih kok, jadi saya maksimalin aja apa yang saya punya saat ini dan sembari nabung tentunya hiihih

5. Waktu Jam Ambil Foto


Seperti yang saya bilang tadi kamera yang saya pakai masih minim fiturnya, jadi saya yang harus bangun pagi buat dapet pencahayaan yang cantik menurut saya. Ya, saya pagi-pagi ibaratnya th kayak judul film, mengejar matahari hahaha. Saya suka pencahayaan matahari pagi dari jam 08.00-10.00. Cahayanya masih alami dan sejuk menurut saya. Kamera saya juga bisa bekerja dengan lumayan bagus dengan pencahayaan di jam-jam itu.


Kalau semisal jam 12.00 atau siang gitu, kamera saya kurang bisa menangkap fokus objek foto karean cahayannya udah terlalu kurang bagus menurut saya. Kalau sore hari bisa juga sih, sejuk gitu tapi menurut saya tidak tau kenapa, saya lebih suka sejuknya cahaya pagi.


6. Edit Foto


Nah, bagian edit foto ini sebenernya mau saya jadiin satu di episode ini, tapi kayaknya udah kepanjangan deh artikelnya. Jadi, saya bakalan masukin ke episode selanjutnya aja deh ya, biar konten Tips Blogging ala Rahma tetep ada terus hahahah.

~
Nah ada tambahan dikit nih, dalam satu hari biasanya saya jarang ambil foto produk untuk blog lebih dari 2 produk, pernah sih 3 produk tapi jaraaaang sekali. Kenapa? Karena tastenya beda aja gitu, contoh nih saya mau ngefoto produk eyeliner, saya dapet tuh idenya buat dikombinasiin sama ini itu ini itu. Selesai foto produk eyeliner, saya mau foto bedak contohnya. Muncul tuh ide ngepadu padanin bedak sama beberapa properti. Tapi, kalo dihari itu saya mau ngefoto lagi produk lain, biasanya moodnya udah jelek. Ide buat ngepadu-padanin properti saya biasanya udah seret hahah. Makanya sehari saya maksimal foto untuk 3 produk.

Kalau kehabisan produk yang mau di foto gimana tuh? Gampang deh, tinggal beli kosmetik baru di Sociolla dan pake kode saya SBNLA0JG dapetin potongan 50.000 buat minimal pembelanjaan 250.000, gampang banget kan?^^


Itu tadi episode kedua tentang tips foto blog ala rahma. Semoga tulisan saya kali ini bisa ngebantu buat yang sedang nyari referensi konsep foto blog. Kali aja kita satu selera ya kan ^^ Boleh dong kalian juga tulis tips foto ala kalian di blog kalian, tentunya saya akan baca karena bisa buat nambah ilmu juga kan asikkk. Maafin kalo banyak typonya karena saya nulisnya malem-malem sambil sakit perut #baper

Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia.

dadaaaah

You Might Also Like

27 komentar

  1. Hai sisy! Wah post kamu yg ini sangat inspiratif sekaliii. btw itu alas papan tulis tuh yg ky gmn sih? *belom ada bayangan* kalo ke toko buku gitu bilangnya apa? hehehehe. Btw, nice to know ur blog! :)

    elisaethgultom.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihh :* bilang aja whiteboard lembarang gitu :D

      Delete
  2. Aku juga A loooh dan bener banget ribet. Aku juga ribet. Segala alas foto ku pake belakangnya kalender yg putih teksturnya agak glossy juga kan. Tpi kayanya masih ribetan rahma deh diliat dri props nyaaa wkwk

    Btw Rahma aku suka DIY bunga kamu lohhh, jualin dong :p

    ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaakkaaka iyaaa bangeet kadang kalo mau foto tuh ribet ngeberesinnya juga

      Delete
  3. Thank you for sharing tipsnya Rahma πŸ˜„πŸ‘

    ReplyDelete
  4. Hiiii kita sesama golongan darah A dan hapenya sama pula hhaha. Aku juga ribet jalau foto. Tapi kok punyaku hasilnya gitu doang ya 😒 punyamu cakep2. Kalau ngomong soal properti kayanya kita beda aliran yah rahma. Aku malah ga suka terllau banyak properti soalnya aku pusing rasanya. Makanya koleksi propsku minimalis wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kan ernnn hihi, ho oh selera sih ya aku sukanya yang rame hahah

      Delete
  5. kak Rahma banyakin tips foto ya hihi, aku anaknya males ngurusin foto tapi pengen hasil foto bagus *banyak mau X)

    ReplyDelete
  6. Tks infonya keren bgt mb Rahma. Slm kenal ya...mampir yuk ke blog aku 😊

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget kak infonya. Berguna banget nih karena aku juga pakai kamera HP. Cukup minder sih aku pakai kamera HP, tapi setelah lihat post kak Rahma, aku jadi terinspirasi. Makasih kakak cantik.

    Oh ya, kalau ada waktu, coba mampir ke blog aku ya kak. Thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama samaaaa :* iya kita maksimalin aja apa yang kita punyaaa :)

      Delete
  8. Mbaak rahmaaa bermanfaaat banget tipsnya. Bisa dipraktekin langsung nih biar hasil jepretan makin kece 😁

    Salam kenal mbaak ya. Ngefans ih sama hasil fotonya. Cantikk 😍

    ReplyDelete
  9. Padu padan warna ini nih yang masih kurang saya. Bahkan penataan letak properti belum bisa-bisa :( padahal pengen banget nyoba flatlay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangaat, aku biasanya terinspirasi dari liat2 pinterets kok :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kreatif sekali Mba :D Semua foto-fotonya keren :D

    ReplyDelete
  12. " Malahan kadang saya males liat hasil foto yang sudah saya upload sendiri, karena kadang saya bakalan kepikiran “wah ini kurang begini, harusnya gini nih, hmmm”. Ngeselin emang saya nih, pffft." Ya ampun kalimat ini saya banget juga mbak, saya juga bergolongan darah A dan ya A kayanya teribet diantara goldar lain *nyari temen*

    ReplyDelete
  13. Ah kita sama lho golongan darahnya... Aku juga rempong kalo mau ngambil foto buat blog. Baru belakangan ini sih mulai niat ngambil fotonya. Rasanya greget gimana gitu kalo foto di blog cantik-cantik. Sampe pengin nge-hapus postingan jadul yang fotonya meh banget, tapi kok sayang juga yah... Hihihi

    ReplyDelete
  14. waaa... cantik bunga buatannya :)

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka pakai putih sekarang, tapi prop ku masih kuraang ._.

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget foto-foto rahma.. malah aku ga tau loh ma kalo kemaren rahma ga bilanh foto pake hp..aku kira pake kamera apa gitu.. keren ma

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  17. kalo pake whiteboard gitu buat alas aja langsung gitu ga dilapisin apa apa lagi?
    astaga itu bunga bungaan bikin sendiri? lucu amat fixxx kalo aku married beli bunga di kamu #lah
    komposisi warnanya pinter banget dah :(((

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe