Tips Blogging versi Rahma Episode 1

7:44 PM

Assalamualaikum.
Sudah dari 2011 saya nulis di blog ini. Kadang moodnya nulis bisa naik sampai sebulan bisa publish lebih dari 6 post, kadang moodnya turun sampe mau publish 3 post sebulan aja ngos-ngosan. Yang namanya nge-blog, menurut saya naik turunnya mood nulis itu wajar. Kadang karena bosen sama suasana, kadang karena lagi kosong inspirasinya dan kadang juga karena lagi sibuk di kegiatan lain. Tapi, prinsip saya, wajib banget publish minimal 3 post perbulan (*demi dapur tetep ngepul dan demi bisa jajan gincu ayey.


Nah, kali ini saya mau bagi tips nih. Tips rahasia dapur blog ini supaya tetep ngepul dan supaya tetep ada post setiap bulannya. Tips rajin nulis di blog versi saya. Yap, digaris bawahi, *ini versi saya*. Tipsnya berupa cerita gimana saya nulis dan gimana numbuhin ide supaya tetep ada post yang bisa ditulis. Sederhana banget sih sebenernya, mungkin kebanyakan orang juga ngelakuin apa yang saya lakuin ini. Tapi, kalo kamu bukan dari kebanyakan orang itu, yuk mending simak sampe selesai gimana cerita saya dari muncul ide sampe bisa betelor jadi post dan di publish.
 

Tips 1. Buku catatan. 

 Nah, saya dulunya bukan tipe orang yang nge-usrek-usrek di buku dulu baru diketik dan di publish. Dulu, biasanya saya simpen di pikiran lalu langsung di eksekusi di blog. Tapi semenjak saya kebanyak micin, *hew, saya jadi sering pelupa. Ide muncul kalo tidak di permanenkan dalam wujud tulisan, pasti akan ilang seketika seperti buih putri duyung hahaaha.



Jadi, saya selalu nulis ide-ide konten apa yang akan saya tulis di blog ini setiap bulannya. Saya juga nge-list urutan daftar publish review sesuai urutan. Selain itu, karena sebelum mateng jadi sebuah review produk, saya pasti akan coba produk itu selama minimal 2 minggu, bahkan kadang minimal sebulan baru bisa muncul fix reviewnya. Nah, dalam waktu selama itu saya kadang lupa, "ini kemaren dipakenya gimana ya, gini efeknya, atau gitu efeknya". Makanya selama perjalanan saya nyoba produk itu, saya sambil nulis. Saya udah ngabisin satu buku ini sampai buluk dan bahkan covernya sudah ilang. Heu.





Karena ini udah tahun 2017, makanya saya beli buku baru yang bisa bantu saya nulis-nulis catetan selama bikin review. Supaya tidak bosen dan ada ciri khasnya, saya order custom book dari @basiccraft. Saya desain sendiri cover bukunya, ini maksudnya gambar saya gitu. Saya juga kasih nama saya dan alamat blog ini supaya ada ciri khasnya juga. Pokoknya cakep dan rekomen deh order custom book ini. Di instagram sebenrnya ada banyak custom book yang harganya mulai 70 ribuan. Tapi saya bisa order custom book ini cuma 50ribu aja. Dan bisa rekues lagi covernya mau seperti apa, bahkan saya udah bawel banget ngekoreksi mulu cover buku saya. Untungnya ownernya ramah dan tidak kick saya karena bawel, heuheu.

Ini bagian cover belakang, saya bikin beda. Karena saya anaknya pengennya banyak yak hahahahah. Jadi awalnya galau mau cover gambar peta atau gambar doodle. Akhirnya dibikin beda aja cover depan belakangnya hahaha


 

Tips 2. Pulpen warna-warni

Nah ini sebenernya masih ada kaitannya sama tips 1. Karena saya suka nulis di buku dulu, saya pengen suasana buku saya dan review-review mentah saya itu tetep enak diliat dan tidak monokrom aja. Makanya saya beli pulpen warna-warni ini. Ditambah lagi ini saya beli juga pulpen unik yang bisa goyang-goyang (*bukan pulpen inul.).


Pulpen-pulpen ini saya beli supaya saya bisa bikin aksen-aksen di jurnal saya ini. Saya kasih aksen hasil liat contoh aksen di pinterest. Supaya buku saya tetep enak di baca lagi, dan saya pun tetep enak nulisnya.

sumber
sumber
Di buku jurnal saya, saya bikin kalender, list email penting, list project, list review yang harus terbit, list deadline, dan lain-lain. Semua saya buat pakai pulpen warna-warni ini dan hasil nyari inspirasi aksen di pinterest.

Tips 3. Foto menarik.

Sebisa mungkin saya bikin foto produk atau foto pendukung post di blog ini semenarik mungkin. Hasil foto yang clearn dan jelas. Tapi, karena peralatan masih seadanya. Saya maksimalkan fotonya juga dengan perjuangan nih. Hampir semua foto produk dan foto instagram saya ini saya foto pakai handphone saya. Saya foto, lalu saya transfer ke pc untuk di edit semaksimal mungkin supaya hasilnya jelas. Saya juga selalu pakai cahaya matahari, saya ambil foto pas kondisi cerah tanpa mendung di posisi jam 08.00-10.00 pagi.


Nah, kadang saya juga suka habis ide nih. Kehabisan ide pas buat foto bikin saya bete dan mood drop buat nulis. Makanya saya suka main ke toko-toko yang banyak pernak-perniknya buat beli properti foto. Saya lebih seringnya bikin sendiri sih propertinya. Tapi kadang saya juga cari ide foto lagi-lagi dari pintetest. Pokoknya bagi saya pinterest ini aplikasi wajib daaaah.

Tips 4. Aplikasi 

Nah saya jarang sekali nulis review di PC langsung. Saya biasanya nulis di note handphone. Karena, kadang kalo mood lagi bagus-bagusnya, saya maunya langsung nulis aja. Makanya saya download nih aplikasi buat bikin draft tulisan. Jadi bisa nulis dimana aja dan kapan aja. Kalo draftnya udah siap, foto-foto juga udah siap, saya akan upload tulisan saya dari note ini ke aplikasi blogger. Lalu setelah di transfer, saya akan safe draft dan upload foto sana setting badan postnya di pc supaya lebih leluasa.

Tips 5. Share di sosial media

Nah ini nih, kalo sudah publish tulisannya di blog. Saya akan blast link blogpostnya di semua sosmed. Bukan hanya semua sosmed sih, tapi semua grup-grup di whatsapp dan grup-grup lainnya lagi.

Nah, itu tadi sedikit tips blogging ala saya. Nanti saya akan bikin lanjutannya lagi seputar foto-foto dan perkakas perang apa saja yang saya pakai buat foto produk. Pokoknya kudu banget di bookmark yak alamat blog saya hihihi *Plisss
hahaha

Ada sedikit tambahan tips dari saya, kalo lagi keabisan produk yang mau direview, bisa banget buat jajan makeup di Sociolla. Saya juga ada voucher 50.000 potongan belanja di Sociolla cuma dengan masukin kode SBNLA0JG. Atau bisa langsung klik gambar dibawah untuk direct langsung ke Sociolla dan pakai kode vouchernya ^^

www.sociolla.com?utm_source=community&utm_medium=cpc&utm_campaign=Rahma Brilianita


 Semoga cerita kali ini semoga bisa membantu, dan share dong tips blogging versi kalian ^^
Terimakasih sudah membaca sampai selesai, semoga selalu bahagia :)


dadaaaaaah

You Might Also Like

21 komentar

  1. Wah, makasih rahma infonya.. Aku juga kadang kesulitan untuk mengingat.. Memang kebanyakan makan micin kayaknya..wkwkwk

    Www.florensiasella.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah mari kita imbangi micin kita sama buku catatan haha

      Delete
  2. Maaahhh,, aku juga nulis di buku dulu. *toss kebanyakan mecin*. Tapi tulisan ku seadanya ajah. Yang penting bisa ku baca balik. Haha..

    Thank you for sharing mah.. :)

    Request: tips foto dan editin gambar don mah. *dikasih hati minta jantung.

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa rahma & liamelqha, aku juga corat coret dulu di bukuuuu.... Rahma oke banget notesnya :love :love Aku mah pake agenda tahunan yang dari hokben -.-"

      Delete
    2. Wahahah iya ka Lia biar sesuai jalur dan bisa tep ngemicin hahaha
      Sip insyaAllah aku bikin episode lanjutannya hahah

      Nyonyamalas yang rajin mencatatt asikk, hahah gapapa pake hokben asal sekalian vocer makannya jugaa hihi

      Delete
  3. hahaha samaaaa aku juga suka nulis di notebook kecil gtu cmn gak sbagus kamu wkwkwkwk *talenannya lucuuukkk *0*

    hatta-shani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar makin semangat kalo notenya cakep hihi. Iya itu talenan bikin sendiri loohh ayok bikin ^^

      Delete
  4. thanks for sharing mba

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  5. Noted this Ma, aku masih suka males nulis di buku, paling cuma poin penting yang super pendek, sisanya aku transfer ke otak. Karena sekarang kebanyakan micin juga jadi sering lupa wahaha


    ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga gitu ran, eksekusi langsung ke blog, cuma suka lupa hahah jadi ya ditulis aja deh hihi

      Delete
  6. Ceu Rahma, gimana ini draftku numpuk belom ke publish2 -,-

    fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah ayoo fuji, klik klik klik publish publish publish hahah

      Delete
  7. Rahmaaa Makasi banyak tips nyaaa.. Aku selalu suka banget foto rahmaaa.. hoho

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  8. Maaahhh,, aku juga nulis di buku dulu. *toss kebanyakan mecin*. Tapi tulisan ku seadanya ajah. Yang penting bisa ku baca balik. Haha..

    Thank you for sharing mah.. :)

    Request: tips foto dan editin gambar don mah. *dikasih hati minta jantung.

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
  9. Aku tim langsung nulis nih nggak pakai nulis dibuku wkwk. tapi iya sih kadang ada ide yang kelupaan. Nice to share Rahma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya erny kebanyakan mamam goyengan nihh jadi pelupa yak hahaha semangaaat ernyyy

      Delete
  10. wahhh journalnya cakep banget , gambarnya lucu xD
    jadi inget tahun baru beli jurnal biar lebih terorganisir ehhhh udah ke sekip aja 3 bulan gak pernah di isi hiks

    mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Buku catatan, pulpen warna-warni, ambil foto jam 8an, dan pintereeest, itu juga aku bangett :D
    Bahkan baru-baru ini aku iseng bikin Blog post planner ala-ala pinterest. Jadi tambah semangat nulis+idenya gak terbang begitu aja :D

    www.vidazenitha.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. *brb ngecek @basiccraft*
    WHY PULPEN INUL SIH WAKAKAK
    astaga itu jurnal bagus amat buset dah mau nangis liatnya wkwkwk aku nulis bisa kebaca aja dah sukur :")
    wah ambil fotonya jam 8-10 pagi yak.. Aku malah jam 12an gitu biar silau wakakak
    demi apa sih kamu nulis di aplikasi.. aku gabisa loh kayak gitu wkwk enakan ngetik di laptop biar kesannya kayak penulis banget (?)

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe