DIY Fabric Flower

6:21 PM


Assalamualaikum.

Halo, postingan kali ini saya mau kasih lihat hasil karya tangan saya baru-baru ini. Awalnya saya kebingungan mau foto produk tapi kehabisan ide untuk properti pendukungnya. Yah, kalo saya mau foto produk tanpa properti pendukung tuh seperti minum es jeruk tidak dikasih gulam, em kecut.

Singkat cerita, saya ini emang demen sekali dengan yang namanya kembang. Apalagi mawar putih. Saya pergi ke Jolie untuk lihat-lihat barang disana, kali aja ada yang bisa dibeli untuk propertk foto. Eh, ada bunga palsu banyak sekali. Ada satu yang saya suka, mawar warnanya putih gading. Pas saya lihat harganya, buat saya itu kemahalan. Saya kecewa, uh. Untungnya saya pulang tidak bertangan hampa, saya pulang bawa maskara. Pssst...ntar saya review maskaranya hihihi. 

Lalu saya cari-cari di youtube, saya cari DIY Fabric Flower. Nah saya dapet satu video yang ngasih tutorial bikin bunga dan caranya mudah. Sebagai DIY lovers pasti punya kan persediaan atau alat-alat untuk berkreasi, nah saya langsung cek lemari DIY saya yang isinya semua kebutuhan ber-DIY. Pas deh semuanya ada, dan yang kalian butuhkan itu adalah.

Gunting, korek api, lilin, kain warna bunga dan kain hijau untuk daun, benang dan jarum jahit, jarum pentul.


Lanjut saja, saya mau bagikan bagaimana caranya membuat bunga dari kain dengan mudah. 

~ Pertama, lipat kain menjadi persegi panjang dan lebarnya disesuaikan dengan ukuran bunga yang diinginkan. Tancapkan jarum di tengah agar kain tidak goyah. Potong sesuai ukuran yang diinginkan. Kalau saya, saya buat persegi saja. 


~ Kedua, setelah menjadi persegi empat, jangan lepaskan dulu jarumnya. Gunting melingkar kainnya, sesuai dengan ukuran yang diinginkan. 


~ Ketiga, nyalakan lilin. Dekatkan pinggir-pinggir kain yang sudah digunting bulat-bulat tadi sampai melingkar dan terlihat seperti mangkok. Hati-hati jangan sampai gosong dan melukai tangan. Jadi deh kelopak bunga.


~ Sekarang, satukan semua kelopak bunganya satu persatu dengan jarum dan benang jahit. Ambil satu kelopak, pilih yang paling kecil. Bentuk seperti gambar dibawah lalu jahit dan kunci sudut bawahnya.


~ Pasangkan satu persatu kelopak melingkar seperti kelopak bunga mawar biasa sampai membentuk bubga, dengan cara yang sama yaitu jahit bagian bawahnya.


~ Kalau saya satu bubga butuh 8-10 kelopak bunga. Lebih cantik kalau saya lebih suka 10 kelopak, biar bunganya semakin mengembang hahah


~ Ambil kain hijaunya, lalu bentuk seperti daun berjumlah tiga seperti digambat dibawah ini, lalu bakar pingir-pinggirnya dengan api lilin seperti kelopak bunganya tadi.


~ Satukan bunga dan daunnya menggunakan benang jahit atau lem tembak. 


~ Untuk tangkainya, sepertinya saya lupa foto. Hahah, untuk tangkainya bisa pakai kawat atau lidi. Kalau saya lebih suka pakai kawat agar lebih awet dan bisa di bengkok-luruskan. Lilitkan kain hijau tadi di badan tangkai. Untuk kain di tangkai tidak usah dibakar, biarkan saja ada rawis-rawisnya agar lebih natural.


Jadi dehhhhhhh, oh iya tips nih, ukuran tangkai jangan sama. Lebih bagus kalau ada yang panjang dan pendek biar ketika di tata akan lebih cantik...cantik..cantikk....


Nah, sekarang saya punya properti foto baru dehhh. Saya berencana mau buat beberapa warna bunga. Ceritanya biar kalau foto disesuaikan dengan warna produknya. Ini bunganya pink karena produknya waranya marun. Tapi ya suka-suka sih mau pakai warna apa saja hahaha


Oh iya, saya sepertinya mau bikin fitur baru nih di instagram saya, fitur #DiybyRahma. Maka dari itu jangan lupa follow ya @rahmabrilianita. Hihihihi

Semoga informasi kali ini menghibur dan jangan lupa follow GFC saya di blog bar sebelah kiri dan follow juga instagram saya yaah, komen dibawah gimana pendapat kalian tentang DIY kali ini okee. Tungguin DIY saya yang lain yaah ^^ 


Terimakasih
Dadaaaahhhh

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kreatif banget, aq pengen coba buat juga ah ;)

    ReplyDelete
  2. hi Rahma, kalau boleh tau pake kain apa ya? tq ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dien, aku pake kain shifon, katanya lebih bagus pake satin, tapi pake kain sifon juga bagus sih hahah

      Delete
  3. Aku juga pernah bikin, nemu tutorial di internet. Tapi agak beda soalnya ada 3 ukuran pola gitu. Ribet. Ternyata pake metode punya mbak rahma lebih simpel dan hasilnya bagus juga. Pake satin bagus banget lho, aku sempet bikin pake satin n organza

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rina, iya awalnya aku juga lihat yang pake tiga pola itu, tapi iya emang ribet, makanya ini aku modif sendiri hihihi iya sepertinya pakai satin lebih bagus ^^

      Delete
  4. Rahmaaa ini lucu banget *o* kapaan aku bisa se-telaten ini ya bikin bikin sesuatu :'D

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe