Kapan Kadaluarsanya? Part I

9:09 PM

Assalamuallaikum,



Terkadang kita suka tidak control dalam belanja, dalam hal ini kosmetik ya. Biasanya orang sebut lapar mata. Yang kalo lama-lama dibiarin bias jadi kena sindrom impulsive buying. Beli ini beli itu, padahal belum butuh dan masih banyak stok dirumah *Ngaca*.

Etapi, disini bukan mau ngebahas masalah itu. Justru kebiasaan itu membuat kita lupa stok di rumah ada apa aja. Ketumpuk-tumpuk hingga tidak ketauan mana yang masih layak pakai dan mana yang masih layak. Apalagi kosmetik, yang langsung dipake ke organ tubuh. Bayangin aja gimana kalo secara gak sadar kita make kosmetik yang udah kadaluarsa karena saking banyaknya koleksi. Iuuuhhh bayangin aja serem.
Bahaya dari pake kosmetik yang udah kadaluarsa itu macem macem, bisa menyebabkan alergi, infeksi, bahkan kanker !! Kosmetik untuk riasan mata, bibir, atau pipi yang kadaluarsa kalo dipake pasti bakal menimbulkan efek yang mengerikan, semacam infeksi, iritasi, kemerahan, melepuh, bahkan bengkak. Apalagi kosmetik atau skincare untuk full face macam foundation dan krim-krim wajah lainya yang sudah kadaluarsa, bisa menyebabkan perkembang biakan mikroorganisme yang berbahaya dan parahnya bisa menyebabkan gejala dini kanker.  

vintage_girl_png_28_by_ananurputeri-d62hg5a 


Nah, maka dari itu kenali masa pakai kosmetik nya! Koleksi sih boleh, asal paham waktu atau masa pakai dari koleksi itu. Ngapain coba koleksi barang yang kadaluarsa dan gak layak pakai lagi. Apalagi kosmetik dan skincare. Pastikan cek masa pakai kosmetik tersebut ketika membeli. Apabila tidak tercantum, tanyakan pada BA atau penjualnya. Kita mesti kritis kalo masalah begituan.
Parfum: 2 tahun
Sponge makeup: 2 - 3 bulan
Pensil Eyeliner: 3 tahun
Maskara: 3 - 6 bulan
Tabir surya: 1 tahun
Cream wajah: 6 - 12 bulan
Foundation: water-based 12 - 16 bulan; oil-based 18 - 24 bulan
Concelear: 1 tahun
Eyeshadow: 3 - 5 tahun
Lipstick: 2 - 4 tahun
Cat kuku: 1 tahun
Pensil bibir/ lip liner: 3 - 4 tahun

Terkadang ada dua kode tanggal pada kemasan kosmetiknya, dengan diawali MFD dan EXP. Sekarang apa bedanya?? Mfg adalah Manufacturing Date, yang tandanya menunjukan tanggal produksi barang tersebut. Misalnya MFD 16122014 berarti barang tersebut diproduksi pada tanggal 16 Desember 2014. Sedangkan EXP adalah Expired date yang tujuannya untuk memberi tanda tanggal kadaluarsa produk itu. Contohnya EXP 16122014  artinya produk itu masa pakainya sampai 16 Desember 2014.



Tapi, terkadang masa pakai sebuah produk itu juga bergantung dari waktu kemasan dibuka. Untuk Kuteks, concealer, lipstick biasanya masa layak pakainya satau tahun setelah dibuka. Kemudian untuk alas bedak, mascara, blush on, dan eyeshadow biasanya 6 bulan setelah kemasan dibuka. Untuk skincare semacam krim-krim itu baiknya 1-2 bulan saja. Pokoknya ketika sudah ada perubahan warna, tekstur, dan aroma produk layak dicurigai masa kadaluarsanya.

Kadangkala juga, tanda tanggal masa pakai itu ada di kemasan kardus atau segel plastik dan mudah hilang, jadi penting untuk member tanda pada produknya.
Nah, sekarang yuk bersih-bersih koleksinya. Buang yang udah gak layak pakai, dan singkirkan !! lalu beli lagi uahahahahahahh
Ehhhh, jangan sembarangan buang tapinyaaaaa!!
-Bersambuungg.

Dadaaaah

You Might Also Like

3 komentar

  1. Sista di skincareku tulisannya MFD 10/2557 . EXP 10/2559 . artinya expirednya tu kpn ya? aku ga ngerti :'(

    ReplyDelete
  2. Bantu jawab yah (pas lagi blogwalking hehe).. buat yg di atas tahun 2557 ato 2559 itu penanggalan Buddhist era (bukan Masehi). Kalo 2557 itu 2014, brarti 2559 itu 2016. Brarti expired date skincare-nya bulan Okt 2016 :)

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Flickr Images

Labels

Subscribe