Belajar Memilih Warna LipstikYang Sesuai ~

10:33 AM

Assalamualaikum.

Selamat datang bulan Agustus! Ini adalah post pertama di bulan agustus, dan tumben sekali isinya bukan review produk. Sebenarnya mau saya isi post pertama ini dengan koleksi haul bulan kemaren, cuma ya takut dikira pamer sih tapi emang pamer sih.. Hahahah. Meski begitu, postingan tentang haul bakalan tetap saya buat tapi saya akan kumpulkan semua haul dari beberapa bulan dalam satu post. Soalnya saya setiap bulan paling banter posting sekitar 3-10 post. Maklum, saya juga manusia biasa yang hidup di dunia nyata dan maya, yang punya kegiatan lain yang musti dilakukan dan diprioritaskan yaitu SKRIPSI! Mana pejuang skripsi suaranyaaaa !!!! Auooooo...!
sumber

Baiklah, tanpa panjang lebar langsung saja ke inti postingan kali ini. Saya termasuk orang yang sangat tidak tahan melihat warna-warni gincu yang terpampang nyata di etalase toko kosmetik, dan rasanya ingin mencicipi setiap warnanya. Apalagi jika kemasan gincu yang sangat unik dan menggoda iman saya ini. Saya senang dengan kosmetik yang juga memperhatikan desain kemasan produk mereka. Nah, banyak sekali teman saya, teman main, teman kampus, dan teman sepermainan yang sering bertanya kepada saya kira-kira warna gincu mana yang bagus buat dia. Saya kadang bingung menjelaskannya, cuman ya kalau dia mau terima saran saya ya saya kasih tapi kalau enggak juga tidak apa-apa. Karena mau warna gincu apapun, yang paling utama adalah percaya diri.!

Kali ini spesial saya akan mengajak untuk belajar bareng memilih warna gincu yang sesuai. Saya memang belum pro, maka dari itu saya mau ajak untuk belajar bersama memilih warna gincu yang sesuai dengan kita. 
Ada banyak cara untuk mengetahui jenis-jenis warna gincu yang sesuai. Tergantung dari mana melihat dan dari sisi mana. Bisa dari kepribadian dan karakter, dari tone warna kulit, atau dari bentuk bibir.Ada bermacam-macam kriteria yang bisa dipakai. Kali ini saya akan mencoba mengkupas satu persatu cara memilih warna gincu yang sesuai dari sudut pandang yang berbeda-beda.


1. Memilih warna gincu sesuai dengan tone warna kulit 

Sudah banyak sekali tersebar internet tentang tips memilih warna gincu sesuai dengan tone kulit kita. Tapi, berhubung kita akan belajar bersama, jadi saya akan merangkum apa yang saya sudah pelajari di internet dan dunia nyata. Ada beberapa orang yang belum paham cara mengetahui tone warna kulit. Padahal dengan mengetahui warna dasar kulit kita atau skin tone, dengan mudah kita dapat memilih warna foundie, gincu, bahkan eyeshadow dan warna  contour yang tepat. Maka dari itu, saya akan bantu sedikit beri informasi cara mudah mengetahui tone warna kulit. 
sumbe

Cara sederhana mengetahui tone warna kulit itu dengan melihat urat nadi yang ada di tangan. Kalau warna urat nadi berwarna cenderung biru atau biru keunguan, maka cenderung ke arah cool undertone. Kemudian jika warna urat nadi berwarna hijau berarti termasuk kedalam warm undertone. Kalau warnanya ungu maka termasuk ke dalam netral undertone. Kalau sudah paham warna dasar kulit kita, sekarang mulai bisa menyesuaikan warna gincu yang sesuai dengan kulit kita. Untuk warm undertone bisa memilih warna gincu dengan warna dari pilihan orange ke merah. Kemudian untuk cool undertone bisa memakai pilihan warna dari pink ke ungu. Lalu, netral bisa memilih semua warna.

Lalu apakah warm undertone tidak boleh memakai warna pink? oh tentu boleh.

 Memang aturang dasar tersebut tidak bisa saklek sesuai untuk semua warna kulit. Maka dari itu lebih mudah laki jika kita bisa menyesuaikan warna gincu dengan warna kulit. 
sumber

Nah, berdasarkan gambar diatas, saya bisa sesuaikan warna kulit saya dengan warna gincu yang sesuai. Kalau sudah tau jenis warna kulit kita cenderung ke araha warna yang mana kita bisa mencicipi dan memakai gincu yang sesuai dengan warna kulit kita. Saya termasuk kedalam warna antara Tan dan Medium. Dan saya juga memiliki warm undertone. Jadi meski saya punya warm undertone saya juga bisa memakai gincu warna pink 




2. Memilih warna gincu sesuai dengan kepribadian dan karakter

Seru nih! Sebenarnya ini bukan sebuah aturan dasar dalam pemilihan gincu. Hanya untuk seru-seruan saja sih. Tapi biar seru saya masukin saja ini. Iya biar seru!

Langsung saja ya untuk kriteria yang ini tanpa basa-basi akan saya tuliskan dibawah. Karena kalau harus pake intro ngejelasin kepribadian itu apa, gimana, dan siapa, sepertinya akan terlalu panjang dan membosankan. Bisa-bisa saya bisa bawa Dosen saya buat ngajar materi psikologi umum disini. hahah

~ Individu dengan karakter hangat, perfeksionis, tidak mudah emosional, dan mandiri itu pas menggunakan warna gincu coklat. Coklat agak ke arah orange atau ke arah merah itu pas dengan kepribadian individu ini.

~Individu dengan karakter terbuka, periang dan suka bercanda  itu pas menggunakan warna gincu dengan hint orange. Warna orange ini memberi kesan hangat dan natural.

~Individu dengan karakter lembut, polos, jujur, dan setia cocok dan identik dengan warna pink. 

~Individu dengan karakter misterius cocok dengan gincu warna keunguan.

~Individu dengan karakter elegan, tegas, berwibawa dan idealis cocok dengan gincu warna merah. 


3. Memilih warna gincu berdasarkan bentuk bibir.

Dulu waktu saya masih muda, sering dengar bahwa beberapa orang malu memiliki bibir lebar dan tebal atau istilah anak-anak jaman sekarang 'bitel' atau bibir tebal. Mereka cnderung melakukan koreksi bibir dengan menggunakan teknik minimalis agar bibir terlihat kecil. 

sumber
Tapi sekarang orang-orang mulai percaya diri, dan malahan banyak yang bangga bahkan iri dengan bibir tebal. Apalagi bibir seperti milik Angelina Jolie. Bibir terkesan eksotis dan seksi. Tapi bibir tipis pun dapat memberikan kesan yang sangat seksi jika pemilihan warna sesuai dengan bentuk bibirnya. Jika si bibir tipis juga ingin memiliki efek bibir tebal, sekarang pun sudah banyak teknik atau metode untuk membuat efek bibir tebal pada si bibir tipis tanpa operasi. Begitu juga dengan si bibir tebal jika ingin memiliki efek bibir tipis juga bisa melakukan koreksi dengan teknik-teknik yang ada.

sumber
Sebenarnya tidak ada aturan dasar untuk pemilihan warna gincu dari bentuk bibir. Cuman, kita bisa menentukan warna gincu berdasarkan bentuk bibir dengan tujuan koreksi. Koreksi yang dimkasud untuk mendambah atau mengurangi volume bibir. 

Jika ingin mengurangi volume bnetuk bibir, bisa menggunakan warna nuansa yang gelap. Karena warna gelap akan menutup dan memberi bayangan gelap pada bibir dalam sehingga bibir akan terlihat bervolume lebih kecil. Sebaliknya, jika menginginkan untuk menmbah volume bibir, bisa menggunakan warna dengan nuansa muda dan cerah. Warna cerah dapat menmbah cerah warna bibir dalam dan tengah bibir sehingga bibir akan semakin terlihat besar dan bervloume. 

sumber
Dapat juag menggunakan metode gradient untuk mengkoreksi bentuk bibir. Gradient lip atau ombre lip atau gradasi gincu bisa dilakukan dengan tujuan memperkecil atau memperbesar. Tergantung juga jenis metode gradasi yang dipakai. Gradasi model ke arah tengah dapat dipakai untuk mengkoreksi bentuk bibir. Penggunaan warna gradasi gelap pada tengah bibir bisa memberi efek mengurangi volume bibir. Sedangkan gradasi dengan warana muda dan cerah pada bagian tengah bibir dapat memberi efek bervolume lebih besar pada bibir dan berdimensi. 


Itu tadi sekirang beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengkira-kira warna gincu yang sesuai dengan kita. . Paling tidak, informasi diatas bisa dipakai ketika kita sedang di toko dan kebingungan dengan memilih warna gincu yang pas dengan kita. Karena saya tau persi bagaimana sedihnya ketika saya membeli gincu dari toko dan sampai rumah ternyata gincunya tidak pas dan terlalu norak di bibir. Saya sedih dan terpuruk. Walaupun, mungkin nomor satu dan tiga yang sekiranya bisa dilakukan atau di gunakan. Paling tidak yaah, bisalah milih-milih warna sendiri kalau BA dari kosmetik sibuk sendiri tanpa bantuin saya yang sedang kebingungan memilih warna gincu. 

Sekali lagi, tips atau atauran dasar itu cuma sekedar pengetahuan, dan tidak saklek sesuai dengan setiap orangnya. Kembali lagi, jika memang suka dengan warna yang disukai ya sudah pakai saja, yang penting adalah Percaya diri!

sumber
Semoga psotingan saya kali ini berguna dan jangan lupa follow GFC saya di bar sebalah kiri dan Follow instagram saya @rahmabrilianita.
Terimakasih dan sampai jumpaa!


dadaaahhh


You Might Also Like

11 komentar

  1. Kalau saya sih pilih gincu berdasarkan mood sama 'trial and error' hihih
    Biasanya warna2 bold karena kalau pakai nude entah kenapa jadi seperti zombie #LOL

    www.crochetandlipstick.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang suka trial and error, pas ditoko di swatch warnanya bagus tapi giliran dirumah warnanya gak cocok di muka itu sedih makanya aku cari-cari tau cara nya milih yang pas ^^

      Delete
  2. Udah sreg sma yg nude sekarang :v
    jadi pede kemana-mana :D
    http://ifrillah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nude emang ngasih kesan natural ^^

      Delete
  3. Entah kenapa aku lebih suka sama gincu dengan warna cenderung terang, kalau pake nude rasanya kayak orang gak pernah gosok gigi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna terang bikin wajah jadi fresh ^^

      Delete
  4. Kalo aku lbh suka pakai matte dan tipe bibir aku ya bisa disebut 'bitel' itu wkwk.. lupa tp smpet baca kalo tipe bibirnya kyk aku tuuh lbh baik pake lipstick yg tekstur nya matte biar keliatannya gak tambah tebel wkwk..

    hirenanotes.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang yang bitel itu seksi lho katanya ^^

      Delete
  5. wah walaupun aku punya warna kulit fair, ga pernah berani warna bold, selalu di warna-warna peach atau nude hehehee kl make warna bold wajahku sering di kira wajah ibu tiri wkwkwkk

    The Journey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha ibu tiri yang kece tapi nya kaan ^^

      Delete
  6. tambah deh ilmunya pilih lipen biar nggak salah kondisi mbak :D

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Labels

Subscribe